New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara membersihkan tangki bensin

Cara Membersihkan Tangki Bensin Tanpa Perlu ke Bengkel Mobil

Pemilik kendaraan ini wajib tahu cara membersihkan tangki bensin. Sebab, tangki bensin kotor dapat menyebabkan tarikan gas tersendat atau mobil tidak dapat distarter. Untuk mencegah terjadinya kerusakan atau menumpuknya kerak dan kotoran, maka pemilik wajib membersihkan tangki bahan bakar secara berkala.

Namun sebelum itu, Anda juga wajib tahu hal-hal yang menyebabkan tangki bensin mobil kotor akibat banyak kerak yang menempel pada dinding tangki. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan wajib membersihkan tangki bahan bakar secara berkala.

Sebab, tidak boleh ada kotoran yang mengendap pada tangki bahan bakar. Memang, membersihkan tangki bahan bakar dapat dilakukan dirumah. Hanya saja, tidak semua orang paham dan mengerti cara membersihkan tangki bahan bakar.

Bagi Anda yang berencana membersihkan bagian tangki bahan bakar, maka segera ke bengkel Dokter Mobil cabang terdekat. Sebab, Dokter Mobil melayani segala perawatan mesin kendaraan termasuk membersihkan tangki bahan bakar agar tarikan gas mobil kembali normal.

Ini Dia Daftar Penyebab Tangki Bensin Kotor dan Berkerak

cara membersihkan tangki bensinAda beberapa hal yang menyebabkan tangki bahan bakar kotor dan berkerak. Adanya kerak dan kotoran inilah yang membuat tarikan gas mobil terasa ndut ndutan hingga menyebabkan mobil tidak dapat distarter karena adanya penyumbatan pada fuel pump mobil. Oleh sebab itu, ini dia daftar penyebab tangki bahan bakar kotor dan berkerak. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai Spesifikasi Mobil

Pertama, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil menjadi salah satu penyebab adanya kerak dan kotoran di tangki bensin. Sebab, sistem pembakaran mesin mobil terbaru ini hanya cocok untuk bahan bakar dengan oktan diatas Ron 90, seperti Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo.

Apabila Anda menggunakan premium, maka akan ada banyak kotoran dan kerak di tangki bahan bakar. Apabila kerak dan kotoran semakin menumpuk, maka Anda wajib tahu cara membersihkan tangki bensin mobil.

  1. Filter Saringan Fuel Pump Terlalu Kotor

Kedua, kotornya saringan pompa bahan bakar juga menjadi salah satu faktor banyaknya kerak dan kotoran yang menumpuk pada tangki bensin. Hal ini disebabkan karena udara yang masuk ke pompa bahan bakar tidak tersaring dengan sempurna. Akibatnya, kotoran dan kerak akan menempel pada dinding-dinding tangki bensin kotor. Hal inilah yang kemudian membuat tarikan gas mobil terasa ndut ndutan.

Cara Membersihkan Tangki Bensin Secara Mandiri  Dirumah

Apabila ingin membersihkan tangki bahan bakar secara mandiri dirumah, maka Anda wajib tahu caranya terlebih dahulu. Salah satu cara instan untuk membersihkan tangki bahan bakar dari kerak dan kotoran adalah menggunakan carbon cleaner.

Carbon cleaner ini mampu membersihkan kerak dan kotoran yang menempel di dinding-dinding tangki bahan bakar. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan cairan atau foam carbon cleaner ke tangki bahan bakar.

Kemudian, isi kembali tangki bahan bakar dengan bensin mobil. Usahakan menggunakan bensin mobil dengan oktan diatas Ron 90. Tujuannya agar proses pembakaran bensin tidak meninggalkan kerak dan kotoran.

Setelah itu, panaskan mesin mobil. Secara tidak langsung, kerak dan kotoran yang menempel pada dinding-dinding tangki bahan bakar. Kotoran tersebut akan keluar melalui lubang knalpot. Hanya saja, Anda tidak boleh terlalu sering menggunakan cairan atau foam carbon cleaner.

Sebab, carbon cleaner ini dapat menyebabkan aus dan karatan pada bagian klep mobil. Sehingga, Anda harus memikirkan cara membersihkan tangki bensin. Anda dapat langsung saja ke bengkel mobil terdekat untuk membersihkan tangki bensin agar kerak dan kotoran dapat terangkat.

Baca Juga : Ac Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Salah satu rekomendasi bengkel kendaraan roda empat yang menyediakan layanan cuci tangki bensin kotor adalah Dokter Mobil. Disini, semua proses pembersihan tangki bahan bakar selalu menggunakan peralatan canggih dan dikerjakan oleh montir berpengalaman.

Maka dari itu, segera ke bengkel Dokter Mobil cabang terdekat bagi Anda yang memiliki masalah tarikan gas terasa ndut ndutan akibat kotornya tangki bahan bakar. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi cara membersihkan tangki bensin yang penuh dengan kerak dan kotoran.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda