📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Waspadai! Inilah 5 Pertanda Freon AC Mobil Berkurang

Waspadai! Inilah 5 Pertanda Freon AC Mobil Berkurang

Freon AC mobil berkurang – Saat ini mungkin sebagian dari mobil telah menerapkan AC atau pendingin kabin mobil. Udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC ini tentu akan membuat perjalanan mobil Anda lebih menyenangkan. AC atau Air Conditioner ini adalah salah satu perangkat elektronik yang keberadaannya cukup penting, terlebih ketika cuaca ataupun temperatur udara terlalu panas didalam ruangan. Dengan menggunakan AC bahkan panas yang ada dari jalanan sama sekali tidak akan terasa dari dalam kabin mobil.

Udara dingin dan sejuk yang dikeluarkan oleh AC memang membuat ruangan kabin mobil menjadi cepat sejuk, namun kondisi ini hanya muncul ketika ada pada kondisi normal, artinya tidak ada kerusakan atau perangkat yang terganggu dari dalam kabin. Beda lagi jika memang kinerja mobil tidak lagi maksimal, tentu ini akan mengganggu  Anda  dan keluarga dari kerusakan AC mobil ini.  Simak beberapa penanda Freon AC mobil berkurang.

Kenali Freon AC Mobil Berkurang

Freon menjadi salah satu penyebab daripada Freon AC atau pendingin kabin mobil dari indikator AC dingin dengan wujud berupa gas yang memiliki suhu 0 derajat celcius. Freon mobil ini tahan terhadap radiasi panas yang dimiliki oleh mobil. Beberapa jenis Freon mobil ini seperti R12, R22, atau R134a, dengan masing masing memiliki keunggulannya sendiri sendiri. Kondisi fron akan mempengaruhi hasil udara yang dikeluarkan oleh AC dalam mendinginkan kabin mobil.

Tentu, jika AC  dalam keadaan maksimal akan dengan mudah udara sejuk di dalamnya keluar. Namun berbeda lagi jika dalam keadaan kurang maksimal pastinya membuat penumpang tidak betah di dalam kabin dengan suhu panas atau lembab, belum lagi bau tidak sedap yang dihasilkan.

Ini dapat menjadi salah satu penyebab  dari kerusakan Freon AC yang berkurang dan menjadi habis lebih cepat padahal tidak mengalami kebocoran. Untuk itu perlu beberapa cara mengatasi Freon AC berkurang dengan memperhatikan beberapa cara.

Penyebab Freon AC Mobil Berkurang

Dalam penjelasan sebelumnya memang terlihat jika memang beberapa kondisi akan menyebabkan Freon dalam AC mobil ini habis namun tidak bocor. Tentunya kerusakan Freon AC mobil berkurang ini membuat kondisi yang tidak nyaman dalam berkendara nantinya. Jadi apa penyebabnya? Berikut beberapa penyebab dari Freon AC mobil berkurang bahkan sampai habis.

1. Terdapat Lubang di dalamnya

Penyebab pertama dari Freon AC mobil berkurang hingga habis ini dilihat dari adanya beberapa lubang di dalam saluran atau komponen pendukungnya. Lubang ini dapat berasal dari lubang kecil dalam saluran pipa, bagian sil karet, atau bahkan pada bagian evaporator. Seorang pengemudi perlu memperhatikan beberapa komponen ini untuk memperlihatkan kerusakan penyebab Freon AC berkurang.

Dengan kata lain, ketika terjadi lubang dalam beberapa komponen penting Freon mobil akan menimbulkan kebocoran didalamnya. Padahal bentuk dan jenis Freon AC adalah berwujud minyak seperti oli. Sehingga untuk menjadi menguap pastinya akan jarang atau kecil kemungkinan akan terjadinya.

Namun dengan adanya lubang, ini dapat dipastikan menjadi penyebab cairan dalam Freon AC mobil berkurang, sehingga perlu dilakukan beberapa kali pengecekan untuk mengatasi hal ini sekaligus menjadi antisipasi dini.

BACA JUGA: Kenali Seputar Katup Ekspansi AC Mobil Bermasalah

2. Kualitas Kerja Freon Ikut Berkurang

Hal lain yang menjadi penyebab dalam Freon AC mobil berkurang adalah dari adanya penurunan kemampuan Freon di luar standar normalnya. Semua komponen dalam mobil memang memiliki waktu massa penggunaanya masing-masing, begitu pula dengan Freon AC ini. Memang penggantian Freon AC dilakukan rutin dengan setiap 6 bulan sekali jika tidak terjadi kebocoran, jika kurang dari waktu standar maka lebih baik dibawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Kemampuan kerja Freon AC juga dapat berkurang, namun jika penurunan ini berimbas pada kondisi AC yang menurun dan tidak bisa memberikan udara sejuk sebagaimana umumnya. Kondisi ini mungkin dapat menjadi penanda dari kebocoran yang menyebabkan Freon AC mobil berkurang. Anda dapat segera melakukan penggantian Freon atau menguras Freon mobil dengan jarak waktu rutin setiap 6 bulan sekali. Ini menjadi waktu normal untuk melakukan perawatan dari Freon AC mobil berkurang dan mengatasi segala masalah dari Freon ini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

3. Tekanan AC seketika Menguat

Penyebab selanjutnya yang menjadi Freon AC berkurang adalah dengan terjadinya sistem tekanan AC pendingin kabin mobil terlalu kuat sehingga memicu kompresor menjadi lebih panas. Ini yang kemudian menjadikan oli kompresor didalamnya terisi terlalu banyak. Freon yang berbentuk minyak akan sedikit banyak terganggu dengan adanya kondisi ini. Imbasnya, didalamnya ada proses kondensasi ataupun pendinginan yang menjadi penghambat daripada AC atau pendingin tidak bisa mengeluarkan udara sejuk keluar mobil ini

Tekanan yang menguat ini pastinya juga akan menjadi pertanda daripada Freon AC mobil berkurang, untuk itu sebagai pemilik mobil cermat mengenali setiap perubahan daripada AC dengan mengenali penyebab beberapa AC ini menguat. Karena tidak menutup kemungkinan ini akan menjadi pertanda Freon AC berkurang atau menjadi habis dengan tiba-tiba.

4. Saluran Pembuangan Mampet

Selanjutnya dengan adanya Freon AC mobil berkurang akan ditandai dengan saluran pembuangan air AC yang mampet. Umumnya kondisi ini dikarenakan pada adanya kotoran yang menumpuk di dalamnya. Tentu dengan salurang yang tersendat akan membuat pembuangan air AC tidak lancar. Kotoran ini dapat menumpuk dan menghalangi air AC yang akan terbuang, akibatnya penyumbatan sejumlah saluran dan memicu kotoran lanjutan, dan pastinya akan menghalangi AC mengeluarkan udara dinginnya.

Untuk kondisi ini dapat diatasi dengan melakukan pengecekan pada semua komponen AC mobil, Freon, kompresor, ataupun lainnya. Menemukan penyebab tersumbatnya AC akan memudahkan dari air pembuangan akan dikeluarkan dengan lebih lancar. Tentu ini akan menjadi salah satu penyebab paling sering terjadi, terlebih untuk beberapa mobil yang telah lama tidak dilakukan service AC mobil.

5. Terdapat Kebocoran Area Evaporator

Sebagai pengguna kendaraan beroda 4 pastinya tidak asing dengan yang dinamakan oleh evaporator. Evaporator ini menjadi salah satu komponen AC yang cukup penting dalam AC. Evaporator berfungsi sebagai penyerap udara panas didalam mobil kemudian mengubahnya menjadi udara sejuk. Penggunaan komponen ini akan selalu berkaitan dengan Freon AC. Karena udara dingin akan dikeluarkan oleh Freon AC  ini.

Pada Area Evaporator ini lebih tepatnya unit indoor, dengan rentan mengalami pembocorannya. Beberapa penyebab dari kerusakan pada evaporator dan berakibat pada Freon AC mobil berkurang karena kebocoran adalah dari mesin yang berkarat dan sudah lama tidak dilakukan penggantian. Usia komponen yang terlalu lama akan membuat kinerjanya tidak lagi optimal, sehingga tidak dapat berfungsi dengan optimal, hanya dapat dilakukan pengelasan di area bocor atau rusak.

Cara Mengatasi Freon AC Mobil Berkurang

Tidak hanya menjelaskan penyebab dari Freon AC mobil berkurang, Anda juga penting untuk melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi Freon AC berkurang. Sebab Freon AC yang habis atau bocor akan menimbulkan kerusakan pada komponen AC, bahkan dengan membahayakan alat pernapasan pengemudi. Cara untuk mengatasi Freon AC mobil berkurang adalah dengan menyelidiki penyebab dari Freon yang berkurang ataupun habis, melakukan penggantian komponen, melakukan isi ulang Freon, dan memperhatikan beberapa komponen pendukung dari kinerja Freon.

Demikian beberapa penjelasan mengenai penyebab dan penanggulangan Freon AC berkurang, sebagai pemilik mobil pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi mobil Anda, karena tidak sedikit penyebab kerusakan mobil dari kelalaian pemiliknya.

Agar AC mobil anda tidak mengalami kerusakan atau bocor dan masalah AC mobil lainnya, sangat disarankan untuk melakukan perawatan AC ke bengkel mobil yang sudah terpercaya untuk menangani permasalahan AC mobil seperti Dokter Mobil Narogong dan cabang lainnya. Tenang! Untuk mendapatkan layanan perawatan mobil terbaik dan menjaga AC anda tetap dingin, silahkan hubungi customer service Dokter Mobil Narogong dan cabang lainnya melalui WhatsApp (klik di sini) atau isi formulir (klik di sini) untuk melakukan reservasi atau janji dengan cabang Dokter Mobil terdekat.

Sebagai bengkel AC mobil terbaik dan terpercaya di Indonesia, Dokter Mobil Narogong dan cabang lainnya dipenuhi oleh mekanik-mekanik dengan kemampuan terbaik dan propersional. Selain itu, layanan perawatan AC mobil dari Dokter Mobil Narogong dan cabang lainnya juga didukung dengan adanya peralatan serta perlengkapan modern. Sehingga anda tidak perlu khawatir, karena dijamin semua perawatan atau penyelesaian masalah AC mobil apapun pasti beres!

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Perbedaan Oli Palsu dan Oli Asli

7 Perbedaan Oli Palsu dan Oli Asli

Ingin tahu perbedaan oli palsu dan oli asli? Baca artikel ini untuk mendapatkan panduan lengkap tentang ciri-ciri oli palsu dan tips untuk menghindarinya. Oli adalah

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form