📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Kapan Ganti Filter Oli Mobil Bekas?

kapan ganti filter oli mobil bekas

Kapan ganti filter oli mobil bekas? Pertanyaan yang sering muncul di benak para pemilik mobil bekas adalah kapan sebaiknya mereka mengganti filter oli.

Filter oli mobil bekas memiliki peran penting dalam menjaga kualitas dan kebersihan oli yang melumasi mesin.

Panduan Kapan Harus Ganti Filter Oli

Jadi kapan ganti filter oli mobil bekas? Ketika Anda membeli mobil bekas, filter oli yang ada pada kendaraan tersebut mungkin telah terkena kotoran dan kontaminan selama penggunaan sebelumnya.

Oleh karena itu, mengganti filter oli secara teratur sangat penting untuk mempertahankan performa optimal mesin mobil Anda.

1. Apa yang Harus Diperhatikan Saat Menentukan Waktu Penggantian Filter Oli?

Ketika menentukan waktu kapan ganti filter oli mobil bekas, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Pertama, perhatikan kondisi mobil bekas Anda.

Jika mobil tersebut memiliki riwayat pemeliharaan yang buruk atau telah mengalami kebocoran oli sebelumnya, mungkin perlu mengganti filter oli lebih sering.

Selain itu waktu kapan ganti filter oli mobil bekas, tergantung jenis perjalanan yang Anda lakukan juga mempengaruhi frekuensi penggantian filter oli.

Jika Anda sering mengemudi di kondisi yang ekstrem, seperti daerah berdebu atau cuaca panas, filter oli akan lebih cepat terkontaminasi dan perlu diganti lebih sering.

Rekomendasi umum adalah mengganti filter oli setiap 5.000-10.000 kilometer atau setiap 6 bulan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Namun, penting untuk memperhatikan petunjuk pabrikan pada buku panduan penggunaan mobil bekas Anda.

Pabrikan mobil biasanya memberikan rekomendasi yang lebih spesifik tentang waktu penggantian filter oli yang sesuai dengan model dan tipe kendaraan Anda.

2. Tanda-tanda Filter Oli yang Harus Diganti pada Mobil Bekas Anda:

Mengetahui waktu kapan ganti filter oli mobil bekas atau tanda-tanda bahwa filter oli pada mobil bekas Anda perlu diganti sangat penting untuk menjaga performa mesin yang optimal.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang harus diperhatikan:

  • Tekanan oli rendah: Kapan ganti filter oli mobil bekas? Jika penunjuk tekanan oli di panel instrumen menunjukkan tekanan yang rendah atau cenderung berfluktuasi, itu bisa menjadi indikasi bahwa filter oli perlu diganti. Tekanan oli yang rendah dapat mengganggu pelumasan yang memadai pada mesin.
  • Kualitas oli menurun:  Kapan ganti filter oli mobil bekas? Ketika Anda mengganti oli pada mobil bekas, perhatikan perubahan warna atau adanya partikel kotoran dalam oli yang Anda keluarkan. Jika Anda melihat perubahan signifikan dalam kualitas oli, seperti warna yang sangat gelap atau kehadiran partikel yang mencurigakan, itu bisa menjadi indikasi bahwa filter oli perlu diganti.
  • Efisiensi bahan bakar menurun: Kapan ganti filter oli mobil bekas? Filter oli yang kotor dapat menghambat aliran oli yang lancar ke mesin. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan efisiensi bahan bakar. Jika Anda melihat penurunan yang signifikan dalam konsumsi bahan bakar mobil Anda tanpa adanya perubahan lain pada kondisi kendaraan, perhatikan filter oli sebagai salah satu kemungkinan penyebabnya.
  • Suara mesin yang tidak biasa: Kapan ganti filter oli mobil bekas? Jika Anda mendengar suara mesin yang aneh atau tidak biasa saat mengendarai mobil bekas Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa filter oli perlu diganti. Filter oli yang kotor dapat menyebabkan gangguan pada pelumasan yang optimal, yang dapat mempengaruhi performa mesin.

3. Langkah-langkah untuk Mengganti Filter Oli Mobil Bekas:

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah yang perlu Anda lakukan waktu kapan ganti filter oli mobil bekas. Mengganti filter oli pada mobil bekas Anda.

Penting untuk mengikuti prosedur dengan hati-hati untuk memastikan penggantian yang benar dan menghindari kerusakan pada mesin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan mobil dalam keadaan mati dan suhu mesin tidak panas. Jika mesin masih panas, biarkan mobil mendingin terlebih dahulu untuk menghindari risiko terbakar.
  • Gunakan dongkrak untuk mengangkat mobil dan letakkan penopang yang tepat di bawahnya. Pastikan Anda melakukan ini di tempat yang aman dan rata, seperti di garasi atau bengkel.
  • Cari filter oli yang terletak di dekat mesin. Biasanya, filter oli terletak di dekat blok mesin atau di bawah mobil. Anda dapat merujuk pada buku panduan mobil bekas Anda untuk mengetahui lokasinya yang tepat.
  • Setelah menemukan filter oli, lepaskan penjepit filter oli menggunakan kunci filter oli atau tangan Anda sendiri. Pastikan Anda memiliki wadah untuk menampung oli yang akan keluar dari filter saat dilepas.
  • Bersihkan permukaan pemasangan filter oli dengan menggunakan lap kering. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa oli dan kotoran yang mungkin menempel pada permukaan tersebut. Pastikan permukaan kering dan bersih sebelum memasang filter oli yang baru.
  • Pasang filter oli baru dengan memastikan bahwa filter tersebut cocok dengan model dan spesifikasi mobil Anda. Perhatikan arah pemasangan filter oli yang benar dan pastikan filter tersebut terpasang dengan rapat.
  • Kencangkan filter oli dengan tangan sebelum menggunakan kunci filter oli untuk menambahkan sedikit tarikan. Penting untuk tidak mengencangkan filter oli terlalu keras, karena dapat menyebabkan kerusakan pada filter atau bagian lainnya.
  • Periksa apakah filter oli terpasang dengan baik dan pastikan tidak ada kebocoran. Pastikan semua sambungan dan segel pada filter oli dalam kondisi yang baik.
  • Kembalikan mobil ke posisi semula dengan hati-hati menggunakan dongkrak dan penopang. Periksa kembali level oli pada mesin untuk memastikan bahwa telah ditambahkan cukup oli baru. Jika perlu, tambahkan oli baru hingga mencapai level yang sesuai.
  • Buang filter oli bekas dengan aman sesuai dengan peraturan lingkungan yang berlaku. Pastikan Anda mengikuti prosedur yang ditentukan untuk membuang oli bekas dengan aman.

4. Rekomendasi Tambahan untuk Perawatan Filter Oli Mobil Bekas:

Selain mengganti filter oli secara teratur, ada beberapa rekomendasi waktu kapan ganti filter oli mobil bekas tambahan yang dapat Anda ikuti, untuk menjaga kinerja filter oli dan menjaga mesin mobil bekas Anda tetap optimal:

  • Selalu gunakan filter oli berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda. Ini juga dapat menentukan kapan ganti filter oli mobil bekas. Filter oli yang berkualitas rendah dapat mengurangi efektivitas dalam menyaring kotoran dan kontaminan dari oli.
  • Periksa filter oli saat Anda mengganti oli secara teratur untuk memastikan tidak ada kotoran atau kerusakan pada filter. Ini juga dapat menentukan kapan ganti filter oli mobil bekas. Jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan, seperti sobekan atau retakan pada filter, segera ganti dengan yang baru.
  • Jika Anda sering mengemudi di kondisi ekstrem, seperti dalam cuaca panas atau di daerah berdebu, pertimbangkan untuk mengganti filter oli lebih sering. Kondisi yang ekstrem dapat menyebabkan filter oli lebih cepat terkontaminasi.
  • Simpan catatan penggantian filter oli dan oli yang digunakan untuk melacak jadwal pemeliharaan mobil Anda dengan lebih baik. Ini juga dapat menentukan kapan ganti filter oli mobil bekas. Dengan mencatat tanggal dan kilometer terakhir saat penggantian filter oli dilakukan, Anda dapat memastikan bahwa perawatan rutin dilakukan tepat waktu.

Baca Juga: Mobil Daihatsu Luxio Bekas: Kebutuhan Niaga sampai Mobil Keluarga, Semua Bisa!

Penutup

Mengganti filter oli pada mobil bekas adalah langkah penting dalam menjaga kinerja dan keandalan mesin kendaraan Anda.

Dengan memperhatikan rekomendasi pabrikan, memperhatikan tanda-tanda filter oli yang harus diganti, dan melakukan penggantian dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa mobil bekas Anda tetap dalam kondisi yang optimal.

Perhatikan juga langkah-langkah penggantian filter oli yang benar dan jangan lupa untuk melakukan pemeliharaan yang tepat untuk menjaga mesin mobil Anda berjalan lancar dan awet.

Dengan perawatan yang baik, mobil bekas Anda akan tetap memberikan performa yang baik dan tahan lama.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form