📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Waduh! Bahayanya Mengabaikan Kampas Rem Mobil Kamu

kampas rem mobil

Kampas rem mobil adalah salah satu komponen kritis dalam sistem pengereman yang memainkan peran penting dalam keamanan berkendara Kamu

Kampas Rem Mobil

Sebagai pengguna mobil, penting bagi Kamu untuk memahami fungsi, perawatan, dan tanda-tanda jika kampas rem membutuhkan penggantian.

Apa yang Terjadi Jika Kampas Rem Mobil Habis

Kampas rem adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan gesekan dengan cakram atau drum rem, sehingga memperlambat atau menghentikan gerakan roda.

Jika kampas rem habis, berikut beberapa hal yang bisa terjadi:

  1. Pengereman Tidak Efektif

Kampas rem yang habis akan mengurangi kemampuan pengereman mobil. Ini bisa menyebabkan jarak pengereman yang lebih panjang dan waktu respons yang lebih lambat saat menginjak pedal rem.

  1. Overheating

Ketika kampas rem habis, gesekan langsung terjadi antara cakram atau drum rem dengan bagian logam lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan panas berlebih (overheating) pada komponen-komponen pengereman, seperti cakram atau drum. Overheating ini dapat merusak komponen dan mengurangi efisiensi pengereman.

  1. Kerusakan pada Cakram atau Drum Rem

Gesekan langsung antara cakram atau drum rem dengan komponen logam lainnya dapat merusak permukaan cakram atau drum.

Ini bisa mengakibatkan permukaan menjadi tidak rata dan tidak lagi efektif dalam melakukan pengereman.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Bahaya Keselamatan

Pengereman yang tidak efektif dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Jarak pengereman yang lebih panjang membuat mobil sulit dihentikan dalam situasi darurat atau saat menghadapi lalu lintas yang padat.

  1. Biaya Perbaikan Lebih Besar

Jika kampas rem habis dan mengakibatkan kerusakan pada komponen lain seperti cakram atau drum rem, biaya perbaikan akan menjadi lebih mahal daripada mengganti kampas rem secara rutin.

Baca Juga: 5 Tanda Kampas Rem Kopling Mobil Habis dan Solusinya

Tanda-tanda Ganti Kampas Rem

Mengetahui kapan harus mengganti kampas rem sangat penting.

Gejala seperti suara berdecit saat mengerem, jarak pengereman yang lebih panjang, atau lampu indikator pengereman menyala adalah tanda-tanda perlu penggantian.

Dokter Mobil merekomendasikan mengganti kampas rem setiap 20.000 hingga 50.000 kilometer tergantung pada gaya berkendara dan kondisi jalan.

Umur Pakai Kampas Rem

Umur pakai kampas rem bervariasi. Penggunaan normal dapat membuatnya bertahan antara 30.000 hingga 70.000 kilometer.

Namun, faktor seperti kebiasaan berkendara, lingkungan jalan, dan kualitas kampas rem juga berpengaruh. Periksa secara teratur dan ganti jika diperlukan agar sistem pengereman tetap optimal.

Peran Penting Kampas Rem dalam Pengereman

Kampas rem mobil berfungsi untuk menghasilkan gaya gesekan yang diperlukan untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan pergerakan mobil.

Ketika pedal rem diinjak, kampas rem akan menekan cakram atau drum rem, yang akan menghasilkan gesekan antara permukaan kampas dan cakram atau drum.

Gesekan ini akan mengubah energi kinetik mobil menjadi energi panas, sehingga mengurangi kecepatan mobil secara efektif.

Kampas rem yang baik dan berfungsi dengan baik sangat penting untuk keselamatan pengendara dan penumpang, serta untuk menjaga kinerja kendaraan agar dapat berhenti secara efisien dan aman.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

relay ac mobil rusak

Cara Mudah Atasi Relay AC Mobil Rusak !

Relay AC adalah komponen penting dalam sistem pendinginan mobil yang seringkali diabaikan. Saat relay AC mobil rusak, dapat menyebabkan berbagai masalah dan dampak negatif yang

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form