New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Berbagai Jenis Filter Oli dan Bagaimana Cara Kerja Mereka

Jenis Filter Oli dan Cara Kerja Mereka ?- Perlu diketahui bahwa oli Mesin adalah sumber kehidupan dari mesin di mobil atau truk. Tapi sebagai oli yang melalui mesin, itu mengambil sejumlah kontaminan (dalam hal sederhana, kotoran). kotoran yang jelas dapat merusak mesin Anda. Dan dari waktu ke waktu, kotoran dapat membawa mesin menuju kerusakan.

Jenis Filter Oli dan Cara Kerja

jenis filter oli dan cara kerja

mesin pembakaran internal awal tidak menggunakan filter oli dan, ditambah dengan rendahnya kualitas oli yang tersedia pada saat itu, kendaraan diperlukan perubahan oli sering. Akhirnya, penuh aliran sistem penyaringan oli pertama dikembangkan. Pada dasarnya, pengaturan ini memungkinkan untuk oli mengalir melalui filter sebelum mencapai komponen bekerja kritis di dalam mesin.

Sejauh ini cukup baik, tapi ada (dan masih) peringatan besar: Sebagian besar sistem pelumasan bertekanan ditemukan di mesin pembakaran internal menggabungkan beberapa bentuk filter by-pass untuk melindungi mesin dari kehausan dalam keadaan tertentu. Sebuah contoh yang baik adalah cuaca yang sangat dingin. Dalam situasi ini, jika oli yang terlalu tebal, itu diperbolehkan untuk melewati filter. Oli juga dapat melewati filter ketika filter terpasang. Karena peristiwa ini, oli kadang-kadang tidak disaring, bahkan ketika mesin dilengkapi dengan full-aliran filter oli.

Dalam kerjanya, oli memasuki filter oli melalui serangkaian lubang kecil di tepi luar dari dasar flange. Oli tersebut kemudian diarahkan melalui filter, akhirnya membuat jalan keluar ke dalam mesin melalui pusat lubang besar. Kebanyakan filter oli modern dilengkapi dengan katup anti-drainback. Hal ini sering beberapa bentuk membran karet yang menutupi lubang perimeter di dasar flange. membran dipaksa samping oli memasuki kasus filter. Ketika mesin tidak berjalan, membran karet meliputi lubang. Jelas, katup anti-drainback mempertahankan oli dalam filter. Pada gilirannya, mereka mencegah mesin mulai kering (ketika mesin dimulai tanpa oli).

Desain Awal Filter Oli

Filter desain oli awal didasarkan pada elemen diganti dipasang di dalam perumahan logam. Ketika mengubah filter, satu dihapus perumahan, dibuang elemen, dibersihkan perumahan, menambahkan filter baru dan re-instal perakitan untuk mesin. Pada pertengahan abad ke-20, berputar-on filter mendapatkan popularitas. Di sini, elemen filter dan cartridge mandiri. Anda hanya menghapus karya, membuangnya, dan sekrup pada filter baru selama proses oli perubahan. Hari ini, sudah ada langkah kembali ke desain filter oli sebelumnya. Dalam sistem ini, oli disaring melalui unsur yang terkandung dalam perumahan yang terpisah, karena elemen filter diganti mungkin lebih sadar lingkungan dari spin-on filter. Perlu diingat bahwa kendaraan bermotor saat ini membutuhkan perubahan oli jauh lebih sedikit daripada yang tadi.

Jenis Filter Oli Saat Ini

Ada banyak jenis filter oli yang tersedia saat ini, dan ada kemungkinan jumlah sama besar dari tes di mana berbagai filter dipotong terpisah dan didiagnosis. Yang benar adalah, semua filter oli tidak diciptakan sama. Intinya: Anda biasanya mendapatkan apa yang Anda bayar.

Tapi apakah ada perbedaan nyata antara filter standar, filter kinerja tinggi, filter ras dan filter sintetis? Benar.

Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan misi kendaraan bermotor. Kasus-in-point adalah mobil balap. Berikut adalah sesuatu yang jarang akan, jika pernah, mengalami start dingin (dalam banyak kasus, oli dipanaskan sebelum awal). Oli sering berubah, hanya karena mesin diperiksa dan secara teratur dibongkar. Oli di mesin mobil balap dulunya jauh lebih tebal daripada yang ditemukan di mobil penumpang, tapi hari ini justru sebaliknya. Pembalap telah menemukan manfaat dari oli ringan.

Tanpa pergi ke detail, itu tidak jarang untuk menemukan mesin balap diisi dengan oli ringan seperti nol kelas. filter balap direkayasa untuk bekerja dengan oli mereka. Beberapa filter ras tidak dilengkapi dengan katup drainback.

Kertas atau Plastik?

Beberapa filter yang direkayasa dengan media filter sintetis (bukan media yang berbasis kertas lipit). Media sintetis dikatakan mampu menjebak kontaminan kecil selama periode waktu yang lebih lama (mil lebih tinggi). Selain itu, beberapa filter sintetis termasuk campuran khusus dari karet untuk gasket dan katup drainback. Tujuan? Seperti media filter, mereka dirancang untuk bertahan lebih lama. Akhirnya, beberapa filter sintetis benar-benar memiliki lebih besar (biasanya lebih lama) tubuh dari filter konvensional, yang berarti mereka memiliki kapasitas yang lebih. Karena faktor ini, beberapa filter oli sintetis memiliki kehidupan pelayanan mana saja dari 7.000 menjadi 25.000 mil.

Nah, itulah ulasan terkait jenis filter oli dan cara kerja. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 412

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!