New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Intip 5 Penyebab Mobil Tidak Ada Tenaga, Segera Lakukan Ini

Intip 5 Penyebab Mobil Tidak Ada Tenaga, Segera Lakukan Ini

Berkendara melewati lika liku terjal jalanan dibutuhkan tenaga ekstra. Sangat lucu bukan jika mobil loyo hingga menjadi mundur kebelakang? Alhasil momen berkendara menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, sangat diperlukan performa mobil yang optimal untuk menghadapi medan terjang jalanan. Salah satunya dengan melakukan perawatan servis bengkel. Namun tidak jarang masih banyak pemilik kendaraan yang enggan melakukan hal tersebut selama mobilnya masih dalam kondisi baik-baik saja. Jika dibiarkan secara terus menerus, bisa mengakibatkan kerusakan merembet. Ini penyebab mobil tidak ada tenaga yang harus anda ketahui, selengkapnya simak dibawah ini;

1. Pasokan Udara Berkurang

Penyebab pertama yakni pasokan udara berkurang pada mesin. Jika anda berpergian ke pegunungan, sebenarnya tidaklah terlalu masalah sebab udara pegunungan memiliki efek sangat bagus untuk mesin mobil. Namun alangkah baiknya tetap harus waspada, bisa saja terdapat masalah pada sektor induction system. Ini sebabnya !

Udara yang hilang dapat disebabkan oleh filter udara pada mesin mobil mengalami masalah seperti kondisinya yang kotor. Selain itu, pada mobil berjenis teknologi EFI dan DBW juga dapat membuat thortle body tersumbat.

Jika hal ini dipaksa mengemudi menanjak, bisa saja power seketika menurun hingga sangat beresiko mogok. Sangat berbahaya bukan?

Solusinya dengan membersihkan filter udara secara menyeluruh agar terbebas dari kerak menumpuk. Jika filter udara sudah dalam kondisi meprihatinkan tampak warna gelap, maka jangan berfikir panjang untuk segera mengganti komponen tersebut.

2. Kotoran Menumpuk dalam Saluran Bahan Bakar

Saluran pembakaran dapat menjadi faktor penyebab mobil kurang bertenaga. Hal ini disebabkan kotoran menumpuk jarang dibersihkan sehingga kinerja pembakaran mesin menjadi terganggu.

Tahukah anda? Saluran pembakaran pada mesin terbagi menjaid dua, yakni injektor dan tangki bahan bakar. Bila kotoran masuk pada ruang injeksi, maka mobil dapat mati mendadak sebab kotoran inilah yang menyumbat pembakaran.

Oleh sebab itu, solusinya ialah melakukan servis tune up di bengkel langganan anda dengan memastikan semua sistem saluran pembakaran bersih termasuk filter bensin.

3. Kampas Kopling Habis

Umumnya, masih banyak pengguna mobil yang menggunkan setengah kopling ketika sedang menanjak. Justru hal ini dapat membuat kampas cepat aus. Gejala ini ditandai dengan sulitnya memindahkan gigi transmisi. Penyebabnya ialah terjadinya pergesekan antara plat kopling dengan preassure plat.

Solusinya dengan mengganti kampas baru agar berkendara menjadi nyaman.

Baca Juga : 5 Persiapan Mudik Ketika Bawa Mobil Pribadi yang Wajib Dilakukan

4. Tapak Ban Terlalu Lebar

Jangan salah, ban juga dapat menajdi pemicu mobil kurang bertenaga ketika menanjak. Hal ini dikarenakan tapak ban terlalu lebar sehibgga otomatis membutuhkan daya ekstra untuk menanjak.

Solusinya ialah segera beralih menggunakan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan atau mekanik.

5. Beban pada Mobil terlalu berlebihan

Terakhir ialah beban yang dibawa oleh pengguna dalam bagasi. Biasanya dialami oleh segmen low MPV ataupun jenis LCGC. Pemilik membawa kapasitas melebihi ukuran maksimum yakni diatas 1.0 l sampai 1.5 l saja.

Solusinya dengan membawa barang secukupnya sesuai rekomendasi buku panduan pengguna terlebih ketika berdestinasi ke penggunungan.

Demikian ulasan mengenai penyebab mobil tidak ada tenaga. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan. Jangan lupa bawa ke bengkel servis terdekat agar dapat dilakukan penanganan menyeluruh agar mobil performa kembali. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!