📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Hati-hati! Ini Efek Buruk Oli Mesin Mobil Kemasukan Air

Hati-hati! Ini Efek Buruk Oli Mesin Mobil Kemasukan Air

Oli mesin adalah komponen yang sangat penting bagi kinerja mobil. Oli ini berfungsi untuk melumasi mesin dan mencegah gesekan yang bisa merusak komponen mesin.

Namun, ada satu masalah yang mungkin pernah Anda alami atau sedang Anda alami saat ini yaitu oli mesin mobil kemasukan air.

Ini adalah masalah serius yang harus segera diatasi karena jika dibiarkan, dapat menyebabkan kerusakan mesin yang sangat serius.

Lalu, apa efek buruk dari oli mesin mobil kemasukan air? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah penjelasannya.

Efek Buruk Oli Mesin Mobil Kemasukan Air

Meski terlihat sepele, nyata oli mesin mobil kemasukan air bisa berefek buruk pada mesin mobil, lho. Berikut adalah dampak-dampak buruk yang ditimbulkan akibat oli mesin mobil kemasukan air:

  1. Kerusakan pada Mesin Mobil

Kemasukan air ke dalam oli mesin dapat menyebabkan korosi pada komponen mesin. Korosi ini bisa terjadi pada bagian-bagian mesin yang sensitif seperti piston, crankshaft, dan bearing.

Hal ini disebabkan oleh kehadiran air yang dapat menimbulkan reaksi kimia dengan komponen logam pada mesin mobil.

Jika korosi telah terjadi pada mesin mobil, maka bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal.

Kerusakan pada mesin mobil ini bisa terjadi pada berbagai jenis mobil, seperti mobil bensin, diesel, atau mesin hybrid.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Menurunkan Efektivitas Oli Mesin

Air yang masuk ke dalam oli mesin juga dapat menyebabkan penurunan kualitas oli. Ini karena air dapat mempercepat proses oksidasi oli, sehingga kualitasnya menurun dan akhirnya tidak mampu melumasi mesin dengan baik.

Oksidasi oli ini terjadi karena keberadaan air dalam oli membuat proses pengoksidasiannya semakin cepat.

Kondisi oli yang tidak efektif ini dapat menyebabkan mesin mobil menjadi lebih sulit bergerak dan membuat mesin lebih cepat aus.

Hal ini bisa menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan kinerja mesin yang tidak optimal. Meskipun kinerja mesin masih dapat berjalan, namun terdapat ketidaknyamanan saat mengemudi.

  1. Menyebabkan Overheat pada Mesin

Oli yang tercampur dengan air akan menyebabkan mesin mobil overheat. Ini karena campuran air dan oli yang tidak seimbang tidak mampu menjaga suhu mesin dengan baik.

Ketika suhu mesin meningkat, maka bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil, seperti korosi dan overheat.

Overheat yang terjadi pada mesin mobil dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti kerusakan pada head gasket dan terjadinya kebocoran.

Kondisi ini bisa menyebabkan mobil mengalami kerusakan yang lebih serius dan memerlukan biaya perbaikan yang besar.

  1. Penurunan Performa Mobil

Kemasukan air ke dalam oli mesin juga dapat menyebabkan penurunan performa mobil. Ini disebabkan karena kualitas oli yang menurun akibat campuran air, yang akhirnya tidak mampu memberikan pelumasan yang optimal pada mesin. Ketika pelumasan tidak optimal, maka kinerja mesin mobil juga akan menurun.

Penurunan performa mobil ini bisa terlihat dari berbagai aspek, seperti tenaga mesin yang menurun, akselerasi yang lebih lambat, konsumsi bahan bakar yang meningkat, dan suara mesin yang tidak normal.

Hal ini akan membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat mengemudi mobil.

Baca Juga: Tips Perawatan Berkala Agar Performa Mesin Mobil Terjaga

Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Kemasukan Air

Berdampak buruk pada kondisi mobil, oli mesin mobil kemasukan air jelas harus segera ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat agar efek buruknya tak segera timbul pada mobil.

Berikut adalah cara mengatasi oli mesin mobil kemasukan air:

  1. Cek Kondisi Mesin

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi oli mesin mobil kemasukan air adalah dengan memeriksa kondisi mesin.

Pastikan mesin dalam keadaan mati dan dingin sebelum dilakukan pengecekan. Kemudian, periksa level oli mesin dengan menggunakan dipstick.

Jika terlihat seperti susu, warna oli yang berubah, atau adanya kotoran putih yang menempel pada stick.

Maka bisa jadi oli Anda telah terkontaminasi oleh air. Jangan menghidupkan mesin mobil jika terdapat indikasi oli mesin kemasukan air, karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

  1. Ganti Oli Mesin dengan Cara Maksimal

Jika Anda menemukan bahwa oli mesin mobil Anda telah terkontaminasi oleh air, maka langkah selanjutnya adalah mengganti oli mesin.

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa oli mesin mobil sudah bersih dan bebas dari kontaminasi air.

Oli mesin mobil kemasukan air merupakan masalah yang serius dan harus segera diatasi. Kemasukan air ke dalam oli mesin dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil, menurunkan efektivitas oli mesin, menyebabkan overheat pada mesin, dan menyebabkan penurunan performa mobil.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memeriksa kondisi mesin serta ganti oli mesin secara maksimal dengan layanan Cuci Darah di Dokter Mobil sebagai alternatif terbaik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form