📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ternyata Ini Efek Buruk Mobil Diesel Diisi Pertamax

Ternyata Ini Efek Buruk Mobil Diesel Diisi Pertamax

Jika mobil diesel diisi pertamax, apakah akan menimbulkan efek yang berbahaya?

Pemilik mobil diesel sering kali dibuat bingung ketika mereka melihat pilihan bensin beroktan tinggi, seperti Pertamax, di pom bensin.

Apakah aman untuk mengisi mobil diesel dengan Pertamax?

Artikel ini akan membahas dengan jelas dan informatif mengenai dampak buruk mobil diesel jika diisi Pertamax.

Dampak Buruk Mobil Diesel Diisi Pertamax

Bisa akibatkan efek yang tak diinginkan, ini beberapa dampak buruk mobil diesel diisi pertamax:

  1. Mesin Tidak Menyala dengan Baik

Salah satu dampak buruk yang mungkin Anda hadapi jika mengisi mobil diesel dengan Pertamax adalah mesin mobil tidak menyala dengan baik.

Ini disebabkan oleh perbedaan mendasar dalam cara kerja mesin diesel dan mesin bensin.

Mesin diesel bekerja dengan prinsip kompresi udara yang tinggi untuk menciptakan suhu tinggi yang diperlukan untuk pembakaran solar.

Bensin, seperti yang terdapat dalam Pertamax, memiliki titik auto ignition yang tinggi, yang berarti memerlukan pengapian eksternal, seperti busi pada mesin bensin, untuk mulai terbakar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ketika bensin diisi ke dalam mesin diesel, pengapian tidak terjadi dengan baik karena tidak ada spark plug yang menghasilkan percikan api yang diperlukan.

Akibatnya, mesin diesel cenderung kesulitan menyala, terutama pada suhu rendah.

Hal ini dapat mengakibatkan masalah start-up yang serius dan merugikan.

Selain itu, penggunaan Pertamax pada mesin diesel dapat menyebabkan penurunan efisiensi pembakaran.

Mesin diesel dirancang untuk menggunakan solar, yang memiliki karakteristik pembakaran yang berbeda dibandingkan dengan bensin.

Ketika bensin diisi ke dalam mesin diesel, pembakaran tidak akan sempurna karena perbedaan karakteristik ini.

Ini berarti sebagian besar bensin tidak akan terbakar sepenuhnya, menghasilkan gas buang yang lebih kotor dan merugikan.

Pembakaran yang tidak sempurna ini dapat menyebabkan penurunan performa mesin, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, dan peningkatan emisi polutan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik mobil diesel untuk memahami perbedaan bahan bakar dan mesin agar tidak mengisi dengan bensin beroktan tinggi seperti Pertamax.

  1. Kerusakan Komponen Mesin

Kesalahan dalam pengisian bahan bakar dapat merusak komponen vital pada mobil diesel Anda.

Misalnya, solar memiliki sifat pelumas yang penting untuk melindungi komponen mesin dari keausan.

Ketika mobil diesel diisi pertamax, sifat pelumas ini tidak terpenuhi dengan baik.

Akibatnya, komponen mesin seperti injektor bahan bakar, pompa bahan bakar, dan komponen lainnya dapat mengalami keausan yang lebih cepat.

Kerusakan komponen ini dapat menjadi mahal untuk diperbaiki dan dapat mengganggu kinerja kendaraan Anda secara keseluruhan.

Selain itu, jika mesin diesel terus-menerus diisi dengan bensin, kerusakan ini dapat menjadi lebih serius dan merusak mesin secara permanen.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengisi mobil diesel Anda dengan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi produsen untuk menjaga komponen mesin dalam kondisi baik.

Baca Juga: Jenis-jenis Warna BBM dari Pertamina, Biar Tak Salah Beli!

  1. Perjalanan Tidak Mulus

Tekanan kompresi yang berbeda pada mesin diesel juga dapat memengaruhi kenyamanan perjalanan Anda.

Mesin diesel dirancang untuk bekerja dengan tekanan kompresi yang tinggi, sementara mesin bensin memiliki tekanan kompresi yang lebih rendah.

Ketika bensin diisi ke dalam mesin diesel, perbedaan tekanan ini dapat mengakibatkan perjalanan yang tidak mulus.

Anda mungkin merasakan getaran yang lebih besar dan suara mesin yang tidak biasa saat menggunakan Pertamax.

Hal ini dapat mengganggu kenyamanan berkendara Anda dan membuat perjalanan menjadi kurang menyenangkan.

Selain itu, ketidaksesuaian antara mesin diesel dan bensin juga dapat mengakibatkan ketidakstabilan dalam kinerja kendaraan, terutama pada kecepatan tinggi atau saat menanjak.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan Anda untuk menjaga kenyamanan berkendara dan performa yang optimal.

  1. Pembakaran Tidak Sempurna dan BBM Boros

Jika mobil diesel diisi Pertamax, mesin diesel akan menghadapi tantangan lebih lanjut.

Bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah mengharuskan sensor dalam mesin untuk memundurkan waktu pengapian agar pembakaran berjalan lebih lambat dan terkontrol.

Namun, ketika pengapian dimundurkan, ini menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna.

Efeknya adalah tarikan mobil menjadi berat, performa mesin menurun, dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna juga dapat meningkatkan emisi polutan, yang berpotensi merugikan lingkungan.

  1. Knocking atau Suara Mesin Ngelitik

Jika mobil diesel diisi Pertamax atau bensin beroktan tinggi lainnya, Anda mungkin akan mendengar suara ngelitik dari mesin, yang dikenal sebagai knocking.

Suara ini adalah indikasi bahwa mesin tidak bekerja dengan baik dan dapat merusak komponen internal.

Ketika knocking terjadi, tekanan dan suhu dalam ruang bakar menjadi tidak terkendali, yang dapat menyebabkan kerusakan pada piston, klep, dan komponen lainnya.

Knocking juga dapat mengakibatkan kerusakan yang mahal untuk diperbaiki dan bahkan dapat membuat mesin rusak secara permanen jika dibiarkan tanpa perbaikan.

Oleh karena itu, penting untuk tidak mengisi mesin diesel dengan bensin beroktan tinggi untuk menghindari knocking dan potensi kerusakan serius pada mesin.

  1. Mesin Mati

Salah satu masalah terburuk yang dapat terjadi jika mobil diesel diisi pertamax adalah mesin mobil bisa mati.

Ketika mesin diesel diisi dengan bensin, sistem bahan bakar tidak berfungsi dengan baik karena perbedaan karakteristik bahan bakar.

Ini dapat mengakibatkan mesin mati secara tiba-tiba, yang dapat terjadi di tengah perjalanan dan sangat mengganggu.

Ketika mesin mati, Anda mungkin harus memanggil bantuan darurat dan mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Selain itu, jika mobil diesel diisi pertamax, kerusakan yang lebih serius dapat terjadi pada sistem bahan bakar dan mesin secara keseluruhan.

Atasi Masalah Mobil Diesel Diisi Pertamax dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil

Saat muncul masalah akibat mobil diesel diisi Pertamax, pastikan segera matikan mesin mobil Anda untuk menghindari bensin masuk ke dalam sistem mesin.

Di bengkel, mintalah bantuan dari seorang mekanik untuk mengosongkan tangki bahan bakar dan pompa bahan bakar mobil Anda.

Proses ini memerlukan pengetahuan teknis dan peralatan khusus, oleh karena itu, sebaiknya dijalankan oleh tenaga profesional.

Salah satu bengkel dengan layanan service yang bisa Anda tuju adalah tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Tune Up Jet Clean - Service Tune Up Mobil di Dokter

Tune up Jet Clean Dokter Mobil akan membersihkan seluruh komponen yang terhubung dengan proses pembakaran di ruang mesin mobil, mulai dari tangki bahan bakar hingga catalytic converter.

Sehingga seluruh komponen mesin ini akan bebas dari kerak karbon, kotoran, hingga cairan yang tak seharusnya masuk ke dalam bagian mesin, termasuk Pertamax di mesin diesel.

Setelah sistem bahan bakar sudah dikuras dan dibersihkan melalui tune up Jet Clean Dokter Mobil, isi kembali dengan solar.

Untuk itu, pastikan segera bawa mobil diesel diisi Pertamax ini dengan langsung bawa ke bengkel tune up mobil terdekatDokter Mobil untuk dapatkan service tune up Jet Clean.

Anda bisa langsung hubungi dan kunjungi beberapa cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk dapatkan tune up Jet Clean di sini:

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!