New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Jadwal Ganti Oli Mobil

Jadwal Ganti Oli Mobil

Jadwal ganti oli mobil banyak pemilik mobil merasa bingung menentukan kapan waktunya. Padahal jadwal ganti oli mobil harus  dilakukan secara teratur merupakan suatu kewajiban yang bermanfaat untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap awet dan menghindarkan dari mobil mengalami  over heat atau suhu berlebihan yang bisa mengakibatkan turun mesin mobil.

Jadwal ganti oli mobil harus ditetapkan waktunya. Supaya kegiatan ganti oli mobil dengan oli yang baru dapat dilakukan secara teratur bersamaan dengan jadwal service mobil. Mereka yang tidak memperhatikan jadwal ganti oli mobil sangat besar resikonya bagi mobil yang rentan mengalami kerusakan terutama pada bagian mesin. Beberapa contoh mobil yang mengalami kerusakan parah diakibatkan telat mengganti oli mobil.

Jadwal Ganti Oli Mobil

Jadwal Ganti Oli Mobil

Salah satu hal yang sering membuat pusing pemilik kendaraan bermotor seperti mobil maupun sepeda motor adalah menentukan jadwal waktu penggantian oli. Karena mereka menyadari pentingnya ganti oli secara rutin. Karena mobil kehabisan oli atau olinya berkualitas buruk bisa membuat rusak mesin mobil.

Namun sebaliknya kalau oli mobil keseringan diganti tentu saja membutuhkan biaya yang besar.  Sedangkan terlambat mengganti oli bisa membuat mesin mobil atau sepeda motor menjadi rusak. Biaya mengganti oli dengan oli mobil yang baru lebih murah ketimbang membiarkan mobil mengalami kerusakan akibat terlambat oli atau kehabisan oli.

 Banyak orang bertanya bagaimana cara membuat panduan jadwal ganti oli mobil sebenarnya? Jawabannya sangat gampang. Mengingat pabrikan resmi mobil umumnya mengeluarkan panduan jadwal ganti oli mobil  dan buku panduan servis berdasarkan jarak tempuh mobil. Misalkan kalau sudah mencapai jarak tempuh sekian maka oli mobil harus diganti dan seterusnya. Panduan dari pabrikan mobil tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam membuat jadwal ganti oli mobil secara berkala.

Setiap mobil baru biasanya disertai dengan Kartu Ganti Oli. Kartu ini berisi jadwal penggantian oli. Ada dua hal untuk jadi bahan pertimbangan membuat jadwal ganti oli mobil. Yang pertama sesuai anjuran pabrikan mobil itu sendiri yakni berdasarkan jarak tempuh mobil dalam radius tertentu harus ganti oli. Kemudian bisa juga dengan memperhatikan berapa lamanya waktu mobil tersebut beroperasi. Dalam waktu tertentu, sebuah mobil mesti ganti oli.

Dibaca Juga: Berapakah Batas Toleransi Telat Ganti Oli Mobil? Disini Penjelasannya

Di dalam mobil itu sendiri terdapat tiga jenis oli yang harus diganti secara rutin, antara lain:

1.Oli Gardan atau oli differential

2.Oli Persnelling atau oli transmisi

3.Oli mesin

Hal ini berbeda dengan sepeda motor empat tax yang umumnya hanya menggunakan oli mesin. Jadi ketika anda mau mengganti oli mobil maka anda bisa mengganti tiga jenis oli mobil itu dengan oli baru dalam satu paket.

Sementara itu, kebingungan bagi pemilik mobil untuk menyusun jadwal ganti oli mobil harus diselesaikan secara cepat. Karena begitu pentingnya oli bagi sebuah mobil bagaikan darah pada manusia. Kehabisan oli pada mobil mengakibatkan mobil bisa turun mesin yang bisa menghabiskan biaya turun mesin atau perbaikan mobil hingga Rp 5 juta.

Mengganti oli pada mobil adalah sebuah keharusan yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Mengingat seiring berjalan waktu, oli pada mobil akan menurun kualitasnya. Oli menjadi hitam dan tak layak lagi dan kalau dibiarkan akan merusak mesin mobil bagian secara keseluruhan. Anda tentu tak menginginkan demikian yakni mobil anda rusak kan? Oleh sebab itu, jadwal ganti oli mobil harus dibuat dan dilasksanakan dengan komitmen tinggi beserta service mobil dalam satu paket untuk menjamin semua komponen mobil masih berfungsi baik.

Ada berbagai cara untuk membuat jadwal ganti oli mobil. Cara yang kesatu jadwal ganti oli berdasarkan jarak tempuh mobil. Sedangkan cara kedua, bisa menggunakan memperhatikan kondisi jalan ataupun lamanya waktu penggunaan mobil di jalan.

Jarak Pergantian Oli Mobil

Pendek kata, anda bisa membuat jadwal ganti oli mobil disesuaikan dengan pabrikan yang mengeluarkan buku manual mobil. Buku manual mobil adalah buku yang diberikan oleh pabrikan mobil bagi siapa saja yang membeli mobil baru mereka. Dalam buku manual mobil itu dijelaskan bagaimana cara pemeliharaan mobil termasuk membuat jadwal ganti oli mobil berdasarkan jarak per 10 ribu kilometer. Dalam arti, setiap mobil sudah menempuh jarak sampai 10 ribu km maka oli mobil harus diganti dengan oli baru supaya kondisi mesin mobil dapat terpelihara dengan baik.

Ketentuan mengenai setiap jarak 10 ribu kilometer sebuah mobil harus ganti oli dengan oli yang baru hanya patokan pabrikan yang sifatnya tidak mutlak. Anda bisa saja jadwal mengganti oli mobil sebelum mencapai 10 ribu kilometer. Beberapa bengkel mobil menganjurkan kepada setiap pengendara mobil untuk ganti oli mobil setiap 5 ribu kilometer. Memang lebih pendek jarak tempuh lalu ganti oli akan lebih baik karena itu akan memastikan kondisi selalu bagus.

Karena kondisi oli yang bagus akan mempengaruhi kinerja mesin mobil. Dengan oli yang berkualitas bagus akan membuat mesin mobil tetap awet dan berkinerja lebih ringan dan prima. Sebaliknya kualitas oli yang buruk akan memperberat kinerja mobil dan merusak bagian komponen mesin mobil secara perlahan-lahan.

Pendek kata, membuat jadwal ganti oli mobil bisa dilakukan dengan cara anda berpatokan pada jarak tempuh mobil. Kemudian anda bisa memberikan tanda di kalender rumah anda sebagai tanggal ganti oli mobil sekaligus servis. Hal seperti ini tampak sepele. Tapi pengaruhnya sangat besar untuk menjamin perawatan mobil anda tetap berlangsung konsisten secara teratur. Setelah anda berhasil membuat jadwal ganti oli mobil maka selanjutnya adalah anda komitmen untuk melaksanakannya.

Dokter Mobil (doktermobil.com) adalah bengkel mobil yang menyediakan layanan jasa ganti oli mobil dan servis mobil secara profesional dengan harga bersaing. Berikut ini beberapa  layanan yang tersedia di Dokter Mobil (doktermobil.com), antara lain:

1.Penggantian oli mesin

2.Produk aksesoris racing

3.Produk penghemat bahan bakar

4.tune up mesin diesel dan mesin injeksi

5.tune up mesin karburator

6.service AC tanpa bongkar

Segala perawatan dan kerusakan mobil bisa diperbaiki di Dokter Mobil secara cepat dan profesional. Bengkel ini sangat terpercaya dan direkomendasikan banyak orang. Para selebritis di Indonesia menjadi langganan di Dokter Mobil. Seperti Daus Mini, Atep,  Ade Rai, dll. Hingga Dokter Mobil disebut sebagai bengkelnya para artis.

Pelayanan jasa perawatan dan perbaikan mobil menggunakan sistem ISO standar internasional. Sehingga tidak usah diragukan lagi kualitas layanannya yang benar-benar cepat dan profesional serta memberikan jaminan garansi perbaikan mobil.

Lalu bagaimana dengan jadwal ganti oli mobil untuk mobil bekas? Mengingat tidak adanya buku manual pedoman mobil. Untuk mobil bekas maka jadwal ganti oli mobil dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi oli. Jika kondisi oli mobil sudah berkualitas buruk maka anda bisa mengganti oli dengan oli mobil yang baru.

Lalu bagaimana ciri atau tanda sebuah oli mesin mobil sudah berkualitas buruk dan harus diganti? Oli mesin mobil yang sudah mempunyai kualitas buruk dan harus diganti dapat dilihat dari warnanya yang sudah berubah. Misalkan oli berubah jadi warna hitam. Kemudian dapat juga dicium dari aroma yang sudah bau tengik ataupun dari segi kekentalan yang sangat kental pekat maka itu juga pertanda kualitas oli sudah tidak bagus lagi. Saat inilah jadwal ganti oli mobil bagi mobil bekas harus dilakukan sesegera mungkin. Jangan sampai kelamaan ganti oli mobil untuk menghindari kerusakan pada bagian mesin mobil.

Kemudian apa yang membuat oli mesin mobil menjadi kualitasnya menjadi buruk? Hal ini disebabkan penggunaan yang sudah lama maupun  kerusakan pada bagian mesin mobil tertentu misalkan pada bagian filter oli yang mengalami kerusakan akibat banyak kotoran dan noda yang melekat padanya. Bagaimana anda sudah mempunyai jadwal ganti oli mobil?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu