New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab hyundai atoz ngelitik

Intip Tips Ampuh Hilangkan Ngelitik Mobil Pada Hyundai Atoz

penyebab hyundai atoz ngelitik
penyebab hyundai atoz ngelitik

Timbul suara bising pada mesin mobil? Jangan anggap remeh gejala ini. Ketahui penyebab hyundai atoz ngelitik agar dapat segera teratasi dengan baik dan benar.

Penyebab Hyundai Atoz Ngelitik

Mobil sehat salah satunya dapat dilihat dari suara yang lembut tanpa menimbulkan suara bising. Jika hal ini sedang terjadi, maka mesin mobil dalam keadaan tidak baik. Namun kebanyakan orang meremehkan hal tersebut dan berdampak pada kerusakan komponen lainnya. Salah satu dampaknya akselerasi menjadi lemot, hingga turun mesin setengah.

penyebab hyundai atoz ngelitik sebagai berikut :

1. Ketika Berkendara

Kebanyakan pengguna mobil khususnya jenis matic, sering menarik gas secara spontan dalam mendapatkan tarikan. Sebenarnya hal ini harusnya dihindari. Untuk mendapatkan akselerasi stabil harus diurut pelan tidak boleh spontan.

Untuk mobil manual disebabkan terlalu sering melaju pelan bahkan pada gigi 4 dan 5 dengan kecepatan 50 kpj. Kondisi tersebut menyebabkan mesin yang seharusnya membakar satu liter bensin, namun yang terpakai hanya setengah dan sisanya mengendap menjadi kerak kotoran.

2. Pemilihan Jenis Bahan Bakar

Jangan sembarang pilih bahan bakar, nyatanya juga dapat menyebabkan mobil menjadi ngelitik. Pilih bahan bakar dengan nilai oktan sesuai dengan spesifikasi mesin. Untuk mobil yang diproduksi diatas tahun 2005, disarankan menggunakan oktan diatas 92. Meskipun sedikit mahal namun dapat membuat mesin lebih awet dan menghilangkan kemungkinan ngelitik pada mesin mobil Hyundai Atoz.

3. Saringan pompa bensin

Penyebab terakhir ialah saringan pompa bensin. Bagi anda pengguna bahan bakar dengan nilai oktan dibawah 90, disarankan segera ganti piranti ini. Hal ini dikhawatirkan tidak sanggup untuk menyaring kotoran masuk ke ruang bakar.

Bagian ini secara berkala harus di cek bahkan diganti jika perlu. Apalagi bagi pemilik kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan di bawah 90. Dikhawatirkan piranti ini tidak lagi sanggup menyaring kotoran sehingga masuk ke ruang bakar.

Baca Juga : Cara Bersihkan Filter Bahan Bakar Anda

Bagaimana Jika Sudah Timbul Overhaul ?

Jika sudah sampai pada tahap ini, sebaiknya segera bawa ke bengkel spesiali terdekat. Anda harus menyiapkan kocek kisaran 3 juta hingga 7 jutaan tergantung besar kerusakan dan penggantian spare part lainnya.

Tips Ampuh Hilangkan Mobil Ngelitik Mobil Hyundai Atoz

penyebab hyundai atoz ngelitik

Tips ampuh untuk menghilangkan bunyi ngelitik dengan menghindari penyebab diatas. Selain itu, anda dapat menggunakan sensor yang dapat dipasang untuk mengurangi bunyi ngelitik. Apa saja?

1. Knock Sensor 

Tempatkan knock sensor pada blog silinder untuk mendeteksi jika terjadi piston slap. Sensor tersebut dapat terinformasikan lewat komputer. Komputer inilah yang akan mengatur waktu untuk menurukan pengapian secara otomatis ketika muncul bunyi ngelitik paad mesin mobil.

2. Oxigen Sensor

Cara selanjutnya yakni memasang oxigen sensor pada bagian catalytic converter. Hal ini untuk mendeteksi kadar oksigen yang terdapat dalam gas buang. Bertujuan untuk memberikan informasi kepada komputer yang nantinya dapat menentukan waktu pengapian serta volume bahan bakar yang diinjeksikan.

Nah itulah artikel tentang penyebab hyundai atoz ngelitik dan solusinya. Oleh sebab itu perawatan mobil secara berkala merupakan cara terbaik untuk menghindarkan mobil ngelitik pada mesin mobil.

Baca artikel lainnya di Dokter Mobil

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3698

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!