📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Beberapa Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang

Beberapa Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang

Ban mobil merupakan komponen yang menyentuh jalanan secara langsung. Oleh karena itu, ban juga menjadi salah satu bagian yang mengalami kerusakan mobil akibat jalan berlubang. Saat melaju kencang, bisa saja mobil menyentuh jalanan dengan keras dan menimbulkan benjolan di atasnya.

Benturan keras di jalanan bisa menyebabkan ban menjadi bocor dan benjol sehingga tidak nyaman untk dikendarai. Selain itu, berkendara dengan mobil di jalanan yang berlubang bisa membuat menyebabkan pemisahan tapak atau kempis yang harus Anda hindari. Lubang memiliki tepi yang tajam dan keras sehingga menekan ban dengan keras. Hal tersebut menyebabkan ban menjadi terlempar, terkikis, atau bisa saja robek.

Apabila ban bocor atau kempes bisa dibawa ke tambal ban untuk menambal bagian yang rusak. Namun ketika ban mobil Anda benjol dan kawat penyangga tapaknya sampai keluar, maka Anda akan sulit dan berbahaya saat berkendara. Dengan begitu, Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk memperbaiki hal tersebut.

Berbagai Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang

Berbagai Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang

Saat melintasi jalanan yang berlubang, seringkali pengendara tak sadar bahwa lubang tersebut tidak bisa sembarangan dilintasi. Sehingga mereka akan asal libas lintasan yang ada tanpa memikirkan risiko kerusakan yang ada. Berikut ini berbagai kerusakan mobil akibat jalan berlubang yang patut untuk Anda perhatikan.

  1. Pelek Mobil Menjadi Peyang

Mobil yang mengalami benturan keras  saat melewati lubang biasanya energinya akan tersebar kebagian pelek yang membuatnya bengkok. Pelek mobil yang peyang akan membuat pengemudi kesulitan dalam mengendarai mobil karena tidak seimbang di jalanan. Selain itu, guncangan keras mobil akan membuat para penumpang dan pengemudi tidak nyaman dan bahkan mual.

Selain menjadi peyang, pelek ban mobil juga bisa retak, bergeser, bahkan pecah dan menimbulkan kecelakaan.Oleh sebab itu, roda mobil tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya sehingga diperlukan penanganan untuk memperbaikinya. Biasanya diperbaiki di bengkel atau bahkan harus diganti dengan yang baru.

Anda harus berhati-hati saat melewati jalanan yang berlubang karena bisa menyebabkan kerusakan mobil akibat jalan berlubang yang parah pada pelek mobil Anda serta bisa menyebabkan kecelakaan apalagi saat hujan. Anda harus memperhitungkan lubang yang tersebar di jalanan yang biasa Anda jalani untuk menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Knalpot Mobil Patah

Selain hal yang disebutkan di atas, kerusakan mobil akibat jalan berlubang yang sering terjadi adalah knalpot mobil yang patah dan ambrol saat berkendara melewati jalanan berlubang. Posisi knalpot yang berada di buntut mobil sangat rentan terkena kerusakan saat Anda melewati jalanan yang berlubang. Efek yang sering terjadi adalah knalpot yang penyok dan rusak saat terkena benturan. Parahnya, knalpot bisa lepas dari bodi mobil atau bahkan pecah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kerusakan knalpot bisa menyebabkan suara mobil menjadi bising dan tenaganya berkurang karena bocor. Mobil dengan knalpot rusak akan mempengaruhi kinerja mesin dan perlahan energinya akan semakin menurun karena pembuangan sisa pembakaran yang tidak optimal. Hal yang tidak kalah menakutkan saat terjadi kebocoran knalpot adalah asap knalpot yang bisa merambat ke bagian kabin yang akan menimbulkan bahaya kesehatan bagi para penumpangnya. Gas emisi karbon dioksida bersifat racun yang akan membahayakan kesehatan penumpang, dan bisa menyebabkan kematian.

Apabila hal tersebut sudah terjadi kerusakan mobil akibat jalan berlubang, maka Anda harus segera memperbaiki dengan cara membawa ke bengkel. Anda harus menemukan bengkel yang bisa mengidentifikasi dan memperbaiki bagian knalpot mobil dengan baik. Dokter Mobil adalah bengkel yang mampu memperbaiki segala jenis keluhan Anda tentang mobil sehingga Anda bisa konsultasi secara langsung mengenai kerusakan mobil, termasuk knalpot.

  1. Bodi Bawah Mobil Penyok

Salah satu hal yang paling terlihat efeknya saat terjadi kerusakan mobil akibat jalan berlubang adalah bodi bawah mobil yang penyok karena menghantam lubang saat di perjalanan. Hal ini memang jarang terjadi, namun bisa terjadi bila lubang yang Anda lewati cukup dalam dan penuh dengan kerikil kecil yang bisa merusak bodi mobil Anda. Mobil yang memiliki ground clearance rendah seperti mobil sport dan sedan memiliki resiko lebih tinggi mengalami kerusakan bodi bawah dibandingkan dengan bodi mobil dengan ground clearance yang tinggi seperti truk. Bagian bodi bawah mobil yang sering mengalami kerusakan adalah bagian bumper mobil atau side skirt. Meskipun tidak berpengaruh pada performa mesin, kerusakan ini bisa menyebabkan bodi mobil Anda terlihat jelek karena penyok atau tergores.

Kerusakan mobil akibat jalan berlubang yang satu ini sebaiknya segera diperbaiki dengan cara cat ulang bila tergores dan dibentuk kembali bila terjadi penyok. Apabila mobil anda ceper, Anda harus hati-hati dan teliti saat berkendara untuk menghindari kerusakan bodi mobil. Anda juga harus memperhatikan keadan ban dan sebaiknya disesuaikan dengan keadaan jalanan yang rusak dan berlubang. Untuk menghindari kerusakan ini, Anda harus sigap untuk menghindari lubang dengan cara manuver lincah di jalanan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Bumper Mobil Kesayangan Anda!

Cara Menghindari Lubang di Jalanan Rusak

Saat melewati jalanan yang berlubang, pastinya akan terasa melelahkan karena memerlukan konsentrasi tinggi. Namun, bila Anda tetap mempertahankan konsentrasi mengemudi, Anda bisa menghindari lubang yang membuat mobil Anda mengalami kerusakan mobil akibat jalan berlubang. Selain itu, saat mengemudi sebaiknya Anda menjaga jarak dengan kendaraan lain untuk menghindari terjadinya benturan saat sama-sama menghindari lubang di jalanan rusak.

Pemasangan spring buffer pada suspensi mobil juga dapat menghindari risiko kerusakan mobil akibat jalan berlubang. DOMO Buffer dari Dokter Mobil bisa menjadi pertimbangkan untuk pemilihan spring buffer yang kuat. Menggunakan material berkualitas tinggi, kekuatan dari DOMO Buffer bahkan diberikan masa garansi untuk menjamin kekuatan material yang digunakannya. Garansi ini pun dapat diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia.

Untuk dapatkan kenyamanan dan cara mencegah mobil limbung, segera pesan DOMO Buffer sekarang via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar DOMO Buffer hingga pemasangannya. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil untuk konsultasi secara langsung permasalahan yang ada pada kerusakan mobil akibat jalan berlubang ini. 

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah informasi mengenai kerusakan mobil akibat jalan berlubang yang bisa Anda simak dengan baik untuk menghindarkan resiko kerusakan mobil. Bila sudah terlanjur rusak, Anda bisa memperbaiki mobil Anda di bengkel yang sudah berpengalaman seperti Dokter Mobil untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat berkendara!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form