Artikel

Ada Banyak Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin dan Bunyi yang Perlu Anda Tahu

Mengapa AC Mobil Tidak Dingin dan Bunyi Berisik? Ini Jawabannya

Munculnya masalah AC mobil tidak dingin dan bunyi berisik biasanya disebabkan oleh rusaknya beberapa komponen mobil. Ini hal yang perlu anda lakukan. Namun perlu diketahui, masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa penyebab. Dan mencari penyebab munculnya masalah ini sangatlah penting.

Ada beberapa alasan sangat penting mencari penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Bunyi, dan sekaligus tidak dingin. Alasannya adalah:

  • Untuk memudahkan anda menentukan solusi terbaik untuk masalah mobil anda
  • Untuk membuat anda tahu, hal-hal apa yang harus dihindari agar masalah ini tak terulang kembali
  • Untuk membuat anda mengerti pentingnya melakukan perawatan berkala pada AC mobil anda.

Lantas apa saja penyebab AC mobil anda tidak dingin, juga mengeluarkan bunyi berisik?

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Bunyi Berisik

AC Mobil Tidak Dingin Dan Bunyi

Untuk mencari penyebab munculnya masalah ini, diperlukan pengecheckan secara mendetail. Namun mungkin anda kurang mengetahui bagian mana saja di AC mobil yang perlu dilakukan pemeriksaan.

Adapun bagian AC mobil yang perlu anda periksa karena menjadi sumber munculnya bunyi dan membuat AC mobil tidak dingin antara lain adalah:

  • Saluran Freon AC Mobil

    Kemungkinan terjadi kebocoran pada saluran freon AC mobil. Hal ini mengakibatkan volume freon berkurang dan menjadikan kondensor AC mobil kekurangan freon untuk mendinginkan udara. Ciri dari adanya masalah di saluran freon adalah munculnya bunyi seperti mendesis.

    Untuk mencari ada tidaknya kebocoran pada saluran freon, anda bisa menggunakan cairan sabun. Saluran yang ada kebocoran akan menyebabkan cairan sabun bergelembung.

  • Adanya Gram-Gram Besi di Dalam Kompresor AC Mobil

    Gram-gram besi ini biasanya berasal dari gesekan antara logam besi di dalam kompresor AC mobil. Gram besi ini dapat menyebabkan jebolnya kompresor AC mobil dan menyebabkan kompresor AC mobil tidak sempurna dalam memompa freon untuk mendinginkan udara.

    Ciri dari adanya gram besi di dalam kompresor AC mobil adalah adanya bunyi ngorok dari dalam kompresor AC mobil. Masalah ini harus segera diatasi karena penundaan dapat menyebabkan kompresor AC mobil jebol.

  • Rusaknya Beberapa Komponen AC Mobil

    Ada beberapa komponen mobil yang ketika rusak akan menyebabkan masalah AC mobil berbunyi dan tidak dingin. Adapun beberapa komponen tersebut antara lain:

    Kipas AC Mobil | Biasanya kipas AC mobil patah sehingga di dalam AC mobil berbunyi berisik akibat patahan terus berputar di komponen AC mobil. Sementara itu, kipas AC mobil yang patah menyebabkan tidak ada yang mendinginkan kompresor AC mobil. Kompresor AC mobil yang mengalami overheating akan menyebabkan kualitas freon AC mobil tidak mampu mendinginkan udara di kondensor AC mobil.

    Fan Belt AC Mobil | Kendor ataupun terlalu kencangnya fan belt AC mobil akan menyebabkan muncul bunyi decit dari AC mobil. Dan akibatnya, kompresor AC mobil tidak mampu berputar seperti yang seharusnya. Akibatnya, tidak hanya menyebabkan AC mobil berdecit, juga menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin Dan Bunyi.

Sebenarnya masih ada beberapa penyebab AC mobil tidak dingin dan bunyi. Namun pada umumnya, tiga hal di atas adalah sumber masalah yang utama.

Lihat Juga: AC Mobil Bau

Untuk mendapatkan penyebab masalah ini dengan lebih akurat, sebaiknya lakukan pengecheckan AC mobil di bengkel AC mobil yang terpercaya. Lantas apa solusinya untuk mengatasi masalah ini?

Cara Mengatasi AC Mobil yang Tidak Dingin dan Berbunyi Berisik

Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi AC mobil yang tidak dingin dan bunyi ini. Adapun solusi yang bisa anda lakukan antara lain adalah:

  • Lakukan Flushing AC Mobil

    Dengan melakukan flushing, freon AC mobil akan diganti dengan yang baru. Oli kompresor akan diganti dengan yang baru. Dan kotoran-kotoran di dalam kompresor AC mobil akan disedot.

    Hasil flushing adalah kompresor AC mobil yang kembali bersih seperti baru kembali. Dengan melakukan flushing, tidak hanya mengatasi masalah AC mobil yang berisik dan tidak dingin, namun juga mencegah beberapa masalah lainnya. AC mobil akan terhindar dari masalah AC mobil bau dan jebolnya kompresor AC mobil.

  • Ganti Part yang Bermasalah

    Seperti apa yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa part yang ketika rusak, akan menimbulkan masalah ganda, AC mobil tidak dingin dan bunyi.

    Dengan mengganti part tersebut, masalah tidak dingin dan bunyi pada AC mobil akan teratasi. Namun penggantian spare part dapat menjadi sia-sia jika anda tidak tahu mencegah kembalinya AC Mobil Tidak Dingin Dan Bunyi ini.

Nah, lantas apa yang harus dilakukan untuk mencegah AC mobil kembali rusak?

Cara Mencegah Kembalinya Masalah AC Mobil Tidak Dingin dan Bunyi

Lantas apa yang harus anda lakukan agar AC mobil anda tetap berfungsi dengan baik? Tentu saja dengan perawatan AC mobil. Namun perawatan seperti apa yang wajib anda lakukan?

Adapun beberapa perawatan yang bisa anda lakukan di antaranya adalah:

  • Lakukan Flushing AC Mobil secara Berkala
  • Lakukan Cuci AC Mobil
  • Lakukan Cuci Evaporator AC Mobil
  • Hindari Hal-Hal yang Dapat Merusak AC Mobil

Ada banyak hal yang harus anda hindari agar tidak menyebabkan AC mobil tidak dingin dan berbunyi. Adapun hal yang harus anda hindari tersebut antara lain adalah:

  1. Merokok di Dalam Mobil
  2. Makan dan Minum di Dalam Mobil
  3. Terlalu Sering Membuka Kaca Jendela Mobil sehingga Debu Masuk

Hal-hal tersebut juga tidak hanya menyebabkan AC mobil bunyi dan tidak dingin, namun juga AC mobil jebol dan AC mobil bau.

Lihat Juga: AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

Demikianlah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin dan bunyi serta cara mencegah juga mengatasi masalah ini. Semoga informasi ini, dapat membantu mengatasi masalah yang sedang mobil anda hadapi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia