New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Kenali Beberapa Penyebab Mobil Injeksi Keluar Asap Hitam

Penyebab mobil injeksi keluar asap hitam pada dasarnya dipicu oleh proses pembakaran yang tidak sempurna. Jangan biarkan gejala asap hitam dibiarkan terlalu lama, sebab terdapat beberapa part yang harus mendapatkan perawatan lebih ekstra. Biasanya gejala asap hitam diimbangi dengan tarikan berat sehingga mengganggu kualitas kenyamanan berkendara.

Kira-kira apa penyebab mobil injeksi keluar asap? Berikut beberapa penyebab yang dimaksud antara lain;

1. Bensin Tidak Bercampur Dengan Udara

Penyebab yang pertama ialah berasal dari sistem ruang bahan bakar. Ketika campuran bahan bakar terlalu banyak maka dapat menyebabkan bensin tidak dapat bercampur dengan molekul udara.

Hal ini berdampak pada bensin tidak terbakar ketika busi menyala. Semakin banyak bensin yang berada dalam ruang bakar, maka resikonya yakni asap semakin pekat yang dihasilkan oleh knalpot.

2. Filter Udara Sudah Penuh

Penyebab selanjutnya yakni filter udara yang sudah penuh oleh kotoran sehingga tidak memungkinkan filter dapat menyerap debu partikel halus kotoran lainnya. Kondisi ini dapat membuat aliran udara pada intake penuh sehingga menyumbat sirkulasi.

Oleh sebab itu solusinya yakni bersihkan filter udara. Jika tidak memungkinkan, maka sebaiknya part tersebut diganti dengan part baru. Khususnya anda awam otomotif, sebaiknya hindari bongkar pasang mesin sebab dikhawatirkan menjadi salah pasang part. Bawalah ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

3. Kerusakan Katup Pengatur Kecepatan Idle

Terakhir, umumnya penyebab asap hitam juga disebabkan oleh kerusakan pada katup pengatur kecepatan idle. Sudah tahu belum bahwa kinerja katup memposisikan dirinya sebagai pengatur udara dalam throttle body? Ketika katup gas tertutup, udara mengalir melalui idle port menuju intake manifold.

Jika pasokan udara tertahan dan bensin tetap terus disuplai dengan volume yang sama, maka dapat menyebabkan campuran yang berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang pekat.

Oleh sebab itu, maka solusi yang dapat anda lakukan yakni bersihkan katup dengan menggunakan carbo cleaner. Cairan tersebut ampuh dalam membasmi kerak karbon pada katup.

Penyebab mobil injeksi keluar asap hitam juga dapat dilakukan servis tune up untuk menghilangkan gejala asap hitam. Tune up merupakan servis berkala untuk membersihkan keseluruhan ruang pembakaran agar terbebas dari kerak karbon, mulai dari busi, koil, injektor, throttle body, dan lain sebagainya.

Selain menghilangkan gejala asap hitam, manfaat tune up lainnya yakni dapat membuat performa menjadi lebih ringan serta hemat bahan bakar.

Dapatkan tune up performance maupun ultimate hanya di Dokter Mobil, Apapun Masalahnya Pasti Beres.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!