📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Enak dan Solusi Mudah Mengatasinya

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ada beberapa hal yang jadi penyebab AC mobil bau tidak enak dan berbahaya bagi kesehatan anda. Lantas apa solusi untuk hal ini?

Artikel kali ini akan membahas hal tersebut, mulai dari penyebab, cara mengatasi, hingga solusi mencegah muncul kembalinya masalah ini.

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Enak

Sangat penting mencari penyebab munculnya bau yang tidak enak dari AC mobil anda ini. Dengan menemukan penyebab masalah, akan lebih mudah untuk:

  • Menentukan solusi mengatasi masalah
  • Menjaga agar masalah bau ini tak muncul kembali.

Adapun penyebab AC mobil bau tidak enak ini biasanya disebabkan oleh tiga hal, yaitu:

AC Mobil Kotor

Komponen AC mobil yang kotor akan menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau tak enak ini. Ada beberapa komponen yang ketika kotor menyebabkan masalah ini. Adapun komponen tersebut adalah:

  • Evaporator AC Mobil yang Kotor

    Evaporator lama kelamaan memang akan kotor. Namun jika tidak dibersihkan dengan segera, evaporator akan menghasilkan bau tidak sedap.

    Kotornya evaporator tidak menyebabkan masalah bau pada AC mobil, namun juga menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin, dan resiko kesehatan bagi penumpang di dalam mobil.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan cuci evaporator secara berkala.

  • Filter AC Mobil yang Kotor

    Selain evaporator, filter AC mobil juga lama-kelamaan akan kotor. Dan jika filter tidak diganti, AC mobil jadi tidak dingin, dan AC mobil mengeluarkan bau yang tidak enak.

    Filter AC mobil tidak bisa dibersihkan. Harus diganti dengan yang baru. Namun anda tak perlu khawatir, karena harga filter AC mobil masih sangat terjangkau.

Selain kedua komponen tersebut, masih ada dashboard AC mobil, kipas AC mobil, dan komponen lain yang ketika kotor menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau tak enak ini. Dan solusi terbaik untuk masalah ini pada umumnya adalah dengan melakukan cuci AC mobil.

Freon AC Mobil Bermasalah

Selain kotornya komponen AC mobil, freon yang tak layakpun menjadi alasan adanya bau tak enak keluar dari AC mobil anda. Ada beberapa penyebab freon AC mobil anda menjadi tak layak, beberapa di antaranya adalah:

  • Freon yang Anda Isi Ulang Kotor

    Freon yang anda isi bisa saja kualitasnya jelek dan menimbulkan bau tidak enak. Oleh sebab itu, sangat disarankan mencari bengkel AC mobil yang menyediakan freon berkualitas dan benar-benar bersih serta segar.

    Jangan tergiur tawaran freon dengan harga murah. Karena besar kemungkinan freon tersebut merupakan daur ulang freon lama yang sudah kotor dan membawa bau tak sedap.

  • Kebocoran Freon AC Mobil

    Adanya kebocoran freon AC mobil dapat menyebabkan udara yang dihasilkan kondensor tercampur dengan freon AC mobil. Akibatnya, udara yang dihasilkan AC mobil akan berbau freon.

    Bau freon ini jika terhirup tidak hanya menyebabkan pusing dan mual, namun juga gangguan pernafasan. Dan jika freon kurang bersih, resiko kanker dapat menimpa anda. Oleh sebab itu, masalah bau freon ini harus diatasi dengan segera.

Adanya Masalah-Masalah Lain yang Menjadi Sumber Bau

AC mobil bau tidak enak juga disebabkan oleh faktor-faktor lain. Tergantung jenis bau yang muncul. Ada banyak sekali jenis bau yang dapat muncul dari AC mobil anda. Sebut saja:

  • AC Mobil bau amoniak, biasa disebabkan oleh adanya urin tikus di dalam saluran AC mobil
  • AC mobil bau kabel terbakar, tentunya terjadi karena adanya korsleting di antara kabel-kabel kelistrikan mobil
  • AC mobil bau asap knalpot, disebabkan adanya kebocoran saluran pembuangan mobil
  • dan bau-bau lainnya.

Oleh sebab itu, jika menemukan masalah bau yang keluar dari saluran AC mobil, sangat disarankan untuk membawa mobil ke bengkel AC mobil. Hal ini agar mobil anda mendapatkan pengecheckan yang tepat akan masalah mobil. Dan memastikan mobil anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Penanganan dan Solusi Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Tidak Enak

Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah bau yang muncul dari AC mobil. Dan pastikan anda menggunakan setiap solusi agar bau tersebut 100% hilang. Dan agar 100 persen resiko penyakit yang dapat ditimbulkan benar-benar dapat diatasi.

Adapun solusi terbaik untuk mengatasi AC mobil yang mengeluarkan bau tak enak ini antara lain adalah:

  • Lakukan Cuci AC Mobil

    AC mobil walaupun dijaga kebersihannya dengan baik, suatu saat akan kotor. Dan AC mobil yang kotor harus dicuci secara menyeluruh. Terutama pada evaporator dan dashboardnya.

  • Flushing AC Mobil

    Setelah dilakukan cuci AC, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan flushing. Cara ini untuk memastikan tidak ada kotoran di kompresor AC mobil, dan freon yang sudah tak layak akan diganti dengan yang baru dan lebih jernih.

  • Fogging

    Semua langkah di atas memang dapat mengatasi masalah AC mobil bau tidak enak. Namun bau pada AC mobil biasanya membawa kuman penyakit yang cukup bandel. Menempel dan tidak dapat mati hanya dengan flushing dan cuci AC mobil.

    Dengan melakukan fogging Dokter Mobil, tidak hanya masalah AC mobil bau saja yang bisa teratasi. Namun bakteri, virus, kuman, dan jamur yang ada dapat dimusnahkan. Dengan demikian, mobil anda akan kembali bersih dan segar layaknya baru.

Lihat Juga: AC Mobil Bau Tak Sedap

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Cabang :
Service :

Lantas bagaimana langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah bau tidak sedap ini muncul kembali?

Cara Mencegah Kembalinya Masalah AC Mobil Bau Tidak Sedap

Jangan sampai masalah bau ini kembali menimpa mobil anda. Oleh sebab itu, beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah:

  • Jangan merokok di dalam mobil
  • Jangan makan dan minum di dalam mobil
  • Jangan menggunakan parfum semprot untuk badan di dalam mobil
  • Lakukan perawatan AC mobil secara berkala

Demikianlah penyebab AC mobil bau tidak sedap dan solusi mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Dan pastikan kesehatan anda sekeluarga terjaga. Lakukan perawatan AC mobil ketika terasa ada bau yang mengganggu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.