New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Cara Ganti Air Radiator Mobil yang Salah Hanya Akan Meningkatkan Resiko Overheat

Cara Ganti Air Radiator Mobil yang Benar dan Tanpa Bongkar

Bengkel mobil dengan mesin canggih memiliki cara ganti air radiator mobil dengan cepat. Selain itu pengurasannya juga jauh lebih bersih. Karena mesin canggih untuk perawatan radiator yang dimilikinya mampu melakukan flushing radiator secara cepat dan menyeluruh.

Mengapa perlu ganti air radiator?

Momok yang paling dihindari oleh pengguna mobil adalah overheat. Timbulnya overheat akan menyebabkan mobil mogok. Pada kasus yang lebih serius bahkan menyebabkan mobil terbakar. Seperti kasus terbakarnya mobil sport milik Raffi Ahmad beberapa waktu yang lalu.

Cara Terbaru Ganti Air Radiator Tanpa Bongkar

Biasanya penggantian air radiator memakan waktu yang cukup lama. Bahkan seringkali pembersihan radiator dari sisa-sisa coolant lama tidak sempurna atau tidak bersih.

Di Dokter Mobil proses ganti air radiator bisa dilakukan dengan cepat karena menggunakan alat canggih yang dapat menyedot seluruh isi radiator. Dengan demikian, semua kotoran dapat terangkat dan radiator menjadi bersih seperti baru.

Kapan Sebaiknya Melakukan Penggantian Radiator Mobil?

Semakin berkembangnya teknologi, pun juga berimbas pada desain mobil saat ini. Berbagai kondisi mobil dapat diindikator dengan mudah melalui dashboard mobil. Pastikan jumlah cairan air radiator berada digaris batas minimum dan maksimum. Ketika sudah berada di minimum, anda wajib lakukan pengisian air radiator.

Jika ada di atas batas maksimum, artinya ada kesalahan dalam pengisian air radiator. Kemungkinan saat pengisian masih ada cukup banyak cairan coolant lama yang tidak terkuras.

Tips Mengisi Air Radiator Dengan Mudah

Tidak harus ke bengkel, anda dapat mengisi air radiator dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Selengkapnya simak tips dibawah ini;

1. Pastikan mobil dalam keadaan dingin

Ketika mobil selesai dipakai, maka suhu mesin masih dalam kondisi panas. Sebaiknya diamkan mobil kisaran 30 menit hingga satu jam agar memastikan mesin sudah aman dipegang.

2. Siapkan Coolant

Ingat ya, gunakan coolant bukan air biasa. Bahaya menggunakan air biasa dapat menimbulkan mobil mengalami overheat sebab suhu titik didih air biasa hanya mencapai 100 derajat saja. Sedangkan coolant memiliki titik didih kisaran 115 hingga diatas 120 derajat. Tentunya aman mencegah mesin menjadi overheat.

3. Buka Kap Mesin

Selanjutnya bukalah kap mesin mobil anda. Lalu buka tutup radiator dengan cara memutar ke arah berlawanan jarum jam sambil tekan.

Buka kap mesin dan buka tutup radiator (radiator cap) dengan cara memutarnya putar ke arah berlawanan jarum jam sambil ditekan.

4. Tuangkan Cairan Coolant

Isi hingga penuh. Lalu tutup kembali tutup radiator. Pastikan terpasang dengan rapat dan sempurna.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal pertama adalah pastikan mengisi hanya dengan coolant berkualitas terbaik. Jangan mencoba mengisi dengan air biasa. Karena air biasa cenderung menyebabkan karat di radiator. Selain itu, titik didih air biasa lebih rendah daripada coolant. Hal tersebut menyebabkan resiko overheat masih lebih tinggi jika menggunakan air biasa.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah walaupun anda bisa melakukan isi coolant sendiri, namun sangat disarankan untuk menyerahkan kepada ahlinya. Karena selain waktu pengerjaannya yang cukup lama, belum tentu pengerjaannya bersih jika tanpa alat/mesin.

Itulah beberapa cara ganti air radiator mobil yang biasa Dokter Mobil lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua ya. Say no to overheat. Apapun mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres…

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!