📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Masalah Kabel Busi Mobil Bocor yang Kecil Tapi Efek Buruknya Besar

Masalah Kabel Busi Mobil Bocor yang Kecil Tapi Efek Buruknya Besar

Kendaraan mobil merupakan salah satu alat transportasi yang digunakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Namun, setiap mobil memiliki masalah yang harus diatasi, salah satunya adalah kabel busi mobil bocor. Meskipun terlihat kecil, masalah ini bisa memberikan efek buruk yang besar pada performa mobil. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang penyebab, ciri-ciri, efek, dan cara mengatasi kabel busi mobil bocor.

Penyebab Kabel Busi Mobil Bocor

Kabel busi mobil bocor bisa disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa penyebabnya antara lain:

  1. Aus Karena Masa Pakai Sudah Tua

Kabel busi yang digunakan dalam mobil mempunyai masa pakai yang terbatas, dan bila kabel busi tersebut sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka kemungkinan kabel busi tersebut sudah aus dan kehilangan daya hantar listriknya. Kabel busi yang sudah aus akan menyebabkan arus listrik yang dihasilkan menjadi tidak optimal sehingga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi kurang responsif dan sulit dinyalakan.

  1. Terkena Benda Tajam atau Terjepit Komponen Lain

Saat melakukan perbaikan atau penggantian komponen mesin mobil, terkadang kabel busi dapat tersentuh benda tajam atau terjepit. Hal ini dapat membuat kabel busi menjadi rusak dan bahkan berpotensi untuk bocor. Sebaiknya, pastikan bahwa kabel busi tidak terkena benda tajam dan terjepit saat melakukan perbaikan atau penggantian komponen mesin mobil.

  1. Kualitas Kabel Busi yang Buruk

Kabel busi mobil yang berkualitas buruk atau palsu dapat memengaruhi kinerja mesin mobil. Kualitas kabel busi yang buruk akan mempengaruhi daya hantar listriknya sehingga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi kurang responsif dan sulit dinyalakan.

  1. Suhu Mesin yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Suhu mesin yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat kabel busi menjadi mudah rusak. Suhu yang terlalu tinggi dapat membuat kabel busi meleleh dan terbakar, sedangkan suhu yang terlalu rendah dapat membuat kabel busi menjadi rapuh dan mudah patah.

  1. Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Bahan bakar yang digunakan dalam mobil memegang peranan penting dalam kinerja mesin. Bahan bakar yang buruk atau tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil dapat menyebabkan kerusakan pada kabel busi dan komponen mesin mobil lainnya. Pastikan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil untuk mencegah kerusakan pada kabel busi dan mesin mobil.

Ciri-ciri Kabel Busi Mobil Bocor

Kabel busi mobil bocor memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali, antara lain:

  1. Mesin Mobil Mengalami Misfire

Salah satu ciri-ciri kabel busi mobil bocor adalah terjadinya misfire pada mesin mobil. Misfire adalah kondisi ketika mesin mobil tidak berjalan dengan mulus dan terdengar suara mesin yang tidak beraturan atau bergetar. Kondisi ini dapat terjadi karena arus listrik yang tidak optimal pada kabel busi dan mengakibatkan mesin mobil menjadi tidak responsif.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Suara Mesin Kasar saat Dihidupkan

Kabel busi yang bocor dapat menyebabkan suara mesin mobil menjadi kasar dan tidak halus saat dihidupkan. Hal ini disebabkan oleh ketidakoptimalan arus listrik pada kabel busi yang dapat mengakibatkan mesin mobil tidak dapat berjalan dengan sempurna.

  1. Mesin Mobil Sulit Nyala atau Malah Mati Sendiri

Kabel busi mobil bocor dapat mengakibatkan mesin mobil sulit dinyalakan atau bahkan mati sendiri saat mesin dihidupkan. Hal ini disebabkan oleh arus listrik yang tidak optimal pada kabel busi yang dapat mengakibatkan mesin mobil menjadi tidak responsif.

  1. Konsumsi BBM Tidak Efisien

Kabel busi mobil bocor dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien. Hal ini disebabkan oleh ketidakoptimalan arus listrik pada kabel busi yang dapat membuat mesin mobil bekerja lebih keras untuk mencapai performa yang diinginkan, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien.

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Konsumsi Bahan Bakar Mobil Boros

  1. Tercium Bau Gas Tidak Sedap dari Mesin

Kabel busi mobil bocor dapat mengakibatkan timbulnya bau gas yang tidak sedap dari mesin mobil. Hal ini disebabkan oleh ketidakoptimalan arus listrik pada kabel busi yang dapat mengakibatkan mesin mobil tidak dapat membakar bahan bakar dengan sempurna, sehingga timbul bau gas yang tidak sedap.

Efek Kabel Busi Mobil Bocor

Efek dari kabel busi mobil bocor bisa sangat berbahaya jika tidak segera ditangani, antara lain:

  1. Performa Mesin Mobil Menurun

Kabel busi mobil bocor dapat menyebabkan performa mesin mobil menurun. Hal ini disebabkan oleh ketidakoptimalan arus listrik pada kabel busi yang dapat mengakibatkan mesin mobil tidak dapat berjalan dengan sempurna.

  1. Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Tidak Efisien

Kabel busi mobil bocor dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien. Hal ini disebabkan oleh ketidakoptimalan arus listrik pada kabel busi yang dapat membuat mesin mobil bekerja lebih keras untuk mencapai performa yang diinginkan, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien.

  1. Merusak Komponen Mesin Mobil

Jika masalah kabel busi mobil bocor tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin mobil lainnya. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakoptimalan arus listrik pada kabel busi yang dapat menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga dapat merusak komponen mesin mobil seperti busi dan sistem pengapian.

Cara Mengatasi Kabel Busi Mobil Bocor

Untuk mengatasi kabel busi mobil bocor, beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Lakukan Pengecekan

Saat mengalami masalah kabel busi mobil bocor, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan pada kabel busi dan pastikan tidak ada kerusakan pada kabel busi. Jika ditemukan kerusakan, segera lakukan penggantian kabel busi dengan yang baru.

  1. Pastikan Kabel Busi Terpasang dengan Baik dan Tidak Longgar

Kabel busi yang terpasang dengan baik dan tidak longgar akan memastikan arus listrik yang optimal pada mesin mobil. Jika kabel busi terpasang dengan longgar, arus listrik akan tidak stabil dan dapat menyebabkan masalah pada performa mesin mobil.

  1. Ganti Kabel Busi secara Rutin

Ganti kabel busi secara rutin menjadi kunci untuk menghindari masalah kabel busi mobil bocor. Sebaiknya, ganti kabel busi setiap 20.000 hingga 30.000 km, atau setidaknya satu kali dalam dua tahun, tergantung pada kondisi penggunaan mobil.

  1. Pastikan Menggunakan Kabel Busi Berkualitas Tinggi

Penggunaan kabel busi berkualitas tinggi akan memastikan arus listrik yang stabil pada mesin mobil. Pilih kabel busi yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan berkualitas tinggi untuk memastikan performa mesin mobil tetap optimal.

  1. Lakukan Perawatan Tune Up Mobil secara Rutin

Perawatan tune up mobil yang dilakukan secara rutin menjadi kunci utama untuk menghindari masalah kabel busi mobil bocor. Tune up mobil akan memastikan seluruh komponen mesin mobil berfungsi dengan baik, termasuk kabel busi.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang masalah kabel busi mobil bocor, penyebab, ciri-ciri, efek, dan cara mengatasinya. Dalam mengatasi masalah kabel busi mobil bocor, perawatan yang dilakukan secara berkala merupakan kunci utama untuk menghindari masalah ini.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/