New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mobil tersendat sendat pada rpm rendah

Mobil Tersendat Sendat Pada RPM Rendah? Ini Penyebabnya

Mobil Tersendat Sendat Pada RPM Rendah? Ini Penyebabnya – Sangat riskan memang mengendarai mobil tersendat-sendat pada RPM rendah. Sebab, masalah tersebut menandakan bahwa ada masalah pada mobil yang Anda kendarai. Oleh sebab itu, segera lakukan pengecekan awal apa yang menyebabkan tarikan mobil terasa tersendat saat berjalan pada RPM rendah.

Bisa saja tarikan mobil tersendat sendat pada rpm rendah atau “brebet” ini menjadi salah satu penanda bahwa mobil Anda mengalami masalah serius. Sehingga, Anda tidak boleh mengabaikan masalah tersebut. Untuk itu, Anda diwajibkan untuk mencari tahu penyebab utama terkait masalah mobil terasa tersendat-sendat pada RPM rendah.

Penyebab Umum Mengapa Mobil Tersendat Sendat Pada RPM Rendah

mobil tersendat sendat pada rpm rendah
mobil tersendat sendat pada rpm rendah

Masalah mobil berjalan tersendat-sendat ini memang disebabkan oleh dua faktor, yakni adanya faktor kerusakan di bagian mesin dan juga faktor kesalahan pengguna (human error). Untuk itu, inilah beberapa penyebab umum mengapa mobil yang dikendarai terasa tersendat saat berjalan di RPM rendah, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Faktor Kesalahan Pemilik Mobil

  • Kehabisan Bahan Bakar

Apabila tarikan mobil yang Anda kendarai ini terasa tersendat-sendat. Maka bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh kesalahan pengemudi. Mengapa demikian ? Sebab, pengemudi lupa tidak memperhitungkan jarak tempuh tujuan dengan sisa bensin mobil yang digunakan. Apabila bahan bakar mobil telah menipis. Maka masalah tersebut dapat berdampak pada tarikan mobil yang terasa tersendat atau “brebet”

  • Ketidaksesuaian Penggunaan Gigi Persneling

Bila tarikan mobil yang Anda gunakan ini tersendat kala dipacu pada RPM rendah, maka Anda tak perlu panik. Cek terlebih dahulu gigi persneling yang Anda gunakan.

Terkadang, pengemudi lupa untuk menggunakan gigi rendah saat mobil dipacu pada RPM rendah. Apabila Anda menggunakan gigi nomor 3 atau 4 saat mobil dipacu di RPM rendah. Maka, sudah dipastikan bahwa tarikan mobil akan terasa lebih berat.

  • Jarang Merawat Mobil

Pemilik mobil memang diwajibkan untuk melakukan perawatan, termasuk servis mobil setidaknya 1 bulan 1 kali. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah ada bagian komponen mobil yang perlu diganti. Sebab, apabila Anda jarang melakukan perawatan mobil. Maka, bisa jadi Anda mengalai mobil tersendat sendat pada RPM rendah.

Faktor Kerusakan Komponen Mobil

  • Kerusakan Pada Sistem Perapian Mobil

Selain disebabkan oleh adanya faktor human error, penyebab mobil terasa tersendat saat digunakan ini juga disebabkan oleh adanya kerusakan di bagian komponen mobil.

Salah satunya adalah kerusakan di bagian sistem perapian. Sistem perapian mesin mobil yang kerap bermasalah ini ada di bagian koil busi hingga kabel busi. Koil busi dan kabel busi ini kerap bermasalah karena adanya faktor usia penggunaan dan pengelupasan pada bagian kabel.

 Ya, koil busi ini wajib diganti setidaknya 12 hingga 18 bulan sekali. Apabila telah melebihi batas waktu, maka Anda wajib mengganti koil busi.

  • Kerusakan Di Bagian Sensor Mesin Mobil

Apabila tidak ditemukan kerusakan pada bagian sistem perapian mobil. Maka, segera cek bagian sensor mesin mobil Anda. Bisa saja masalah mobil tersendat sendat pada RPM rendah ini diakibatkan oleh adanya kerusakan di bagian sensor mesin mobil Anda.

Umumnya, kerusakan di bagian sensor mesin mobil ini terletak di sistem ECU, mass air flow, chamsaft sensor, hingga crank sensor. Apabila kerusakan pada sistem sensor mesin mobil ini tidak segera ditangani. Kemungkinan besar mesin mobil Anda dapat mengalami kerusakan yang lebih fatal.

  • Kotornya Saluran Filter Oli

Dan penyebab terakhir terkait masalah mobil tersendat sendat pada rpm rendah ini adalah kotornya saluran filter oli. Ya, filter oli ini berguna untuk menyaring kotora-kotoran agar oli mesin tidak bercampur dengan kotoran. Akan tetapi, bilaman filter ini dipenuhi kotoran dan jarang dibersihkan.

Maka, filter oli ini dapat menyebabkan tarikan mobil terasa berat atau “brebet”. Untuk itu, segera lakukan tune up dan juga membersihkan kotoran yang menempel di beberapa komponen mesin mobil.

Baca Juga : Cara Mengganti Busi Mobil

Masalah tarikan mobil tersendat sendat pada RPM rendah ini tidak boleh Anda anggap sepele. Sebab, masalah tersebut bisa saja mendanakan mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup fatal. Sebagai langkah pencegahan dan antisipasi, maka Anda dapat melakukan pengecekan dan tune up mobil secara teratur guna memastikan komponen mesin mobil dalam keadaan baik-baik saja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3695

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

2 Responses

  1. Kalau tarikan lemah di RPM bawah. Padahal mobil masih baru. Innova reborn diesel. Apa solusi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya