Artikel

Karat Pada Kolong Mobil

Karat Pada Kolong Mobil yang Membahayakan Mobil Anda

Karat pada kolong mobil memang tidak akan terlihat jelas oleh mata. Namun karat di bagian ini akan membuat penampilan dan pemeliharaan mobil kurang begitu baik. Bagian kolong mobil adalah bagian yang terdapat di mobil yang jarang sekali diperhatikan oleh pemilik mobil. Mengingat bagian kolong sangat sulit dijangkau. Akibat dari jarang diperhatikan dan dijangkau pada bagian kolong mobil membuat timbulnya karat mobil. Anda bisa melakukan cek sendiri pada bagian kolong mobil. Apakah ada karat mobil?

Dalam setiap mencuci mobil, bagian kolong mobil menjadi bagian yang sering terlewatkan. Karena sangat sukar dijangkau dan jadi sulit dibersihkan. Pada bagian kolong mobil yang kurang atau jarang dibersihkan tersebut menimbulkan banyak kotoran dan debu yang menempel pada kolong mobil. Tak jarang pada bagian kolong mobil juga timbul karat.

Sangat wajar kalau bagian kolong mobil tidak bersih dan penuh kotoran karena bagian ini tidak begitu terlihat jelas sehingga sukar sekali dibersihkan. Umumnya dalam cuci mobil maka bagian yang terlihat yang hanya dibersihkan seperti bodi mobil di samping depan, belakang, kanan dan kiri dan juga bagian kaca mobil.

Karat Pada Kolong Mobil

Karat Pada Kolong Mobil

Bagian kolong mobil yang tidak terawat dengan baik seperti penuh debu dan kotoran memang tidak mengganggu penampilan mobil. Karena bagian ini tidak tampak jelas dilihat orang dari dekat maupun jauh. Namun untuk menjaga kebersihan mobil seluruhnya sebagai bagian pemeliharaan mobil yang baik sebaiknya bagian kolong mobil ikut dibersihkan. Karena kalau dibiarkan berlarut-larut bisa mengakibatkan munculnya karat pada kolong mobil. Apalagi saat ini di Indonesia sering dilanda hujan dan kadang panas.

Pada musim yang tak menentu ini. Dimana satu hari bisa turun hujan dan di hari lain cuaca sangat panas membuat seseorang harus memperhatikan kondisi mobilnya terutama pada bagian bodi mobil dan kolong mobil. Pada bagian bodi mobil sangat terlihat jelas sehingga anda akan senantiasa membersihkannya dari noda dan kotoran. Tapi untuk bagian kolong mobil menjadi bagian yang sering terlupakan untuk dibersihkan.

Padahal bagian kolong mobil adalah merupakan bagian yang tak kalah penting. Karena pada bagian kolong mobil terdapat satu bagian mesin mobil beserta komponen-komponen di dalamnya yang harus dijaga kebersihannya. Pada bagian kolong mobil yang tidak dibersihkan dan terawat dengan baik biasanya akan muncul karat atau korosi yang ditambah kemunculannya dengan cepat diakibatkan terkenanya bagian kolong mobil dengan reaksi kimia antara kombinasi air dan oksigen dan logam yang menghasilkan korosi.

Air yang mengandung garam seperti air laut dan air hujan terbukti dapat mempercepat terjadinya korosi atau karat  mobil. Sedangkan saat sekarang sering terjadi peristiwa hujan di berbagai daerah secara merata. Kolong mobil yang terkena air hujan dan cipratan air hujan dari genangan air hujan di jalanan dan mengnai kolong mobil akan mempercepat karat mobil.  Anda tidak ingin demikian kan? Oleh sebab itu, anda harus melakukan perawatan yang baik pada bagian kolong mobil agar terhindar dari karat dan korosi.

Karat Pada Kolong Mobil

Mengingat air hujan mengandung garam yang bisa mengakibatkan terjadinya korosi atau karat pada kolong mobil ataupun bodi mobil yanmg mengandung logam membuat anda harus  rajin mencuci mobil ketika mobil yang anda gunakan selepas terkena air hujan. Zat yang turut bisa membuat karat pada kolong mobil bukan hanya air hujan tapi juga kotoran tanah atau lumpur. Melihat hal itu, sangat penting bagi anda untuk mencuci mobil secara rutin secara menyeluruh. Termasuk membersihkan pada bagian kolong mobil.

Untuk mencegah karat pada bagian kolong berbagai cara dilakukan orang seperti melapisi bagian kolong mobil dengan lapisan anti karat. Walaupun kolong mobil sudah dipasang lapisan anti karat atau semprotan anti karat tidak menjamin kolong mobil seratus persen bebas karat. Kemungkinan terjadinya karat pada kolong mobil sangat besar.  Mengingat lapisan anti karat bisa aus perlahan-lahan dan ada bagian kolong mobil yang tak sepenuhnya tertutup lapisan anti karat.

Karat pada kolong mobil bagi sebagian pemilik mobil itu wajar dan menganggapnya hal sepele yang tak akan merusak penampilan mobil. Namun jika dibiarkan terlalu banyak karat dan kotoran pada bagian kolong akan membuat penampilan mobil tidak indah lagi. Mobil akan terlihat kusam dan tak terawat dengan baik. Orang-orang yang melihatnya akan menjadi sangat menjijikkan melihat mobil yang kotor dan karatan pada kolong mobil.

Namun karatan pada kolong mobil yang juga ikut merusak penampilan mobil justru perlahan-lahan bisa merusak bagian mesin mobil. Karat-karat pada kolong mobil akan terus merembet menjadi karat  pada bagian mobil lainnya sehingga dapat mengganggu fungsi komponen yang terdapat di bagian mesin mobil. Oleh sebab itu, bahaya karat pada kolong mobil itu dapat dihindari dengan mencegah terjadinya karat pada kolong mobil.

Sangat penting bagi pemilik mobil untuk mencegah terjadinya karat pada kolong mobil sekarang ini. Mengingat saat ini sedang musim hujan yang dapat mempercepat terjadinya karat pada bagian kolong mobil diakibatkan oleh cipratan air hujan pada bagian bodi mobil dan kolong mobil. Mencegah terjadinya karat pada kolong mobil lebih baik daripada harus menghilangkan karat pada kolong mobil.

Cara Mencegah Karat Pada Kolong Mobil

Kolong mobil menjadi hal yang sering terlupakan untuk dibersihkan. Padahal fungsinya sangat penting bagi sebuah mobil. Kolong mobil merupakan tempat satu bagian komponen mesin mobil berada. Banyak pemilik mobil menganggap sepele pada bagian kolong hingga tak mau membersihkannya.

Pembiaran pada kolong mobil membuat timbulnya jamur-jamur dan karat pada kolong mobil. Kalau hal ini tak dibersihkan maka akan membuat beberapa area mobil bertambah jamur dan karat. Kalau dilihat karat pada mobil tak mengganggu pandangan. Namun jika dilihat lebih detail dan dekat, karat pada kolong mobil ikut mengangggu penampilan mobil.

Secara rutin pastinya anda menjadwalkan untuk mencuci mobil. Namun dalam proses mencuci mobil maka anda pun harus membersihkan bagian kolong mobil yang tak terlihat. Supaya jamur dan kotoran pada kolong mobil dapat hilang dan tak menimbulkan karat.

Dibaca Juga: Pasang Rust Protection Mobil, Cegah Karat Pada Kolong Mobil

Karat pada kolong mobil mungkin sebagian orang menganggap sepele. Karena karat pada kolong mobil dapat dihilangkan secara cepat. Tapi kalau karat pada kolong mobil sudah sangat lama mengering akan semakin sulit untuk membersihkannya. Dengan rajin membersihkan mobil pada bagian kolong akan membuat mobil tampil indah cemerlang seluruhnya dan jauh dari karat pada mobil.

Karat pada kolong mobil sangat berbahaya. Karena dari karat ini bisa mengakibatkan terjadinya kebocoran bahan bakar dari bagian mesin mobil. Kemudian bisa juga menyebabkan mesin mobil jadi rusak ringan sampai berat dampak terjadinya karat.

Oleh sebab itu diperlukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya karat pada kolong mobil. Berikut ini cara mencegah terjadinya karat pada bagian kolong mobil secara mudah dan praktis yaitu dengan rutin melakukan pengecekan terhadap bagian kolong mobil. Apabila terdapat kotoran atau noda air pada kolong mobil  maka bisa dibersihkan menggunakan air bersih yang dicampur sampo mobil. Untuk lebih mudahnya dalam melakukan cek kolong mobil, anda bisa membawanya ke bengkel mobil terdekat dan meminta bantuan mekanik.

Disamping itu, untuk melakukan pengecekan pada bagian kolong mobil dan membersihkannya maka anda dapat memakai bantuan jasa cuci mobil. Mintalah pada petugas steam mobil agar memperhatikan apa yang terdapat pada kolong mobil dan meminta dibersihkan sebersih mungkin untuk mencegah terjadinya karat pada kolong mobil.

Jika mobil anda mengalami kerusakan diakibatkan karat pada kolong mobil maka anda bisa membawa mobil anda untuk diservice di Dokter Mobil (doktermobil.com). Dokter Mobil menyediakan jasa perbaikan mobil dari mulai kerusakan mesin dan bodi mobil secara menyeluruh dan tuntas serta mampu menghilangkan karat pada kolong mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia
Bagaimana Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Anda?