Tips Hemat BBM Kendaraan Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Tips Hemat BBM Kendaraan Anda

tips-hemat-bbm-kendaraan-anda

tips-hemat-bbm-kendaraan-anda

Sebuah mobil wajib diisi dengan BBM agar bisa dijalankan. Simak tips dari Dokter Mobil bagaimana cara agar hemat BBM kendaraan Anda. Umumnya BBM yang digunakan pada sebuah mobil berasal dari fosil. Hal ini tentu saja membuat bahan bakar yang digunakan oleh mobil tidak bisa diperbarui dan jika bahan bakar fosil habis Anda tidak bisa mengendarai mobil lagi. Untuk itulah para pengendara semua jenis kendaraan harus melakukan penghematan. Sebenarnya cara menghemat bahan bakar mobil ini tidak sulit dan cenderung mudah. Hanya saja tak banyak orang mau melakukannya. Lalu apa sajakah yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar kendaraan?

Mengurangi penggunaan

Tentu saja untuk menghemat penggunaan BBM Anda harus mengurangi konsumsinya. Cara mudah untuk mengurangi konsumsi BBM adalah dengan tidak sering menggunakan mobil untuk bepergian dalam jarak yang dekat. Ada baiknya Anda menggunakan transportasi umum saja jika ingin bepergian dekat. Selain itu jika ingin menghemat bahan bakar dari fosil ini, Anda bisa menggantinya dengan penggunakan bahan bakar yang terbuat dari sumber daya yang bisa diperbarui. Contohnya saja biosolar. Selain bisa menghemat penggunaan bahan bakar fosil, biosolar cenderung ramah lingkungan.

Matikan mesin

Saat Anda dalam keadaan macet di jalan raya, disarankan untuk mematikan mesin beberapa saat. Jangan menghidupkan mesin terlalu lama jika keadaan sedang macet. Karena hal ini justru membuat pemborosan bahan bakar. Selain itu tidak disarankan juga untuk memanaskan mobil dalam waktu yang lama. Sebaiknya panaskan mobil secukupnya dalam kurun waktu beberapa menit saja. Pada saat macet disarankan untuk tidak membuka kaca mobil karena dengan membuka kaca mobil akan membuat konsumsi bahan bakar juga ikut meningkat.

Merawat mesin mobil

Melakukan perawatan mesin mobil ternyata juga bisa membantu Anda dalam menghemat penggunaan bahan bakar. Beberapa cara untuk merawat mesin mobil dengan mudah adalah sebagai berikut:

  • Melakukan tune up mobil dalam waktu yang rutin. Sehingga jika mesin mobil terdapat masalah bisa diketahui sejak dini.
  • Mengganti oli mobil sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Mengecek kondisi saluran bahan bakar dan saluran oli.
  • Mengecek kondisi pendingin pada mobil.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar dari sisi perawatan mesin.

Pengoperasian mobil

Pengoperasian mobil ternyata juga memiliki pengaruh untuk menghemat bahan bakar yang digunakan. Agar tak boros bahan bakar, ada baiknya Anda tidak menginjak rem pada saat mobil berjalan. Mungkin beberapa dari Anda tidak terbiasa untuk melakukan hal ini dan cenderung menganggapnya berbahaya. Bagi yang belum terbiasa, lebih baik paculah mobil dengan kecepatan yang aman. Karena dengan cara tersebut Anda bisa lebih aman tanpa menginjak rem dan sekaligus bisa menghemat bahan bakar. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk menginjak pedal rem secara perlahan. Jika terlalu kencang menginjak pedal rem secara otomatis bahan bakar yang dikeluarkan juga lebih banyak.

Menambah aksesoris

Ternyata menghemat bahan bakar juga bisa dilakukan dengan memasang aksesoris penghemat bahan bakar. Untuk memperoleh aksesoris ini Anda bisa membelinya di bengkel spesialis aksesoris yakni Dokter mobil. Disana terdapat banyak jenis aksesoris penghemat bahan bakar yang bisa digunakan untuk segala merek mobil. Harga aksesoris tersebut juga sangat terjangkau. Dokter mobil juga melayani pembelian alat penghemat bahan bakar secara online. Jadi untuk Anda yang berada di luar kota atau luar pulau tetap bisa membeli alat penghemat bahan bakar tersebut.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author