New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Awas, 3 Penyebab Mesin Mobil Hidup Mati Bisa Picu Overheat

Jangan anggap sepele penyebab mesin mobil hidup mati, sudah dipastikan terdapat kerusakan pada mesin mobil. Nah kira-kira apa sih penyebabnya? Salah satu pemicu gejala dapat terjadi sebab tidak diimbangi oleh perawatan mobil secara rutin maupun berkala. Jika kondisi ini terus dibiarkan berlanjut, bisa saja kerusakan semakin menjalar ke komponen lainnya.

Selengkapnya simak uraian berikut ini;

1. Terjadi Overheat

Penyebab pertama yakni mesin yang sedang mengalami overheat. Mobil dapat dikatakan overheat karena kondisi suhu mesin yang sudah terlampau panas diatas rata-rata. Pemicu overheat pun beragam, bisa diakibatkan oleh radiator tidak berfungsi, oli yang sudah menurun kualitasnya, knocking, hingga pemakaian non stop 1-2 hari.

Jangan sepelekan gejala overheat, sebab gejala ini dapat menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya. Untuk memperbaiki overheat, anda harus merogoh kocek dalam-dalam sebab mau tidak mau mesin harus overhaul.

2. Gangguan Sistem Kelistrikan

Penyebab lainnya yakni disebabkan oleh sistem kelistrikan yang sedang mengalami gangguan atau hambatan dalam kinerjanya. Sangat wajar bila penyebab mesin mati hidup disebabkan oleh aki mesin yang sudah berumur. Umumnya aki memiliki umur hingga 5 tahun jika pemakaian normal. Lain halnya bila anda menambahkan beberapa part modifikasi seperti audio, lampu, dsb maka akan berdampak pada pemborosan aki juga.

Oleh sebab itu, pastikan aki mesin berada dalam rentang 12-13 volt sehingga kualitas listrik menuju koil dan part lainnya tetap prima dan berjalan dengan baik.

3. Bahan Bakar Tidak Tersuplai Ke Mesin

Setiap kendaraan bermesin membutuhkan bahan bakar agar dapat berkerja. Namun apa jadinya bila bahan bakar tidak tersuplai dengan maksimal ke mesin? Tidak heran bila mesin mobil hidup dan mati hingga mati mendadak sebab tidak ada bahan bakar memadai pada ruang bakar.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi gejala ini, diantaranya;

-indikator BBM yang sudah erorr. Umumnya, indikator BBM dapat rusak dikarenakan pelampung bahan bakar yang mengalami macet sebab penyok terkena benturan.

-pompa mesin yang sudah mengalami kerusakan,

-serta immobilizer bermasalah sehingga injektor tidak dapat mensuplai bahan bakar pada ruang mesin. Kondisi ini hanya dirasakan oleh pengguna mobil jenis injeksi

Nah, kalau penyebab mesin mobil hidup mati versi mobil anda yang mana nih? Jangan tunda perbaikan, yuk segera bawa ke bengkel spesialis mobil terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kembalikan nyaman berkendara anda sekarang juga!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya