📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

4 Ciri Pompa Oli Mesin Mobil Rusak, Wajib Hati-hati!

4 Ciri Pompa Oli Mesin Mobil Rusak, Wajib Hati-hati

Pompa oli merupakan salah satu komponen yang sangat vital dalam menjaga kinerja mesin mobil. Pompa oli bertugas memompa oli ke seluruh bagian mesin mobil agar dapat mengurangi gesekan antara komponen mesin.

Oleh karena itu, kerusakan pada pompa oli bisa sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan mesin mobil.

Ciri Pompa Oli Mesin Mobil Rusak

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang 4 ciri pompa oli mesin mobil yang rusak. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara detail masing-masing ciri dan memberikan penjelasan tentang dampak yang bisa ditimbulkan pada mesin mobil.

Selain itu, kterdapat beberapa saran dan tips tentang apa yang harus dilakukan ketika pompa oli mengalami masalah.

Jadi, simak terus artikel ini hingga tuntas untuk memahami tentang ciri-ciri pompa oli mesin mobil yang rusak dan cara mengatasinya.

  1. Tekanan Oli Rendah

Salah satu ciri pompa oli mesin mobil yang rusak adalah tekanan oli yang rendah. Tekanan oli yang rendah dapat menyebabkan oli tidak dipompa ke seluruh bagian mesin dengan cukup tekanan.

Hal ini bisa menyebabkan gesekan yang berlebihan dan keausan pada komponen mesin mobil.

Meskipun tidak selalu berarti pompa oli yang rusak, namun tekanan oli yang rendah bisa menjadi tanda awal bahwa pompa oli sedang bermasalah.

  1. Muncul Bunyi yang Aneh

Jika Anda mendengar suara berderak atau berdecit dari bagian mesin mobil Anda, ini mungkin menunjukkan bahwa pompa oli rusak atau sedang bermasalah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Bunyi yang tidak biasa ini bisa terjadi ketika pompa oli tidak dapat mengalirkan oli dengan benar ke bagian mesin mobil.

Hal ini tentu saja tidak boleh diabaikan dan segera diatasi, sebab suara berderak dan berdecit yang dihasilkan oleh pompa oli rusak bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil secara keseluruhan.

  1. Mesin Alami Overheat

Jika mesin mobil terus-menerus mengalami masalah overheating atau kepanasan meskipun suhu udara normal, maka pompa oli mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Oli bertugas untuk mendinginkan mesin saat bergerak, jika tidak bisa disebarkan dengan baik maka mesin akan overheat.

Overheat yang terjadi terus menerus tentu saja akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil dan bisa membuat mobil Anda berhenti beroperasi secara tiba-tiba.

Baca Juga: Perkiraan Biaya Servis Mobil Yang Mengalami Overheating

  1. Kerusakan di Bagian Mesin

Jika mesin mobil Anda mengalami kerusakan pada beberapa bagian, seperti celah pada bantalan crankshaft, maka ini bisa menunjukkan bahwa pompa oli tidak berfungsi dengan baik.

Kerusakan pada mesin mobil yang disebabkan oleh pompa oli yang rusak tentu saja akan sangat merugikan Anda.

Jika tidak segera diperbaiki, kerusakan pada mesin mobil akan semakin parah dan biaya perbaikan pun akan semakin tinggi.

Lakukan Perbaikan dan Ganti Oli Mobil secara Berkala dan Maksimal di Dokter Mobil

Jangan anggap sepele jika pompa oli mesin mobil mengalami masalah. Jika Anda menemukan salah satu ciri-ciri pompa oli mesin mobil yang rusak seperti yang telah dijelaskan di atas, segera bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Perbaikan pompa oli tentu saja akan menghindarkan Anda dari biaya perbaikan yang lebih tinggi dan kerugian yang lebih besar di masa depan.

Selain perbaikan, Anda juga perlu melakukan pergantian oli dengan cara yang lebih maksimal.

Pergantian oli yang dilakukan dengan cara yang maksimal bisa memperpanjang usia pompa oli dan menjaga kinerja mesin mobil tetap optimal.

Salah satu cara untuk melakukan pergantian oli yang maksimal adalah dengan melakukan layanan Cuci Darah di Dokter Mobil.

Penutup

Memahami ciri pompa oli mesin mobil rusak adalah penting bagi pengemudi mobil. Jika Anda mengalami salah satu ciri-ciri tersebut, segera bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Selain itu, melakukan pergantian oli dengan cara yang maksimal melalui layanan cuci darah di Dokter Mobil juga sangat penting untuk menjaga kinerja pompa oli dan mesin mobil secara keseluruhan.

Jangan biarkan pompa oli rusak merusak mesin mobil Anda, segera lakukan tindakan yang diperlukan dan jaga mobil Anda tetap dalam kondisi prima.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!