Artikel

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Cara memperbaiki alternator mobil adalah upaya yang dapat anda lakukan dalam memperbaiki permasalahan pada bagian alternator yang kerusakan di mobil anda. Namun sebelum itu, anda harus paham apa itu alternator mobil. Alternator mobil adalah dinamakan juga dinamo pada mobil yang berfungsi untuk membangkitkan listrik di dalam mobil.

Kerusakan pada mobil dapat dialami oleh setiap mobil kapanpun dan dimanapun. Untuk jenis kerusakan bisa rusak ringan hingga rusak berat. Sedangkan letak kerusakan mobil dapat di bagian bodi mobil maupun mesin mobil. Salah satu kerusakan mobil yang bisa dialami sebuah mobil adalah kerusakan pada bagian mesin mobil terutama pada bagian dinamo mobil yang dinamakan alternator mobil.

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Jika kerusakan terjadi pada bagian alternator mobil maka anda pastinya merasakan gejala-gejala dan ciri-cirinya yang tidak sebagaimana mestinya. Sesudah dilakukan pengecekan dan terbukti bagian alternator mobil mengalami kerusakan maka anda dapat memperbaikinya segera agar mobil bisa berjalan baik kembali seperti sedia kala dengan performa yang baik pula. Lalu bagaimana cara memperbaiki alternator mobil?

Bagian alternator mobil adalah bagian yang memegang fungsi yang sangat penting dalam sebuah mobil. Sehingga anda tidak bisa meremehkan bagian komponen ini. Jika sudah terbukti terdapat kerusakan pada bagian alternator mobil maka anda bisa segera memperbaikinya. Cara memperbaiki alternator mobil bisa dilakukan sendiri atau menggunakan bantuan mekanik bengkel mobil terdekat.

Alternator mobil termasuk bagian kelistrikan di dalam mobil yang mempunyai tugas untuk melakukan pengiriman arus tenaga listrik sampai ke accu mobil. Dengan demikian alternator mobil bekerja untuk melakukan pengisian pada accu mobil sehingga  sangat mendukung atau komponen utama dalam kelistrikan mobil. Sebab apabila accu tak bisa dilakukan pengisian secara terus menerus akan membuat accu soak dengan sangat cepat sehingga mengakibatkan mobil mogok.

Accu mobil selama ini dikenal sebagai pemicu terjadinya kelistrikan di dalam mobil dan penyimpan arus listrik yang akan memudahkan mobil distarter dan menyalakan lampu mobil dan membunyikan klakson. Akan tetapi tanpa kehadiran alternator mobil semua itu tak akan berjalan baik seperti jika alternator rusak maka praktis akibatnya accu mobil jadi pemasok utama satu-satunya kelistrikan pada mobil.

Dibaca Juga: Fungsi Alternator Mobil

Yang menjadi karakteristik alternator mobil adalah mempunyai tegangan listrik yang lebih besar ketimbang accu mobil. Mayoritas komponen listrik di dalam mobil memerlukan daya listrik langsung dari alternator seperti kipas pendingin  mesin, komponen injeksi, wisper, lampu, power steering dan lain-lain. Dari itulah fungsi komponen alternator mobil tak bisa disepelekan fungsinya dari manfaat kelistrikan pada sistem mobil.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah bagaimana akibatnya jika sebuah mobil tak dipasang bagian alternator? Sebenarnya mobil yang tidak dipasang alternator maka mesin mobil masih bisa menyala dan berjalan. Akan tetapi, semua itu hanya mengandalkan tenaga aki di dalam kelistrikan mobil. Pada akhirnya arus listrik pada accu akan habis karena daya listrik pada accu yang sifatnya masih sangat terbatas. Yang membuat fungsi alternator sangat diperlukan pada mobil dan tak bisa digantikan oleh accu mobil.

Namun seiring dengan usia yang sudah tua dan lama pemakaian seringkali alternator mobil mengalami kerusakan. Adapun penyebab rusaknya alternator mobil bisa disebabkan faktor berikut ini, antara lain:

1.Adanya beban yang lebih besar dari peralatan elektronik yang terpasang

2.Terputusnya komponen IC regulator dan dioda rectifier pada bagian dalam alternator mobil

Akibat kerusakan yang terjadi pada bagian alternator mobil membuat mobil mengalami performa yang menurun. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan bagian alternator untuk memastikan masih dalam kondisi bagus dan berfungsi baik.

Berikut ini ciri-ciri alternator mobil mengalami kerusakan, antara  lain:

1.Menyala lampu indikator pada bagian Accu

Cara Memperbaiki Alternator Mobil yang pertama, Alternator yang mengalami kerusakan tampak ketika anda menyaksikan munculnya lampu indikator accu yang menyala. Kejadian tersebut mengindikasikan bawa adanya ketidaknormalan pada sistem listrik pada mobil. Dalam arti accu mobil tak bisa melakukan pengisian secara baik dan maksimal. Apabila anda mendapatkan situasi demikian pada mobil anda maka anda jangan berkesimpulan bahwa situasi accu mobil yang sangat lemah membuat terjadi itu.Sebab kondisi demikian sering dikarenakan output alternator mobil yang tak pas.

2.Timbulnya suara yang berasal dari alternator mobil

Gejala berikutnya dari sebuah alternator mobil mengalami rusak terdengar dari suara yang berasal pada bagian alternator bagian komponen dalam. Karena alternator terbentuk dari beberapa komponen di dalamnya. Salah satunya bearing. Pada saat bearing alternator atau dioda rectifier pada alternator berbunyi maka itu pertanda alternator mobil mengalami kerusakan atau putus.

3.Headlamp nyalanya sangat redup

Pertanda lain alternator mobil rusak adalah pada saat anda mengendarai mobil di tengah malam hari namun tiba-tiba sorot lampu utama pada mobil anda menyala dalam keadaan redup atau tak menyala terang. Itu juga menjadi pertanda alternator mobil mengalami kerusakan. Disebabkan pasokan arus listrik dari alternator mobil yang menjadi tumpuan andalannya tidak berfungsi baik atau tak bekerja maksimal tapi justru sangat lemah.

4.Accu baru tetap drop

Cara Memperbaiki Alternator Mobil yang ke 4, Untuk memaksimalkan kinerja mobil dan anda sudah mengganti accu mobil. Akan tetapi kondisi accu baru tersebut masih sering drop sehingga mobil susah distarter maka itu juga bisa menjadi pertanda alternator mobil mengalami kerusakan yang tak mampu memberikan pasokan listrik kepada accu mobil secara optimal yang diperlukan mobil.

Cara Memperbaiki Alternator Mobil

Setelah alternator mobil dipastikan mengalami kerusakan maka ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Berikut ini beberapa cara memperbaiki alternator mobil yang rusak, antara lain:

1.Silakan cek kondisi alternator. Kemudian perhatikan di bagian bearing alternator, anda dapat melakukan pemutaran pulley alternator memakai dinamo teaster. Bagian bearing pada alternator biasanya menjadi bagian yang sering rusak.

2.Dengan penuh hati-hati, anda dapat melakukan pembongkaran bagian alternator mobil memakai alat khusus tertentu yang pas agar tak mengakibatkan kerusakan pada komponen yang terdapat di dalam alternator. Ada banyak komponen di dalam alternator dan anda bisa melakukan pemeriksaan secara sekilas satu persatu. Yang dilanjutkan membersihkan semua komponen-komponen di bagian alternator mobil. Apabila sudah semua komponen dibersihkan, anda bisa melanjutkan ke tahap pemeriksaan yang lebih detail seperti pengukuran untuk mengetahui kondisi komponen-komponen tersebut.

3.Bagian bearing tak luput dari pemeriksaan yang lebih detail. Karena bagian ini juga bisa menjadi pemicu rusaknya alternator mobil. Lihatlah kondisi bearing apakah terdapat retakan atau pecah. Jika bagian rumah bearing mengalami keretakan atau pecah maka anda harus melakukan penggantian dengan bearing yang baru dan dudukannya.

4.Periksa pada bagian brush, slip ring rotor, dan gulungan stator.

Setelah memeriksa semua itu, Cara Memperbaiki Alternator Mobil kemudian komponen yang rusak diperbaiki atau ganti yang baru. Sedangkan yang masih bagus dapat diterapkan kembali.  Kemudian lakukan pemasangan kembali alternator mobil, lalu lakukan pengecekan alternator mobil menggunakan dinamo tester.

Jika setelah melakukan berbagai upaya di atas dan untuk Cara Memperbaiki Alternator Mobil belum berhasil atau anda merasa kesulitan untuk cara memperbaiki alternator mobil oleh sendiri maka anda bisa membawa mobil anda ke bengkel mobil terdekat yang terpercaya. Salah satunya bengkel mobil ternama, Dokter Mobil. Dokter Mobil adalah pilihan bengkel mobil yang tepat bagi anda. Karena Dokter Mobil (doktermobil.com)adalah bengkel mobil pilihan yang mempunyai layanan jasa perbaikan mobil yang komplit termasuk jasa perbaikan alternator mobil. Pelayanan jasa perbaikan mobil dilakukan secara cepat dan ramah oleh para mekanik profesional sesuai keahliannya masing-masing dalam cara memperbaiki alternator mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia
Bagaimana Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Anda?