New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Ini 5 Penyebab Umum Masalah Mobil Kia yang Sering Terjadi

Penyebab masalah kia  yang sering terjadi perlu ditilik lebih dalam. Sebelum terlalu merembet ke gejala lainnya, ada baiknya mengetahui gejala dan solusi untuk mengatasinya.

Mobil yang sehat tentu didukung dengan perawatan rutin agar performa tetap prima. Namun tak jarang bagi sebagian masyarakat mengidahkan hal tersebut hingga berujung pada kerusakan. Jika sudah rusak, baru si pemilik mobil membawa ke bengkel terdekat. Terkadang problema ketika sedang kebengkel, oknum nakal mengada-ada terhadap permasalahan. Harusnya komponen tertentu tidak bermasalah mereka bilang harus ganti.

5 Penyebab Masalah KIA yang Sering Terjadi

Penyebab masalah kia  yang sering terjadi perlu ditilik lebih dalam. Sebelum terlalu merembet ke gejala lainnya, ada baiknya mengetahui penyebab dibawah ini;

1. Susah Distarter Saat Mesin Dingin

Penyebab yang pertama ialan mesin susah distarter ketika mesin sedang dingin. Penyebabnya antara laintegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan telah habis, terminal aki yang berkarat atau kotor dan kendor.

Tidak hanya itu, penyebab lainnya adalah injektor bahan bakar bermasalah, jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang, kompresi mesin yang terlalu rendah, regulator tekanan bahan bakar rusak.

2. Mesin Susah Dihidupkan Kembali Saat Panas

Penyebab selanjutnya yakni mesin susah dihidupkan kembali ketika dalam keadaan panas. Hal ini disebabkan oleh kompresi silinder yang rendah, choke bermasalah, injektor kotor, atau saringan udara yang kotor dan tersumbat.

3. Penyebab Masalah KIA Biasanya Karena Mesin Tersendat

Biasanya, kondisi ini sering dijumpai oleh mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. Mesin mengalami tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi. Letak permasalahannya terdapat pada busi yang telah aus atau jarak antara kepala dan sumbu busi terlalu renggang, vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau di bagian selang vacuum yang bocor. Penyebab lainnya adalah injektor bahan bakar yang kotor atau tersumbat.

4. Mesin Tidak Bertenaga

Hal ini disebabkan oleh pemasangan timing belt yang tidak tepat, saringan bahan bakar yang kotor sehingga tersumbat, fuel pump bermasalah. Selain itu juga regulator tekanan bahan bakar rusak, tingkat kompresi satu atau beberapa silinder menurun, dan kerenggangan kepala dan sumbu busi terlalu jauh.

5. Mesin Menjadi Tidak Stabil

Pernahkah anda mengalami setelah starter mobil tiba-tiba mobil menjadi mati kembali? Tidak hanya sekali, namun bisa berulang-ulang. Jika sudah mengalami hal semacam ini, ketahui mesin sedang dalam keadaan tidak sehat.

Biasanya disebbakan sistem kelistrikan yang terdiri dari alternator, aki, hingga kabel-kabel yang kendur atau putus. Besar keumungkinan juga rangkaian pengapian mengalami masalah.

Solusi Mengatasi Penyebab Masalah KIA

Solusi terbaik ialah dengan membawa ke bengkel spesialis terdekat untuk dilakukan pengecekan diagnosa secara menyeluruh.

Terkadang masih banyak bersliweran mekanik-mekanik yang hanya mendiagnosa berdasarkan asumsi saja sehingga tidak tepat antara masalah dan solusi yang seharusnya. Ada baiknya anda membawa ke Dokter Mobil, solusi terbaik anda.

Lihat Juga: Penyebab Mobil KIA Jadi Gampang Mogok

Nah semoga artikel mengenai penyebab masalah kia dapat bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi solusi untuk menganalisa kerusakan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda