New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
kompresor ac mobil berisik

Kompresor AC Mobil Berisik, Ternyata Ini Sumber Penyebabnya

Kompresor AC mobil berisik menjadi suatu masalah yang dianggap enteng. Padahal masalah tersebut cukup beresiko bila tidak ditangani segera. Ya, kompresor AC mobil yang mengeluarkan bunyi tidak wajar ini tidak boleh Anda anggap sepele. Karena bunyi-bunyian tersebut menandakan bahwa mobil milik Anda tengah mengalami kerusakan pada bagian AC mobil.

Apa yang menyebabkan AC mobil ini mengeluarkan bunyi yang tidak normal ? Biasanya, bunyi-bunyian di bagian kompresor AC mobil ini disebabkan oleh beberapa hal. Maka, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dari kompresor AC mobil yang mengeluarkan suara berisik.

Ini Dia Sumber Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

Umumnya, suara-suara yang muncul dari AC mobil ini disebabkan oleh kerusakan pada bagian kompresor. Ya, kompresor AC mobil ini berfungsi untuk mengatur suhu dingin di dalam kabin. Apabila kompresor AC mobil mengeluarkan bunyi berisik.

Maka, dapat dipastikan bahwa suhu kabin mobil juga akan bermasalah. Untuk itu, ini dia beberapa penyebab kompresor AC mobil berisik, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kurangnya Oli Kompresor

Apabila Anda jarang mengganti oli kompresor dan tidak mengecek komponen pada AC mobil. Maka, bisa jadi keluarnya suara berisik tersebut disebabkan oleh hal tersebut.Untuk itu, segera ganti oli kompresor dan juga mengecek komponen pada AC mobil seperti piston hingga bearing kompresor pada saat melakukan perawatan dan perbaikan mobil Anda.

  1. Berkurangnya Fungsi Kompresi Pada Kompresor

Mengapa AC Mobil kerap mengeluarkan bunyi seperti orang ngorok ? Jawabannya adalah karena fungsi kompresi pada kompresor ini telah berkurang. Kompresi ini berguna untuk menyalurkan Freon ke kondensor AC mobil.

Salah satu ciri fungsi kompresi berkurang adalah suhu AC mobil tidak terlalu dingin saat mobil berada di kecepatan rendah. Namun suhu AC mobil kembali normal saat berada di RPM tinggi.

  1. Adanya Masalah Di Bagian Magnetic Clucth

Magnetich clutch merupakan salah satu bagian yang terdapat di area kompresor AC mobil. Magnetic clutch ini merupakan suatu komponen yang berfungsi sebagai penyambung antara mesin pendingin dengan kompresor AC mobil.

Apabila kinerja putaran magnetic clutch ini mulai berkurang, maka hal tersebut dapat menyebabkan kompresor AC mobil berbunyi hingga tidak mampu mengatur suhu dalam kabin mobil.

  1. Menumpuknya Kotoran Di Blower AC Mobil

Rata-rata, para pemilik mobil ini tidak sadar bahwa kotoran atau sampah yang ada di dalam mobil ini dapat menimbulkan sejumlah kerusakan. Salah satunya adalah menimbulkan suara berisik di bagian AC mobil.

Timbulnya suara berisik tersebut disebabkan oleh menumpuknya kotoran-kotoran di area blower AC mobil. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda harus membersihkan blower AC mobil dari debu, kotoran, maupun sampah.

  1. Adanya Kebocoran Pada Saluran AC Mobil

Dan penyebab terakhir masalah AC mobil berisik ini adalah adanya kebocoran pada saluran AC mobil. Kebocoran pada saluran AC mobil ini ditandai dengan munculnya suara berisik.

Baca Juga : Lampu Indikator Mobil Menyala Semua

Suara-suara tersebut diakibatkan oleh gesekan-gesekan pada piston kompresor mobil. Untuk mengatasi masalah kebocoran di saluran AC mobil ini, maka Anda harus membawa mobil ke bengkel terdekat.

Masalah kompresor AC mobil berisik ini bisa dikatakan sebagai masalah yang serius. Sebab, bisa jadi munculnya bunyi berisik tersebut dapat mengganggu Anda saat mengendarai mobil. Selain itu, apabila bunyi tersebut dibiarkan secara berlarut-larut juga dapat menyebabkan kerusakan di bagian kompresor. Untuk itu, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat guna melakukan servis atau penggantian kompresor AC mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!