AC mobil juga perlu perawatan khusus di bengkel | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

AC mobil juga perlu perawatan khusus di bengkel

ac-mobil-bagus

ac-mobil-bagus

Air Conditioner butuh perawatan khusus di bengkel secara rutin agar tetap prima dalam menghembuskan udara yang sejuk dan segar. Kurangnya perhatian membuat kinerja AC jadi terganggu dan mempengaruhi kenyamanan dalam kabin. Perawatan AC dilakukan secara periodik tiap tiga dan enam bulan sekali. Awalnya dalam jangka waktu 1 tahun kurang ;ebih tiga bulan sekali pemeriksaan filter kabin. Enam bulan sekali pembersihan evaporator.

Rvaporator berfungsi menampung dingin refrigerant yang kemudian ditiup blower. Bagian ini bisa menjadi kotor dan bau karena terpengaruh sirkulasi udara dari kabin. Terkait perawatan rutin tahunan proses pengerjaan memakan waktu 1,5 jam. Bila sudah setahun, maka dilakukan prosedur flushing yaknimenguras oli kompresor, mengganti refrigerant, dan membersihkan sistem di konfigurasinya.

Dua komponen penting AC mobil

Komponen AC mobil yang harus diperhatikan betul adalah kompresor. Maka dari itu, sangat disarankan pemilik mobil rutin mengganti pelumas kompresor. Pada prinsipnya jantung utama AC itu kompresor. Kompresor menggunakan oli, harus diganti berkala 1 tahun sekali atau 20 ribu kilometer, tergantung mana yang lebih dahulu tercapai.

Selain kompresor, komponen lain yang tidak kalah penting dalam menjaga embusan AC tetap segar adalah filter. Tingkat polusi di Jakarta yang tinggi otomatis membuat filter AC mobil cepat kotor dan otomatis akan menghambat hembusan AC. Pemilik mobil harus melakukan servis berkala untuk komponen air conditioning (AC) atau pendingin ruangan. Hal ini dilakukan agar kondisi AC tetap baik, dan pada akhirnya kenyamanan berkendara pun tetap terjaga. Servis AC biasanya didasarkan pada waktu tertentu. Waktu servis berkala itu sendiri disesuaikan dengan kondisi lingkungan, apakah pemilik mobil tinggal di kota besar seperti Jakarta, ataukah di pedesaan dan wilayah lainnya.

Standar umum perawatan AC mobil adalah 1 tahun atau 10 ribu km untuk servis reguler AC. Terutama bagi pengguna mobil di kota besar seperti Jakarta. Sedangkan untuk mereka yang tinggal di pedesaan, servis bisa saja dilakukan per 20 ribu km. Hal ini disebabkan karena udara pedesaan pada dasarnya lebih bersih dibanding di kota.

Jenis servis AC mobil

Ada dua jenis servis AC yang dilakukan berkala. Untuk yang tahunan, jenis servisnya adalah servis kecil. Pada jenis servis ini, umumnya yang dilakukan adalah pembersihan evaporator dan filter agar kotoran dapat kembali disaring dengan maksimal. Sementara servis besar dilakukan dengan cara pembersihan menyeluruh, misalnya evaporator dicuci dan freon diisi ulang. Waktu yang disarankan untuk melakukan servis besar ini adalah dua tahun sekali.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author