📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Extra Fan Mati Bikin Mesin Mobil Menjadi Cepat Panas?

Extra Fan Mati Bikin Mesin Mobil Menjadi Cepat Panas

Penyebab utama dari situasi di mana extra fan pada sistem pendingin AC mobil mati adalah masalah serius yang dapat menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas.

Ketika hal ini terjadi, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh pengemudi yang merasa panas, tetapi juga oleh mesin mobil itu sendiri.

Salah satu konsekuensi yang paling umum dari kegagalan extra fan AC adalah mesin mobil menjadi lebih mudah mengalami overheating atau kepanasan.

Hal ini dapat memicu berbagai masalah serius dalam fungsi mesin mobil, salah satunya mobil menjadi cepat panas. Apa saja dampak buruk dan cara mengatasinya? Simak paparannya di sini!

Button Promo

Extra Fan AC Mati, Mesin Mobil Menjadi Cepat Panas, Bikin Kerusakan Mobil?

Penggunaan kipas kontrol dan kipas elektrik suhu eletrik jauh lebih banyak digunakan oleh produsen mobil saat ini.

Karena kipas jenis ini jauh lebih efisien dan lebih menghemat BBM dibandingkan dengan kipas konvensional dan kipas berkopling.

Akan tetapi perlu juga kita pahami bahwa kipas ini juga memiliki kekurangan yang bila fatal bisa merusak mesin anda.

Kaitan antara tidak berfungsinya extra fan AC dan suhu mesin yang naik terjadi disebabkan adanya kedekatan letak antara radiator pendingin dan kondensor AC.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ketika extra fan AC tidak bisa menghembuskan angin dingin dari udara luar, maka suhu condensor meningkat.

Ketika itulah panas pada condensor juga terasa sampai ke (diserap) radiator. Radiator jadi otomatis panas. Inilah yang kemudian menjadikan mesin overheating.

Apabila mengalami hal tersebut, terpaksa untuk sementara waktu anda harus berkendara tanpa pendingin ruangan mobil.

Matikan AC untuk mengatasi overheating. Dengan mematikan AC, maka radiator pun tidak akan menyerap panas yang timbul dari condensor. Solusi akhirnya tentu harus dengan melakukan perbaikan extra fan AC.

Tips Mencegah Mesin Mobil Menjadi Panas

Anda dapat mengambil beberapa langkah perawatan yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pendinginan mobil Anda.

Beberapa tips perawatan yang mungkin dapat Anda lakukan adalah:

  1. Periksa Kipas Radiator Elektrik

Kerusakan pada komponen ini dapat berdampak serius pada sistem AC mobil dan membuat mesin mobil menjadi panas.

Penting untuk diingat bahwa kinerja optimal AC mobil tergantung pada suhu mesin yang stabil.

Ketika kipas radiator mengalami kerusakan, suhu mesin dapat menjadi tidak normal, dan ini akan memengaruhi kemampuan AC untuk berfungsi secara maksimal.

Misalnya, jika kipas radiator rusak, AC mobil mungkin akan kesulitan dalam mengatur suhu ruangan dengan baik. Maka bawa langsung ke Dokter Mobil untuk service AC mobil adalah pilihan paling tepat untuk dituju.

Button Promo

  1. Cek dan Rutin Isi Air Radiator Mesin

Selain itu, perawatan rutin juga termasuk dalam melakukan pengecekan dan penambahan air radiator mesin secara berkala adalah penting untuk mencegah mesin mobil menjadi panas.

Pastikan untuk selalu mengisi air radiator hingga mencapai level penuh, tanpa melebihi batas yang ditentukan. Hal ini sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegahnya menjadi terlalu panas.

  1. Cek Temperatur Mesin secara Berkala

Anda juga sebaiknya memonitor suhu dan tekanan mesin dengan cermat untuk mencegah mesin mobil menjadi panas, memastikan bahwa indikator pada panel speedometer tidak melebihi separuh dari rentang normalnya.

  1. Hindari Menyalakan AC Mobil secara Serampangan

Jangan sering – sering menyalakan mesin mobil dan AC mobil ketika terpakir lama (kondisi mobil diam atau tidak bergerak), disebabkan mesin yang terpakir lama hanya mengandalkan tiupan dari kipas radiator.

Berbeda dengan mobil saat bergerak dimana tiupan angin yang masuk pada bagian depan radiator dapat membantu menuipkan dan mendinginkan suhu mesin.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form