📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

6 Permasalahan Akibat Busi Mobil Tidak Diganti secara Berkala

6 Permasalahan Akibat Busi Mobil Tidak Diganti secara Berkala
6 Permasalahan Akibat Busi Mobil Tidak Diganti secara Berkala

Busi mobil merupakan salah satu komponen mesin yang penting dan seringkali terabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, busi yang sudah aus dan kotor dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin mobil. Masalah-masalah tersebut dapat mempengaruhi kinerja mesin dan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Permasalahan Akibat Busi Mobil Tidak Diganti secara Rutin

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, kita pastinya ingin mesin mobil selalu berjalan dengan baik dan optimal, bukan? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti busi mobil secara berkala. Namun, seringkali hal ini diabaikan oleh para pemilik kendaraan, yang mengakibatkan munculnya berbagai masalah pada mesin mobil. Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang akan muncul jika busi mobil tidak diganti secara berkala.

  1. Performa Mesin Menurun

Busi yang sudah aus dan kotor dapat menyebabkan performa mesin mobil menurun. Hal ini terjadi karena busi yang sudah aus dan kotor tidak dapat menghasilkan percikan api dengan optimal, sehingga bahan bakar tidak dapat terbakar dengan sempurna. Akibatnya, mesin mobil akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan daya yang sama, sehingga performa mesin akan menurun.

Penyebab lain dari performa mesin menurun adalah pembakaran tidak sempurna. Busi yang sudah aus dan kotor menyebabkan pembakaran tidak sempurna, sehingga menyebabkan gas buang yang lebih banyak dan menurunkan performa mesin mobil.

Perbaikan dari masalah ini adalah dengan mengganti busi secara berkala. Dengan busi yang baru dan bersih, mesin mobil akan bekerja dengan lebih optimal dan menghasilkan pembakaran yang sempurna, sehingga performa mesin akan meningkat.

  1. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Busi yang sudah aus dan kotor dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Hal ini disebabkan karena mesin mobil akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan daya yang sama, sehingga konsumsi bahan bakar akan meningkat. Selain itu, bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna akan terbuang percuma, sehingga akan menambah konsumsi bahan bakar.

Penyebab lain dari meningkatnya konsumsi bahan bakar adalah pembakaran tidak sempurna. Busi yang sudah aus dan kotor menyebabkan pembakaran tidak sempurna, sehingga bahan bakar yang tidak terbakar akan terbuang percuma, dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti busi secara berkala. Dengan busi yang baru dan bersih, mesin mobil akan bekerja dengan lebih optimal dan menghasilkan pembakaran yang sempurna, sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.

  1. Mesin Sulit Dihidupkan

Busi yang sudah aus dan kotor juga dapat membuat mesin mobil sulit untuk dihidupkan. Terutama pada kondisi cuaca yang dingin, busi yang sudah aus dan kotor akan sulit untuk menghasilkan percikan api yang kuat, sehingga mesin mobil sulit untuk dihidupkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Penyebab lain dari mesin sulit dihidupkan adalah baterai mobil yang melemah. Baterai mobil yang melemah dapat menyebabkan mesin mobil sulit dihidupkan, karena tegangan listrik yang dibutuhkan oleh busi tidak terpenuhi.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti busi secara berkala. Busi yang baru dan bersih akan lebih mudah menghasilkan percikan api yang kuat, sehingga mesin mobil dapat dihidupkan dengan mudah. Selain itu, periksa juga baterai mobil Anda, pastikan baterai dalam kondisi yang baik dan tidak melemah. Jika baterai dalam kondisi baik, mesin mobil akan lebih mudah untuk dihidupkan, bahkan pada kondisi cuaca yang dingin.

  1. Emisi Gas Buang Meningkat

Busi yang sudah aus dan kotor dapat meningkatkan emisi gas buang pada mobil. Hal ini disebabkan karena bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna akan terbuang percuma dan menjadi gas buang yang meningkat.

Emisi gas buang yang meningkat dapat berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan manusia. Gas buang yang keluar dari mobil mengandung berbagai zat berbahaya, seperti karbon monoksida, hidrokarbon, dan nitrogen oksida. Zat-zat ini dapat menyebabkan polusi udara, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti busi secara berkala. Dengan busi yang baru dan bersih, pembakaran bahan bakar akan lebih sempurna, sehingga mengurangi emisi gas buang pada mobil. Selain itu, perawatan mobil secara berkala seperti tune up Jet Clean di Dokter Mobil juga dapat membantu mengurangi emisi gas buang pada mobil.

  1. Kerusakan Komponen Mesin

Busi yang sudah aus dan kotor dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin mobil lainnya, seperti katalisator dan sensor oksigen. Hal ini disebabkan karena bahan bakar yang tidak terbakar secara sempurna akan menyebabkan pengendapan pada komponen mesin lainnya, sehingga mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin tersebut.

Kerusakan pada komponen mesin mobil dapat menyebabkan biaya perbaikan yang mahal. Selain itu, mesin mobil yang rusak juga dapat berdampak buruk pada kinerja dan efisiensi bahan bakar.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti busi secara berkala. Dengan busi yang baru dan bersih, bahan bakar akan terbakar dengan sempurna dan mengurangi pengendapan pada komponen mesin lainnya, sehingga komponen mesin akan lebih awet.

Baca Juga: Ini Dia 3 Penyebab Busi Mobil Hitam dan Cara Mengatasinya

  1. Kinerja Sistem Pengapian Menurun

Busi yang sudah aus dan kotor dapat menyebabkan kinerja sistem pengapian menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena busi yang sudah aus dan kotor tidak dapat menghasilkan percikan api dengan optimal, sehingga mengakibatkan kinerja sistem pengapian menjadi menurun.

Sistem pengapian yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin mobil sulit untuk dihidupkan, konsumsi bahan bakar meningkat, dan performa mesin menurun. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti busi secara berkala. Dengan busi yang baru dan bersih, sistem pengapian akan bekerja dengan lebih optimal dan menghasilkan percikan api yang lebih baik, sehingga mesin mobil dapat bekerja dengan lebih baik.

Tips Perawatan Busi Mobil Agar Kondisinya Prima

Jangan biarkan masalah pada busi mobil mengganggu kinerja mesin mobil Anda. Lakukan penggantian busi secara berkala dan lakukan perawatan mobil secara berkala untuk menjaga kondisi busi agar selalu prima. Dengan begitu, mesin mobil akan bekerja dengan optimal dan lebih awet, serta membantu menjaga lingkungan yang lebih sehat dan ramah lingkungan.

Selain melakukan penggantian busi secara berkala dan perawatan mobil secara berkala, ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi busi mobil agar selalu prima. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Gunakan bahan bakar yang berkualitas untuk menjaga kondisi busi agar selalu prima. Bahan bakar yang berkualitas akan menghasilkan pembakaran yang lebih baik, sehingga busi mobil tidak mudah rusak atau kotor.

  1. Hindari Mematikan Mesin Mobil secara Tiba-tiba

Hindari mematikan mesin mobil secara tiba-tiba, terutama saat mesin mobil masih panas. Hal ini dapat menyebabkan busi mobil menjadi rusak atau kotor, sehingga mempengaruhi kinerja mesin mobil.

  1. Perhatikan Tanda-tanda Busi yang Sudah Rusak atau Kotor

Perhatikan tanda-tanda busi yang sudah rusak atau kotor, seperti mesin mobil sulit dihidupkan, mesin mobil bergetar atau tidak stabil, atau konsumsi bahan bakar meningkat.

Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut, segera lakukan perawatan yang tepat pada busi mobil Anda dengan tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

  1. Ganti Busi secara Berkala

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggantian busi secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Lakukan penggantian sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil.

Penutup

Penggantian busi mobil secara berkala memang terdengar sepele, tetapi jika diabaikan, dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin mobil, seperti performa mesin menurun, konsumsi bahan bakar meningkat, dan emisi gas buang yang meningkat.

Selain itu, pengabaian penggantian busi mobil secara berkala juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin mobil lainnya dan kinerja sistem pengapian yang menurun.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pemilik kendaraan untuk selalu melakukan penggantian busi secara berkala dan perawatan mobil secara berkala, agar mesin mobil selalu berjalan dengan baik dan optimal. Dengan begitu, kondisi busi mobil selalu prima dan kinerja mesin mobil tetap terjaga dengan baik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/