🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Service AC Terdekat dari Rumah Anda Untuk Mengetahui Kerusakan Pada AC Mobil

Service AC Terdekat

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Dalam dunia otomotif, terutama kendaraan roda empat, komponen pendingin atau AC mobil merupakan salah satu komponen penting yang selalu diperhatikan. Para pemilik mobil tentunya menginginkan AC mobil yang dingin, sehingga menambah kenyamanan dalam berkendara. Namun, biar bagaimanapun komponen mobil yang satu ini tetap dapat mengalami masalah terutama karena faktor usia, sehingga harus dilakukan servis atau pengecekan di service AC terdekat.

Secara umum, ada beberapa masalah pada AC kendaraan yang sering ditemukan seperti bunyi pada AC yang mengganggu, timbulnya bau, keluarnya cairan, dan masih banyak masalah lainnya. Namun, permasalahan pada komponen pendingin mobil yang paling banyak dirasakan oleh para pemilik mobil adalah suhu AC yang kurang dingin.

 Sebenarnya, ragam permasalahan pada AC mobil tidak sulit untuk diatasi, karena semua solusinya bisa didapatkan dengan mengunjungi service AC terdekat yang terpercaya. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk menelusuri lebih lanjut mengenai sistem AC mobil beserta cara kerjanya. Yuk kita simak bersama pemaparan lengkapnya di bawah ini!

Penjelasan Mengenai Sistem Pendingin (AC) Mobil

Service AC Terdekat

Secara umum, hampir setiap kendaraan roda empat atau lebih pasti dibekali dengan AC atau komponen pendingin udara. Tujuannya adalah untuk memberikan kesejukan serta sirkulasi udara terutama ketika kendaraan sedang dalam keadaan tertutup. Sistem pendingin ini memang hanya dapat menyala ketika mesin dihidupkan. Namun, pengendara dapat memilih untuk membiarkannya menyala ataupun tidak.

Cara kerja dari sistem pendingin mobil cukup sederhana. Pertama-tama, freon dalam wujud gas akan dialirkan oleh valve menuju komponen evaporator. Setelah itu, gas freon ini akan berubah menjadi uap dingin sebelum akhirnya dialirkan kembali oleh blower ke seluruh bagian kabin kendaraan melalui lubang AC di interior mobil. Meskipun cara kerjanya cukup sederhana, namun sama seperti komponen mobil lainnya AC mobil juga kerap mengalami masalah seperti tidak dingin sehingga membutuhkan pemeriksaan di service AC terdekat. Berikut adalah ragam penyebab masalah AC mobil tidak dingin:

Penyebab AC Mobil tidak Dingin

Freon yang Sudah Habis atau Tinggal Sedikit

Freon merupakan komponen dari sistem pendingin yang cukup penting baik dalam pendingin ruangan biasa (AC ruangan) ataupun AC mobil. Freon sendiri termasuk ke dalam senyawa kimia yang digunakan untuk menyerap panas sehingga dapat menurunkan suhu di dalam ruangan menjadi lebih rendah. Karena sifatnya yang menyerupai gas, seiring berjalannya waktu freon dapat berkurang. Apabila freon sudah habis ataupun tinggal sedikit, hal ini dapat mempengaruhi kualitas pendingin yang kurang maksimal sehingga membutuhkan pengisian untuk mengembalikan fungsi sistem pendingin menjadi normal.

Selain itu, sebenarnya ada penyebab lain yang mengakibatkan freon pada AC mobil bisa habis atau kurang, yakni karena adanya kebocoran pada komponen pendingin. Biasanya, kebocoran ini dapat terjadi pada relief valve kompresor, sambungan pipa, ataupun saft. Apabila terjadi kebocoran pada komponen pendingin ini, maka diperlukan pengecekan lebih lanjut di layanan service ac terdekat.

Kondensor AC yang Kotor

Kondensor merupakan sebuah komponen dalam sistem pendingin AC mobil dan AC ruangan yang cukup signifikan. Secara umum, fungsi kondensor sebenarnya hampir mirip dengan radiator, yakni untuk mengeluarkan udara dengan suhu panas dari sistem AC. Karena fungsinya yang cukup signifikan, komponen kondensor ini memang selalu bekerja ketika sistem pendingin dinyalakan sehingga tak jarang akan mengalami kotor atau karat. Apabila masalah ini sudah terjadi, maka kondensor tidak dapat bekerja dengan baik dan suhu yang dihasilkan pun menjadi kurang dingin.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

 Extrafan Tidak Berfungsi

Extrafan merupakan suatu komponen dalam sistem pendingin kendaraan yang memiliki fungsi untuk membantu proses kondensasi pada kondensor. Fungsi dari extrafan memang cukup penting, namun tetap dapat mengalami masalah karena termakan usia ataupun karena jarang dilakukan pengecekan. Biasanya, masalah pada extrafan dapat berupa putarannya yang tidak maksimal, lambat, ataupun tidak berputar sama sekali. Untuk dapat melakukan pemeriksaan extrafan caranya cukup mudah, yakni dengan menyalakan mesin mobil dan memperhatikan putaran kipas extrafan yang terletak di depan kondensor.

Dibaca Juga:Rekomendasi Bengkel Terdekat Terbaik Untuk Kendaraan Roda Empat

Tips untuk Menghindari Masalah AC Mobil

Secara umum, tips terbaik untuk menghindari serta mengatasi masalah pada komponen AC mobil adalah dengan mengunjungi service AC terdekat. Namun, ternyata masih ada beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah ac mobil, di antaranya yaitu:

Membersihkan Kondensor

Tips pertama untuk mencegah masalah pada AC mobil sekaligus membuat AC mobil tetap dingin adalah dengan membersihkan kondensor. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu serta kotoran yang menempel pada kondensor AC yang biasanya terjadi setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu. Apabila debu dan kotoran ini terus dibiarkan, maka dapat menimbulkan masalah serius seperti kebocoran ataupun korosi.

Oleh karena itu, kondensor AC mobil sebaiknya rutin dibersihkan, paling tidak ketika melakukan cuci mobil. Dengan cara ini, maka kondisi kondensor akan tetap bersih sehingga kinerja pendinginannya menjadi lebih maksimal. Untuk hasil yang lebih baik, pembersihan kondensor ini dapat dilakukan di service AC terdekat.

Melakukan Pemeriksaan Rutin

Tips yang satu ini sebenarnya sangat penting untuk dilakukan guna memelihara kualitas sistem pendingin dalam mobil, serta mencegah adanya masalah serius. Seperti yang sudah diketahui, sedikit masalah pada sistem AC mobil lama kelamaan dapat menimbulkan masalah yang lebih serius sehingga penting untuk diperhatikan. Biasanya, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengecek kondisi dari komponen pendingin mobil secara lengkap mulai dari kompresor, kondensor, receiver dryer, expansion valve, evaporator, pressure hose, extra fan, hingga cooling fan. Anda dapat mengunjungi Service AC Terdekat untuk mendapatkan layanan pemeriksaan AC mobil yang terpercaya.

 Tidak Merokok di Dalam Mobil

Jika diperhatikan, tak sedikit pengendara yang merokok dalam mobil, walaupun dalam keadaan jendela yang tertutup atau AC sedang menyala. Hal ini harus dihindari, karena dapat menyebabkan masalah pada sistem pendingin kendaraan apabila dilakukan secara terus menerus. Asap rokok yang dihasilkan dari kegiatan merokok tentu akan menghasilkan residu, kemudian residu ini akan mempengaruhi kualitas filter AC mobil apabila dibiarkan terus menumpuk.

Sebenarnya, lebih baik bagi Anda untuk sama sekali tidak merokok dalam mobil meskipun dalam keadaan jendela yang terbuka, karena bagaimana pun residu dari asap rokok ukurannya sangatlah kecil sehingga sedikit banyak pasti ada yang menempel di komponen pendingin terutama filter ataupun lubang AC. Apabila filter pada AC mobil terlanjur mengalami masalah, maka dapat dilakukan pengecekan di Service AC Terdekat.

Mengunjungi DOKTER MOBIL

Tips yang satu ini telah terbukti efektif dan sangat mudah dilakukan, yakni dengan mengunjungi bengkel DOKTER MOBIL untuk melakukan servis serta pengecekan sistem pendingin (AC) mobil secara berkala. Bengkel DOKTER MOBIL memang sudah tidak perlu diragukan lagi reputasinya, karena menyediakan pelayanan yang lengkap oleh para profesional yang tentunya sangat berpengalaman di bidangnya. Oleh karena itu, semua masalah pada AC mobil sudah pasti dapat diperbaiki oleh DOKTER MOBIL sehingga sangat efisien.

Anda sudah tidak perlu khawatir, karena layanan service AC terdekat di DOKTER MOBIL sangatlah lengkap, mulai dari Cuci Evaporator, Cuci Kondensor, Cuci Blower AC, Ganti Oli Kompressor, FOGGING & CDC64, sampai dengan layanan Ganti Filter AC. Karena layanan service AC terdekat sangat lengkap dan profesional, maka Anda sudah tidak perlu lagi mengunjungi bengkel service AC terdekat lainnya untuk mendapatkan pelayanan lain, cukup 1 tempat saja. Sangat mudah bukan?

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai ragam penyebab ac mobil tidak dingin serta solusi untuk service AC terdekat. Dari penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya ada banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan masalah pada AC mobil seperti AC yang tidak dingin sehingga membutuhkan servis di service AC terdekat. Namun, Anda sudah tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada bengkel service AC terdekat yang dapat diandalkan yaitu DOKTER MOBIL, sehingga Anda bisa mendapatkan layanan servis serta pengecekan komponen AC secara mudah, profesional, lengkap, dan berkualitas.

Saat ini, tersedia promo akhir tahun yang berlaku setiap hari, lho. Tersedia bonus fogging setiap melakukan servis di Dokter Mobil, bonus cuci darah setiap ganti oli, dan promo remap bonus tune up. Nah, tunggu apa lagi? Segera chat admin sekarang dan kunjungi website berikut:https://www.doktermobil.com/

Kalian juga bisa membuka blogs dokter mobil agar kalian mengetahui update terbaru menegenai promo yang kalian dapatkan dan update terbaru mengenai permasalahan mengenai otomotif.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.