📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Suspensi Fortuner Keras & Cara Mengatasinya

5 Penyebab Suspensi Fortuner Keras & Cara Mengatasinya

Suspensi yang keras pada Toyota Fortuner bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengemudi dan penumpang karena membuat mobil terasa lebih bergetar saat melintasi jalan yang tidak rata.

Jika suspensi Fortuner keras terus-menerus, maka hal ini dapat berdampak pada kinerja mobil secara keseluruhan.

Kondisi suspensi Fortuner keras yang buruk dapat menyebabkan aus pada komponen-komponen suspensi dan bahkan dapat memperpendek umur pemakaian mobil.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan perlu memperhatikan penyebab apa saja yang dapat membuat suspensi mobil Fortuner kesayangannya menjadi keras.

5 Penyebab Suspensi Fortuner Keras

Suspensi Fortuner keras dapat menjadi masalah bagi pengemudi dan penumpang karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara. Beberapa penyebab suspensi Fortuner keras meliputi:

1. Usia Kendaraan

Semakin tua kendaraan, semakin besar kemungkinan suspensi menjadi keras. Komponen-komponen suspensi yang telah aus dan kehilangan kemampuan peredamnya dapat menyebabkan getaran yang tidak nyaman saat berkendara.

2. Kebiasaan Mengemudi

Kebiasaan mengemudi yang agresif seperti melaju dengan kecepatan tinggi atau melintasi jalan yang tidak rata dengan terlalu cepat dapat menyebabkan suspensi Fortuner menjadi keras.

Tekanan yang berlebihan pada suspensi dapat memperpendek umur pemakaian komponen suspensi dan mempercepat ausnya.

3. Kualitas Jalan

Kualitas jalan yang buruk, terutama jika sering melewati jalan berlobang atau berbatu dapat menyebabkan suspensi Fortuner menjadi keras.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hal ini dikarenakan suspensi harus menyerap lebih banyak guncangan dan tekanan pada jalan yang tidak rata.

4. Perawatan yang Kurang Baik

Perawatan yang buruk pada suspensi, seperti kurangnya penggantian oli, per yang rusak atau bocor, dan patahan komponen, dapat mempercepat ausnya komponen suspensi, sehingga dapat membuat suspensi Fortuner menjadi keras.

5. Kualitas Suspensi yang Buruk

Suspensi Fortuner yang dijual dengan harga yang lebih murah biasanya menggunakan komponen yang berkualitas lebih rendah.

Hal ini dapat memengaruhi kinerja suspensi dan membuatnya menjadi keras.

Suspensi Fortuner keras dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usia kendaraan, kebiasaan mengemudi, kualitas jalan, perawatan yang kurang baik, dan kualitas suspensi yang buruk.

BACA JUGA: 5 Suspensi Mobil Terbaik di Indonesia, Dijamin Empuk Banget!

Jika pengemudi dan pemilik kendaraan ingin menghindari masalah suspensi yang keras, maka perawatan berkala.

Memperhatikan kebiasaan mengemudi, dan memilih suspensi berkualitas tinggi dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya suspensi Fortuner yang keras.

Cara Mengatasi Suspensi Fortuner Keras

Suspensi Fortuner keras dapat menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan saat berkendara. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi suspensi Fortuner keras meliputi:

1. Pengecekan dan Penggantian Komponen Suspensi

Pengecekan berkala terhadap kondisi komponen-komponen suspensi seperti per, shock absorber, dan bushing dapat membantu mengatasi suspensi Fortuner yang keras.

Jika terdapat komponen yang aus atau rusak, maka sebaiknya segera dilakukan penggantian untuk mengembalikan kinerja suspensi.

2. Mengganti Oli Suspensi

Oli suspensi yang terlalu lama digunakan dapat mempengaruhi kinerja suspensi Fortuner dan membuatnya menjadi keras.

Penggantian oli secara berkala setiap 40.000 – 50.000 km dapat membantu menjaga kinerja suspensi dan mencegah suspensi menjadi keras.

3. Mengganti Per dengan Ukuran yang Sesuai

Per yang digunakan dengan ukuran yang salah atau tidak sesuai dapat memengaruhi kinerja suspensi Fortuner dan membuatnya menjadi keras.

Mengganti per dengan ukuran yang tepat dapat membantu mengembalikan kinerja suspensi dan mengurangi masalah suspensi Fortuner yang keras.

4. Memperhatikan Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kinerja suspensi Fortuner dan menyebabkan suspensi menjadi keras.

Pastikan untuk memeriksa dan mengatur tekanan ban sesuai dengan rekomendasi produsen.

5. Memperhatikan Kebiasaan Mengemudi

Kebiasaan mengemudi yang buruk seperti melaju terlalu cepat atau melintasi jalan yang tidak rata dengan terlalu cepat dapat mempercepat ausnya komponen suspensi.

Memperhatikan kebiasaan mengemudi dan menghindari tekanan yang berlebihan pada suspensi dapat membantu mengatasi masalah suspensi Fortuner yang keras.

Yuk Atasi Suspensi Fortuner Keras Pakai Domo Buffer Dari Dokter Mobil !

Dokter Mobil adalah tempat yang tepat untuk mengatasi masalah suspensi Fortuner keras.

Dokter Mobil dapat memberikan layanan perawatan dan perbaikan berkala untuk menjaga kinerja suspensi dan mencegah suspensi menjadi keras.

Agar suspensi Fortuner tidak keras, gunakanlah Domo Buffer. Domo Buffer adalah aksesoris yang dipasang pada shockbreaker mobil untuk melindungi shockbreaker dari getaran dan guncangan saat mobil melintasi jalan yang tidak rata.

Domo Buffer dapat mengurangi tekanan dan gaya gesek pada shockbreaker, sehingga mengurangi keausan dan memperpanjang umur shockbreaker.

Selain itu, Domo Buffer juga dapat meningkatkan kenyamanan saat berkendara dengan meredam suara dan getaran dari shockbreaker.

Selain itu, Dokter Mobil juga memiliki teknisi yang berpengalaman dalam melakukan pemasangan Domo Buffer, penggantian komponen suspensi yang rusak atau aus, penggantian oli suspensi, mengganti per dengan ukuran yang tepat, serta memperbaiki masalah lain yang terkait dengan suspensi Fortuner.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form