📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Jadwal Rutin Maintenance AC Mobil hingga Efek Buruk Jika Tidak Melakukannya

Maintenance AC Mobil

Maintenance AC mobil adalah hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa AC mobil Anda beroperasi dengan optimal. Dengan menjalankan maintanance AC, Anda dapat menjaga kenyamanan mobil Anda selama perjalanan jauh, dan menghindari risiko kerusakan yang lebih parah.

Sayangnya, seringkali banyak yang mengabaikan maintenance AC mobil karena dirasa kondisi AC mobil masih baik-baik saja. Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, inilah jadwal maintenance AC mobil yang tepat untuk dilakukan hingga efek buruk jika tidak melakukan maintenance AC mobil secara berkala yang patut Anda simak.

Jadwal Maintenance AC Mobil yang Tepat

Maintenance AC mobil yang tepat dimulai sebulan sekali atau setelah penggunaan 6.000 km. Pertama-tama, pastikan untuk melakukan pengecekan kompresor secara teratur, karena ini adalah komponen yang paling sering mengalami masalah. Jika kompresor menunjukkan masalah, segera selesaikan masalahnya. Juga pastikan untuk mengecek kondisi sistem pendingin, tutup radiator, siku AC, dan koneksi kabel. Selain itu, pastikan untuk melakukan pengecekan sistem pembuangan dan penggantian refrigeran secara teratur. Pastikan untuk membersihkan evaporator, kondensor, dan pemisah udara dengan menggunakan bahan pembersih khusus. Ini akan membantu menjaga kinerja sistem AC.

Selain itu, pastikan untuk memeriksa komponen AC lainnya, seperti kompresor, katup, kipas, dan lainnya secara teratur untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik. Ini akan membantu menjaga kinerja sistem AC dan membantu dalam memastikan bahwa AC terus berfungsi dengan benar.

Jadi, jadwal maintenance AC mobil yang tepat harus dimulai sebulan sekali atau setelah penggunaan 6.000 km. Pastikan untuk melakukan pengecekan kompresor dan komponen lainnya, membersihkan evaporator, kondensor, dan pemisah udara, dan penggantian refrigeran secara teratur. Ini akan membantu menjaga kinerja sistem AC dan memastikan bahwa AC terus berfungsi dengan benar.

Efek Buruk Jarang Maintenance AC Mobil

Ketika Anda jarang melakukan maintenance AC mobil secara berkala, maka akan timbul beberapa efek buruk yang dapat menimbulkan kerugian bagi Anda. Beberapa efek buruk yang terjadi adalah:

  1. Kinerja AC mobil menurun

Saat Anda tidak melakukan maintenance secara berkala, maka freon AC mobil akan berkurang dan kinerja AC mobil akan menurun. Hal ini akan menyebabkan AC mobil tidak dapat beroperasi dengan baik, sehingga ruangan kabin mobil akan terasa lebih panas.

  1. Kerusakan pada komponen AC mobil

Karena jarang melakukan maintenance, maka komponen AC mobil seperti kompresor, katup, dan selang bisa cepat rusak. Hal ini dapat menimbulkan kebocoran pada sistem AC mobil yang berakibat biaya perbaikan yang tinggi.

  1. Berdampak buruk pada kesehatan penggunanya

Efek buruk dari jarang melakukan maintenance AC mobil dapat berdampak pada kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi paru-paru, alergi, asma dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kontaminasi bakteri dan jamur yang terkumpul di dalam evaporator sistem AC yang tidak terawat. Sistem AC yang tidak terawat juga menyebabkan terjadinya penyebaran mikroorganisme yang berbahaya di dalam ruangan kendaraan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Applied Microbiology and Biotechnology menunjukkan bahwa bakteri yang ditemukan di dalam evaporator AC mobil dapat menyebabkan infeksi paru-paru, alergi, asma, sakit kepala, mual, muntah, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, studi tersebut juga menunjukkan bahwa penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan air dari AC mobil.

Dengan beragam efek buruk yang ditimbulkan, sangat penting untuk melakukan maintenance AC mobil secara berkala agar kondisi AC mobil dapat berfungsi dengan baik, dan Anda akan mendapatkan suasana yang nyaman saat mengendarai mobil.

Penutup

Proses maintenance AC mobil seringkali dilupakan karena dirasa AC mobil masih dalam kondisi yang prima. Padahal jarang dilakukan maintenance bisa berdampak buruk pada kondisi AC mobil dalam jangka panjang. lho. Untuk itu, pastikan untuk melakukan maintenance AC mobil setiap sebulan sekali atau setiap jarak tempuh mencapai 6.000 km agar performa AC mobil selalu prima dengan percayakan pada Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Besaran Konsumsi BBM Mobilio

Besaran Konsumsi BBM Mobilio: Irit, kah?

Benarkah konsumsi BBM Mobilio cukup irit? Karena seringkali banyak yang melabuhkan pilihannya pada LCGC ini karena diklaim lebih irit soal konsumsi BBM. Mobilio telah menjadi

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!