📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Kipas Blower AC Mobil Tidak Berputar? Berikut Penyebab dan Solusinya

kipas blower ac mobil tidak berputar

Berikut penyebab kipas blower AC mobil tidak berputar. Penggunaan AC mobil sangat penting untuk kenyamanan saat berkendara, terutama dalam cuaca panas.

Saat musim kemarau tiba, kipas blower dalam sistem AC mobil bekerja keras untuk mengalirkan udara dingin ke dalam kabin dan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.

Kipas Blower AC Mobil Tidak Berputar

Namun, terkadang masalah bisa terjadi, seperti kipas blower AC mobil tidak berputar. Masalah ini bisa menyebabkan udara di dalam mobil terasa panas dan tidak nyaman.

Bagaimana Kipas Blower Bekerja dalam AC Mobil

Sebelum kita masuk ke masalah kipas blower AC mobil tidak berputar yang lebih mendalam, mari kita pahami cara kerja kipas blower dalam sistem AC mobil. Kipas blower terletak di dalam unit evaporator AC mobil.

Ketika sistem AC diaktifkan, kipas blower mulai berputar dan menghisap udara dari luar mobil melalui unit evaporator.

Udara tersebut kemudian diarahkan ke dalam kabin mobil setelah melewati evaporator yang telah dipadatkan menjadi udara dingin.

Potensi Penyebab Kipas Blower AC Mobil yang Tidak Berputar

Salah satu penyebab umum kipas blower AC mobil tidak berputar adalah fusible link atau sekering yang putus.

Fusible link adalah pengaman kelistrikan yang dirancang untuk melindungi komponen AC mobil dari lonjakan arus listrik yang berlebihan.

Jika fusible link atau sekering mengalami putus, maka aliran listrik ke kipas blower akan terputus, dan akibatnya kipas blower AC mobil tidak berputar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kipas Blower Rusak

Lama kelamaan, kipas blower dapat mengalami kerusakan akibat usia pemakaian atau masalah lainnya. Faktor lingkungan seperti debu dan kotoran juga dapat mempengaruhi performa kipas blower.

Jika kipas blower mengalami kerusakan fisik, putaran kipas menjadi terhambat, atau baling-baling kipasnya patah, maka kipas blower tidak akan berputar secara maksimal atau bahkan sama sekali.

Relai AC Bermasalah

Relai adalah komponen elektronik yang berfungsi sebagai penghubung antara sumber daya listrik dan kipas blower.

Jika relai AC mengalami masalah atau rusak, aliran listrik ke kipas blower akan terganggu, dan akibatnya kipas blower AC mobil tidak berputar.

Beberapa penyebab rusaknya relai adalah kontak yang aus, komponen internal yang rusak, atau terjadinya hubungan pendek akibat kerusakan komponen lain dalam sistem AC mobil.

Motor Blower Terganggu

Motor blower adalah bagian yang paling vital dalam kipas blower. Fungsi motor blower adalah menggerakkan baling-baling kipas untuk mengalirkan udara ke dalam kabin mobil.

Jika motor blower mengalami kerusakan atau mati, maka kipas blower AC mobil tidak berputar sama sekali.

Penyebab kerusakan kipas blower AC mobil tidak berputar bisa beragam, termasuk komutator yang rusak, karbon motor habis, atau bearing yang aus.

Cara Mengatasi Masalah Kipas Blower AC yang Tidak Berputar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa fusible link atau sekering yang putus. Fusible link biasanya terdapat di kotak sekering mobil.

Kamu dapat menggunakan multimeter untuk memeriksa apakah fusible link masih utuh atau sudah putus. Jika ditemukan putus, gantilah dengan yang baru sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrik mobil.

Ganti Kipas Blower yang Rusak

Jika kipas blower AC mobil tidak berputar dan tidak dapat diperbaiki, maka solusinya adalah mengganti kipas blower dengan yang baru.

Pastikan membeli kipas blower yang sesuai dengan merek, model, dan tahun mobil  Kamu. Jika Kamu tidak yakin mengenai pemilihan kipas blower yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik terpercaya.

Periksa dan Ganti Relai AC

Untuk memeriksa relai AC, matikan mesin mobil dan cabut relai AC dari soketnya. Periksa kontak pada relai untuk memastikan tidak ada korosi atau kontak yang aus.

Jika ditemukan masalah kipas blower AC mobil tidak berputar, segera ganti dengan relai AC yang baru dan pastikan memilih relai yang sesuai dengan spesifikasi mobil Kamu.

Periksa dan Ganti Motor Blower

Periksa kondisi motor blower dengan membuka unit evaporator AC. Pastikan tidak ada kotoran atau hambatan yang mengganggu pergerakan baling-baling kipas.

Jika motor blower rusak atau tidak berfungsi dengan baik, segera gantilah dengan motor blower yang baru dan pastikan memilih yang sesuai dengan merek dan model mobil Kamu.

Baca Juga: 7 Ciri Blower AC Mobil Mati, Yuk Kenali !

FAQ

1. Apa yang Harus Dilakukan Jika Kipas Blower AC Mobil Tidak Berputar?

Jika kipas blower AC mobil Anda tidak berputar, langkah pertama adalah memeriksa fuse. Jika fuse dalam kondisi baik, periksa motor blower, resistor, kabel, dan sambungan untuk mencari masalah lain. Jika Anda tidak yakin, bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa oleh teknisi berpengalaman.

2. Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Mengganti Motor Blower?

Biaya mengganti motor blower dapat bervariasi tergantung pada merek mobil dan lokasi bengkel. Namun, secara umum, biaya penggantian motor blower termasuk harga motor dan biaya tenaga kerja teknisi.

3. Apakah Saya Dapat Mengganti Resistor Sendiri?

Jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, Anda mungkin dapat mengganti resistor sendiri. Namun, jika Anda tidak yakin, lebih baik serahkan pekerjaan ini kepada teknisi berpengalaman untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

4. Berapa Suhu Normal Operasi Motor Blower?

Suhu normal operasi motor blower biasanya berkisar antara 160°C hingga 210°C. Jika suhu motor blower melampaui batas ini, ada kemungkinan motor mengalami overheating dan perlu diperiksa lebih lanjut.

5. Apakah Semua Mobil Menggunakan Resistor untuk Mengatur Kipas Blower?

Tidak semua mobil menggunakan resistor untuk mengatur kipas blower. Beberapa mobil modern menggunakan modul kontrol blower yang mengatur kecepatan kipas secara elektronik. Namun, sebagian besar mobil masih menggunakan resistor konvensional untuk tujuan ini.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form