New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara mengganti busi mobil

Cara Mengganti Busi Mobil Sendiri Tanpa Harus Ke Bengkel

Pengetahuan mengenai cara mengganti busi mobil sendiri penting bagi anda untuk mengantisipasi disaat kondisi darurat tidak bisa ke bengkel. Busi sendiri merupakan bagian penting dari sistem pengapian pada kendaraan yang memiliki fungsi menghasilkan percikan bunga api pada ruang bakar di mesin. Kondisi dari busi juga cukup penting dan jika mengalami masalah, maka akan timbul gejala mobil menjadi tersendat-sendat atau seperti kehilangan tarikan.

Membersihkan busi atau menggantinya merupakan salah satu cara agar kondisi busi tetap dalam keadaan optimal. Hal penting dari busi ini adalah saat mesin knocking atau “ngelitik”, maka hal tersebut menjadi gejala awal adanya pembakaran tidak sempurna dan tidak bisa memercikkan api. Penyebabnya sendiri beragam, bisa dari elektroda busi yang memendek, sampai dengan tertutup akibat karbon.

Cara mengganti busi mobil juga tergantung pemakaiannya. Usia penggantian busi sendiri pada umumnya di kisaran 2000 km. Jadi, setiap Anda servis kendaraan pada kelipatan 20000 km tersebut, maka busi mobil wajib untuk diganti. Akan tetapi, mungkin pada saat-saat tertentu anda tidak bisa ke bengkel untuk ganti busi. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai cara ganti busi sendiri juga cukup penting untuk anda kuasai.

Cara Mengganti Busi Mobil Secara Mandiri

cara mengganti busi mobil

Untuk yang sudah udah terbiasa, cara ganti busi mobil merupakan sesuatu yang sangat mudah dilakukan. Akan tetapi bagi yang belum pernah melakukannya, Berikut ini akan kami jelaskan mengenai cara mengganti busi mobil sendiri:

  • Memastikan Kondisi Mesin Tidak Terlalu Panas

Sebelum anda melakukan penggantian busi, sebaiknya mobil tidak dalam kondisi yang terlalu panas agar mempermudah dalam melepas busi tersebut. langkah pertama yang dilakukan adalah buka kap mesin mobil dan tahan dengan pengaitnya supaya aman. Jangan sampai Anda mengganti busi tapi melupakan faktor keamanan juga.

  • Proses pembongkaran

Cara mengganti busi mobil berikutnya adalah dengan memastikan kunci kontak dalam keadaan off. Peralatan yang dibutuhkan sendiri meliputi batang sambungan kunci sok busi, serta sliding T. Selanjutnya, lepaskan kabel-kabel pada busi, apabila mobilnya sudah memakai 1 koil satu busi, melepaskan soket kabel dan baut pengikatnya.

Selanjutnya, setelah kabel di busi berhasil dilepas, gunakanlah kunci busi yang yang cocok dan kombinasikan dengan kunci sambungannya yang pas. Berikutnya, lepaskanlah busi dengan cara memutar ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Hati-hati dalam proses ini jangan sampai busi patah.

  • Cara Memasang Businya

cara mengganti busi mobil

Cara mengganti busi mobil berikutnya adalah apabila menggunakan busi yang baru periksalah pada bagian ujung elektroda apakah spesifikasinya sudah sesuai. Berikutnya, masukkanlah busi pada kuncinya dan putar secara perlahan sampai rapat. Perhatikan pemasangan ya, jangan sampai posisinya miring dan akhirnya jadi rusak.

Apabila sudah terpasang dengan baik, kakak keraskan posisinya dengan memakai kunci sambungan. Hati-hati, jangan juga terlalu keras memasangnya karena nanti sulit untuk dilepaskan kembali. Berikutnya, pasanglah kembali kabel kabel atau koil pada busi. Tunggulah beberapa saat dahulu, dan jika sudah maka anda bisa menghidupkan mesin dan memeriksa apakah ada masalah ataukah baik-baik saja.

Baca Juga : Kompresor AC Mobil Berisik

Kesimpulannya, cara mengganti busi mobil cukup penting. Komponen ini merupakan bagian penting dari kendaraan yang berfungsi untuk menimbulkan percikan api pada ruang bahan bakar yang sudah terkompresi antara bensin dan dan udara. Dengan bersihkan busi tersebut, maka akan terjadi pembakaran pada ruang silinder dan menghasilkan daya untuk mobil bisa bergerak dengan optimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4213

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya