New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Beberapa Penyebab Mobil Kekurangan Tenaga, Simak Disini

Jangan biarkan mobil tidak bertenaga menganggu kenyamanan perjalanan anda. Kira-kira apakah penyebab mobil kekurangan tenaga ini? Sebagai pengguna mobil cerdas dan bijak, ada baiknya menelusuri sebab agar mendapatkan solusi secara tepat. Jangan sampai mobil kurang bertenaga berujung pada overheat. Tilik ulasannya berikut ini;

1. Proses Overheating Pada Mesin

Overheat terjadi disebabkan oleh panasnya suhu mesin diatas rata-rata karena proses pendinginan pada radiator tidak berjalan optimal.

Salah satu dampak dari overheat yakni tenaga mesin menjadi berkurang, melemah hingga menghilang. Jika sudah timbul gejala ini, maka sangat disarankan untuk tidak memaksa mobil tetap beroperasi. Segera matikan mesin dan buka kap dengan hati-hati. Diamkan 30 – 60 menit, barulah anda dapat mengamati secara seksama masalah yang terjadi pada komponen mesin.

2. Filter Udara Kotor

Jangan sepelekan part ini. Fungsi filter udara yakni menyaring kotoran yang dapat kemungkinan masuk dalam ruang mesin. Jika filter sudah kotor, maka partikel debu dan kotoran dapat loss masuk dalam ruang mesin. Filter yang kotor sudah tidak dapat menampung muatan kotoran lagi sebab kapas sudah penuh tertimbun kotoran.

Gejala yang timbul yakni suara bising pada mesin hingga tarikan tidak bertenaga karena kotoran memenuhi ruang mesin.

Baca Juga : Ternyata Inilah Filter Udara TERBAIK Untuk Mobil Pajero

Oleh sebab itu maka disarankan untuk membersihkan filter udara atau mengganti dengan part baru jika tidak memungkinkan untuk dibersihkan.

3. Sistem Pengapian Bermasalah

Penyebab selanjutnya yakni ruang pengapian yang sudah bermasalah. Bisa jadi karena busi yang sudah kotor, koil yang rusak, atau penumpukan kotoran pada injektor. Secara tidak langsung, kondisi ini sangat memungkinkan tenaga menjadi tidak bertenaga.

Solusinya yakni lakukan perawatan servis tune up. Pastikan bengkel yang hendak dituju memang berkompeten dan berkualitas dalam membersihkan seluruh kerak karbon membandel di ruang pembakaran.

4. Kopling Aus dan Habis

Penyebab terakhir ialah kopling yang sudah aus atau habis. Hal ini disebabkan oleh tata cara penggunaan yang keliru, seperti menggunakan setengah kopling ketika sedang menanjak. Hal ini justru akanmenyebabkan terjadinya gesekan antara platkoling dengan pressureplate, sehingga lebih cepat aus.

Nah kalo mobil anda, kira-kira penyebab mobil kekurangan tenaga versi yang mana nih? Yuk segera lakukan pengecekan dan berikan perawatan terbaik untuk mobil anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya