📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Bau Sangit pada Mobil Matic

5 Penyebab Bau Sangit pada Mobil Matic

Mobil matic modern kini menjadi pilihan banyak orang karena kenyamanannya. Namun, beberapa orang sering mengeluh tentang bau sangit yang muncul dari mobil matic mereka. Bau sangit berasal dari komponen mekanik yang ada di dalam mobil. 

Ini bisa berasal dari transmisi, sistem pendingin, sistem pembuangan, dan banyak lagi. Meskipun bau sangit yang diproduksi oleh mobil matic tidak dapat dihindari, ada beberapa cara untuk menguranginya. Berikut ini adalah beberapa penyebab utama bau sangit pada mobil matic.

Penyebab Bau Sangit pada Mobil Matic

Penyebab Bau Sangit pada Mobil Matic

Masalah bau sangit pada mobil matic bisa terjadi karena beberapa faktor. Berikut ini adalah penyebab bau sangit pada mobil matic yang bisa Anda simak dan identifikasi saat mobil matic kesayangan Anda alami permasalahan yang serupa.

  1. Sistem Pendingin yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Pertama, bau sangit pada mobil matic dapat disebabkan oleh sistem pendingin. Sistem pendingin adalah bagian dari mobil yang mengatur suhu mesin. Jika sistem pendingin tidak berfungsi dengan baik, maka akan menimbulkan bau sangit. Pemilik mobil harus memeriksa sistem pendingin secara berkala untuk memastikan bahwa sistem pendingin berfungsi dengan baik. Selain itu, pemilik mobil juga harus memastikan bahwa sistem pendinginnya tidak bocor.

  1. Sistem Pembuangan Emisi yang Kotor

Kedua, bau sangit pada mobil matic juga dapat disebabkan oleh sistem pembuangan. Sistem pembuangan adalah bagian dari mobil yang mengeluarkan zat beracun dari mesin. Jika sistem pembuangan sudah terlalu kotor, maka zat beracun akan dikeluarkan dan menimbulkan bau sangit. Pemilik mobil harus mengecek bagian-bagian dari sistem pembuangan secara berkala untuk memastikan bahwa sistem pembuangan berfungsi dengan baik.

  1. Filter Udara yang Kondisinya Sudah Sangat Kotor

Ketiga, bau sangit pada mobil matic dapat disebabkan oleh filter udara. Filter udara adalah bagian dari mobil yang menyaring partikel asing sebelum masuk ke mesin. Kadang-kadang, filter udara akan tercemar oleh debu atau minyak yang ada di udara. Debu dan minyak tersebut akan menyumbat filter udara sehingga menyebabkan bau sangit. Pemilik mobil harus membersihkan filter udara secara berkala untuk menghindari bau sangit.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Filter Udara Aftermarket Bisa Tingkatkan Performa Mobil?

  1. Sistem Transmisi Mobil yang Kotor dan Bermasalah

Keempat, bau sangit dapat disebabkan oleh transmisi yang kotor. Transmisi adalah salah satu bagian terpenting dari sistem transmisi mobil matic. Ketika transmisi sudah terlalu kotor, maka akan menimbulkan bau sangit. Kotoran yang menumpuk di dalam transmisi akan berubah menjadi minyak yang beracun dan merusak bagian lain dari transmisi. Untuk menghilangkan bau sangit yang berasal dari transmisi, Anda harus mengecek dan membersihkan bagian-bagian transmisi secara berkala.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Komponen Mekanik Lain yang Sudah Tidak Optimal Fungsinya

Kelima, bau sangit juga dapat disebabkan oleh komponen mekanik lainnya. Selain transmisi, sistem pendingin, sistem pembuangan, dan filter udara, komponen mekanik lainnya seperti rem, knalpot, dan katup juga sering menjadi sumber bau sangit. Pemilik mobil harus memeriksa bagian-bagian mekanik tersebut secara berkala untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Bau Sangit pada Mobil Matic

Cara Mengatasi Bau Sangit pada Mobil Matic

Bau sangit pada mobil matic merupakan masalah yang banyak dialami oleh para pemilik mobil. Bau sangit pada mobil matic dapat disebabkan oleh berbagai masalah, mulai dari kebocoran oli, polusi udara, usia oli, dan banyak lagi. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi bau sangit pada mobil matic Anda.

  1. Pastikan Tidak Ada Kebocoran Oli

Pertama, Anda harus memeriksa kebocoran oli. Kebocoran oli dapat menyebabkan bau sangit dan Anda harus memeriksa kondisi oli secara rutin untuk menghindari masalah ini. Jika Anda menemukan adanya kebocoran oli, Anda harus segera memperbaiki atau mengganti oli yang bocor. Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian yang terkena oli bocor sebelum mengganti oli.

  1. Cegah Polusi Udara Masuk

Kedua, Anda harus memeriksa polusi udara. Polusi udara dapat menyebabkan bau sangit dan Anda harus memeriksa filter udara mobil Anda secara rutin untuk memastikan bahwa filter udara masih dalam kondisi baik. Jika filter udara Anda sudah kotor, Anda harus segera mengganti filter udara Anda.

  1. Periksa Usia Oli

Ketiga, Anda harus memeriksa usia oli. Umur oli dapat mempengaruhi kualitas oli dan Anda harus memeriksa usia oli mobil Anda secara rutin untuk memastikan bahwa oli masih dalam kondisi baik. Jika oli sudah usang, Anda harus segera mengganti oli tersebut dengan oli baru.

  1. Rutin Membersihkan Komponen Sistem Pembuangan

Keempat, Anda harus membersihkan komponen sistem pembuangan. Sistem pembuangan yang sangat kotor dapat menyebabkan bau sangit dan Anda harus membersihkan sistem pembuangan mobil Anda secara rutin untuk mencegah masalah ini. Anda juga harus membersihkan saluran pembuangan untuk memastikan bahwa sistem pembuangan masih dalam kondisi baik.

  1. Ganti Komponen yang Alami Kebocoran

Kelima, Anda harus mengganti komponen kebocoran. Komponen kebocoran dapat menyebabkan bau sangit dan Anda harus memeriksa kondisi komponen mobil Anda secara rutin untuk memastikan bahwa komponen kebocoran masih dalam kondisi baik. Jika Anda menemukan adanya komponen kebocoran, Anda harus segera mengganti komponen kebocoran tersebut dengan komponen baru.

  1. Ganti Filter Udara/Saringan Udara

Keenam, Anda harus mengganti saringan udara. Saringan udara dapat menyebabkan bau sangit dan Anda harus memeriksa kondisi saringan udara mobil Anda secara rutin untuk memastikan bahwa saringan udara masih dalam kondisi baik. Jika Anda menemukan adanya saringan udara yang kotor, Anda harus segera mengganti saringan udara tersebut dengan saringan baru.

  1. Gunakan Pelumas yang Tepat

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menggunakan oli yang tepat untuk mobil matic Anda. Pastikan bahwa Anda memilih oli yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki performa yang optimal.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Besaran Konsumsi BBM Mobilio

Besaran Konsumsi BBM Mobilio: Irit, kah?

Benarkah konsumsi BBM Mobilio cukup irit? Karena seringkali banyak yang melabuhkan pilihannya pada LCGC ini karena diklaim lebih irit soal konsumsi BBM. Mobilio telah menjadi

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!