📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab Magnet Clutch AC Mobil Rusak

magnet clutch ac mobil rusak

Berikut penyebab magnet clutch AC mobil rusak. Magnet clutch AC mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendingin udara mobil.

Komponen ini bertugas untuk menghubungkan dan memutuskan putaran kompresor AC yang menghasilkan pendingin udara di dalam kabin mobil.

Namun, terkadang magnet clutch AC mobil dapat mengalami kerusakan yang mengganggu kinerja sistem pendingin udara.

Pada artikel ini, kita akan membahas penyebab umum kerusakan magnet clutch AC mobil dan bagaimana cara mencegahnya.

Mengapa Magnet Clutch AC Mobil Rusak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan magnet clutch AC mobil Brio dan Mobil Avanza mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa penyebab magnet clutch AC mobil rusak yang perlu Anda ketahui:

Penyebab Magnet Clutch AC Mobil Brio Rusak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan magnet clutch AC mobil Brio mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa penyebab magnet clutch AC mobil rusak yang perlu Anda ketahui:

1. Ausnya Bantalan Magnet Clutch

Salah satu penyebab magnet clutch AC mobil rusak adalah ausnya bantalan yang menghubungkan pulley dan magnet.

Seiring dengan penggunaan yang terus menerus, bantalan ini dapat mengalami keausan dan akhirnya mengganggu fungsi magnet clutch.

2. Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak magnet clutch AC. Pada beberapa kendaraan, fluktuasi tegangan listrik yang signifikan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik mobil, termasuk magnet clutch AC.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

3. Kontaminasi atau Kotoran

Kontaminasi atau kotoran yang masuk ke dalam magnet clutch AC juga dapat menjadi penyebab magnet clutch AC mobil rusak. Debu, pasir, atau partikel-partikel kecil lainnya dapat mengganggu pergerakan komponen dan mempengaruhi kinerja magnet clutch.

4. Perubahan Suhu yang Ekstrem

Perubahan suhu yang ekstrem, seperti suhu yang sangat panas atau sangat dingin, dapat merusak magnet clutch AC. Suhu yang ekstrem dapat menyebabkan perubahan dimensi pada komponen-komponen magnet clutch dan mengakibatkan kerusakan.

5. Keausan Kompresor AC

Keausan pada kompresor AC juga dapat berdampak pada magnet clutch AC. Jika kompresor AC sudah tidak berfungsi dengan baik, beban yang ditanggung oleh magnet clutch juga akan bertambah, menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut.

Baca Juga: Penyebab Oli Kompresor AC Mobil Hitam, Simak Ulasannya! 

Penyebab Magnet Clutch AC Mobil Avanza Rusak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan magnet clutch AC mobil Avanza mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa penyebab magnet clutch AC mobil rusak yang perlu Anda ketahui:

1. Keausan Magnet Clutch

Salah satu penyebab magnet clutch AC mobil rusak paling umum adalah keausan. Magnet clutch yang telah digunakan dalam waktu yang lama dapat mengalami keausan dan kehilangan daya cengkeramannya.

Keausan ini dapat disebabkan oleh gesekan yang berlebihan saat clutch bekerja. Jika magnet clutch sudah kehilangan daya cengkeramannya, maka akan sulit bagi clutch untuk menggerakkan kompresor AC dengan baik.

2. Kebocoran Refrigeran

Kebocoran refrigeran juga dapat menyebabkan kerusakan pada magnet clutch AC mobil Avanza. Refrigeran adalah zat pendingin yang digunakan dalam sistem AC mobil.

Jika terjadi kebocoran pada sistem refrigeran, tekanan dalam sistem akan berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakmampuan magnet clutch untuk bekerja dengan baik, karena tekanan yang tidak mencukupi untuk mempertahankan kontak yang kuat antara clutch dan kompresor AC.

3. Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil juga dapat menjadi penyebab magnet clutch AC mobil Avanza rusak. Saat tegangan listrik tidak stabil, bisa terjadi lonjakan atau penurunan tegangan yang tiba-tiba.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kumparan elektromagnetik di dalam magnet clutch. Kumparan elektromagnetik yang rusak akan mengganggu kinerja magnet clutch dan menyebabkan masalah pada sistem AC mobil.

4. Kualitas Minyak Pelumas yang Buruk

Minyak pelumas yang buruk atau tidak memadai juga dapat menyebabkan kerusakan pada magnet clutch. Minyak pelumas dalam sistem AC berfungsi untuk melumasi bagian-bagian yang bergerak, termasuk magnet clutch.

Jika minyak pelumas yang digunakan tidak memenuhi standar atau terlalu kotor, maka gesekan antara clutch dan kompresor AC dapat meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan keausan dan kerusakan pada magnet clutch.

5. Overload pada Sistem AC

Overload pada sistem AC juga dapat menyebabkan magnet clutch mobil Avanza rusak. Overload terjadi ketika beban yang diberikan pada sistem AC melebihi kapasitas yang ditangani oleh magnet clutch.

Hal ini dapat terjadi jika sistem AC terlalu sering digunakan pada suhu yang ekstrem atau jika sistem AC bekerja terus-menerus dalam kondisi yang berat. Overload dapat menyebabkan magnet clutch bekerja di luar batas kemampuannya dan akhirnya mengalami kerusakan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form