📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Wajib Dilakukan, Inilah Tujuan Tune Up Mesin Mobil Berkala

Tujuan Tune Up Mesin Mobil Berkala

Saat kita memiliki mobil, penting bagi kita untuk memahami dan merawat komponen-komponen utamanya agar mobil tetap berfungsi dengan baik.

Salah satu prosedur penting yang perlu dilakukan secara berkala adalah tune up mesin mobil. Tapi sebenarnya apa, sih, tujuan tune up mesin mobil itu?

Artikel ini akan menjelaskan apa tujuan tune up mesin mobil, apa itu tune up mesin mobil, kapan sebaiknya dilakukan, dan dampak negatif jika jarang melakukannya.

Tujuan Tune Up Mesin Mobil

Tujuan tune up mesin mobil sangatlah penting bagi performa dan kondisi mobil, contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Tujuan tune up mesin mobil adalah kondisi mesin dapat ditingkatkan sehingga bahan bakar terbakar lebih efisien.

Dengan begitu, konsumsi bahan bakar dapat ditekan, menghemat pengeluaran pemilik mobil, dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain itu, penggunaan bahan bakar yang lebih efisien juga berarti mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) yang berkontribusi pada pemanasan global.

  1. Meningkatkan Performa Mesin

Tujuan tune up mesin mobil akan membantu meningkatkan performa mesin mobil.

Mobil akan lebih responsif, bertenaga, dan memiliki akselerasi yang lebih baik, sehingga pengalaman berkendara akan menjadi lebih menyenangkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Performa mesin yang optimal juga akan memastikan kestabilan kendaraan saat digunakan dalam berbagai kondisi jalan.

  1. Memperpanjang Umur Mesin

Adapun tujuan tune up mesin mobil secara berkala adalah berbagai komponen mesin dapat terjaga dan bekerja optimal, sehingga umur mesin dapat diperpanjang.

Ini merupakan investasi jangka panjang karena mencegah kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan yang tinggi.

Dengan pemeliharaan yang tepat, mesin mobil dapat bertahan lebih lama dan dapat diandalkan untuk penggunaan jangka panjang.

  1. Mengurangi Emisi Polusi

Mesin yang berfungsi dengan baik akan menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Dengan tujuan tune up mesin mobil secara teratur, kita juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan dari dampak negatif polusi kendaraan bermotor.

Emisi gas buang yang rendah membantu menjaga kualitas udara di sekitar kita dan memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat.

  1. Mencegah Masalah Lebih Serius

Tujuan tune up mesin mobil dapat mengidentifikasi masalah kecil sebelum mereka menjadi masalah besar.

Dengan mendeteksi dan memperbaiki masalah pada tahap awal, kita dapat menghindari kerusakan serius pada mesin mobil.

Mengabaikan perawatan tune up dapat menyebabkan masalah yang lebih rumit dan mahal untuk diperbaiki di kemudian hari.

Baca Juga: Mengapa Service Tune Up Mobil Perlu Dilakukan?

Apa itu Tune Up Mesin Mobil?

Tune up mesin mobil adalah serangkaian perawatan yang bertujuan untuk memastikan mesin mobil berjalan dengan efisien, bertenaga, dan bahan bakar terbakar secara optimal.

Mesin mobil terdiri dari berbagai komponen kompleks yang saling berinteraksi untuk menciptakan tenaga yang dibutuhkan dalam menggerakkan kendaraan.

Beberapa komponen yang menjadi perhatian untuk tujuan tune up mesin mobil antara lain:

  1. Sistem Pengapian

Termasuk di dalamnya adalah busi, kabel pengapian, koil pengapian, dan distributor (jika mobil menggunakan sistem pengapian konvensional).

Dengan tujuan tune up mesin mobil, sistem pengapian yang baik akan memastikan bahan bakar terbakar dengan sempurna, menghasilkan daya maksimal, dan mengurangi emisi yang merugikan lingkungan.

  1. Sistem Bahan Bakar

Meliputi pompa bahan bakar, injektor, regulator tekanan, dan filter bahan bakar.

Sistem bahan bakar yang bersih dan berfungsi dengan baik akan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan mencegah masalah seperti bahan bakar yang tidak terbakar sempurna.

  1. Sistem Pengisian

Terdiri dari alternator dan baterai. Sistem pengisian yang baik akan memastikan baterai terisi penuh dan siap menyediakan daya listrik yang cukup untuk berbagai perangkat elektrikal di mobil.

  1. Sistem Pemindahan Tenaga

Seperti sabuk kipas, sabuk alternator, dan kopling (pada mobil manual).

Komponen ini perlu dicek dan diperbarui secara berkala agar tidak menyebabkan kegagalan dalam menggerakkan aksesoris atau transmisi mobil.

  1. Sistem Pendingin

Terdiri dari radiator, kipas radiator, dan cairan pendingin. Sistem pendingin yang berfungsi baik akan menjaga mesin tetap pada suhu yang optimal dan mencegah overheat.

  1. Sistem Pelumasan

Sistem ini memastikan bahwa semua bagian bergerak dalam mesin dilumasi dengan baik untuk mengurangi gesekan dan keausan berlebihan.

Cairan pelumas yang kotor atau kadar yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin.

Kapan Tune Up Mobil Harus Dilakukan?

Jadwal tune up mobil dapat bervariasi tergantung pada merek, model, dan usia mobil.

Sebagai panduan umum, tune up biasanya direkomendasikan setiap 20.000 hingga 50.000 kilometer tergantung pada merek dan model mobil.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi tune up, termasuk kondisi jalan, gaya berkendara, dan iklim tempat tinggal.

Selain itu, sebaiknya lakukan tune up jika ada gejala tertentu seperti mesin kesulitan menyala, mesin bergetar, bau gas buang yang tidak biasa, atau konsumsi bahan bakar yang meningkat secara tiba-tiba.

Gejala-gejala ini dapat menjadi indikasi adanya masalah pada mesin yang perlu segera ditangani.

Selain itu, tune up juga sebaiknya dilakukan sebagai bagian dari perawatan rutin kendaraan, seperti saat melakukan pergantian oli mesin atau pergantian busi.

Jika mobil pernah tergenang banjir, segera lakukan tune up untuk menghindari kerusakan lebih lanjut akibat masuknya air ke dalam komponen mesin.

Dampak Negatif Jarang Melakukan Tune Up Mobil

Jarang melakukan tune up pada mesin mobil dapat menyebabkan beberapa dampak negatif, seperti:

  1. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Mesin yang tidak dioptimalkan akan mengakibatkan pembakaran bahan bakar yang tidak efisien, sehingga konsumsi bahan bakar akan meningkat.

Hal ini akan berdampak pada biaya operasional mobil yang lebih tinggi dan lebih banyak mengeluarkan uang untuk mengisi bahan bakar.

  1. Performa Menurun

Mesin yang tidak terawat akan mengalami penurunan performa, seperti akselerasi yang lambat dan respons yang buruk.

Penurunan performa ini dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan membuat pengemudi merasa tidak puas dengan mobilnya.

  1. Kerusakan Komponen Lebih Cepat

Beberapa komponen mesin yang tidak terjaga dengan baik akan mengalami keausan lebih cepat, sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih tinggi.

Misalnya, busi yang tidak terawat dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pengapian yang lebih mahal untuk diperbaiki.

  1. Emisi Polusi Tinggi

Mesin yang tidak berfungsi baik akan menghasilkan emisi polusi yang tinggi, merugikan lingkungan dan kesehatan manusia.

Gas buang yang kotor dan mengandung polutan dapat menyebabkan pencemaran udara, yang berkontribusi pada masalah lingkungan seperti pemanasan global dan kualitas udara yang buruk.

  1. Risiko Kerusakan Serius

Jika masalah pada mesin tidak segera diatasi melalui tune up, bisa menyebabkan kerusakan serius yang mengganggu kinerja mobil dan memerlukan biaya perbaikan besar.

Kerusakan serius seperti mesin mogok atau kerusakan pada sistem vital dapat mengakibatkan mobil tidak dapat beroperasi dan memerlukan biaya perbaikan yang signifikan.

Karena tujuan tune up mesin mobil sangatlah esensial, pastikan pilih layanannya yang tepat dalam tuntaskan permasalahannya, salah satunya dengan percayakan pada tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Layanan tune up Jet Clean Dokter Mobil bisa membersihkan seluruh komponen-komponen yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, seperti tangki bensin, throttle body, busi, injeksi, EGR (di mobil diesel), dan catalytic converter.

Hasilnya adalah aktivitas pengapian di ruang mesin yang lebih lancar dan performa mobil yang optimal.

Soal kualitas tak perlu khawatir, karena Dokter Mobil memiliki peralatan canggih berteknologi tinggi, teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis, sehingga penanganannya bisa sesuai dengan standar.

Ingin langsung coba dapatkan biaya tune up mobil Honda Jazz bersahabat dan kualitas yang akurat dari tune up Jet Clean di Dokter Mobil?

Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa Anda tuju untuk dapatkan service tune up Jet Clean segera:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi via WhatsApp di sini.

Jadi agar selaras dengan tujuan tune up mesin mobil untuk optimalkan performa mesin mobil, pastikan maksimalkan pemilihan layanan tune up-nya hanya dari tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Karena apapun masalah mesin mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!