New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Intip Seputar Masalah Pada Mobil dan Solusinya, Cegah Segera

Masalah pada mobil tidak ada habis-habisnya. Beragam masalah yang menimpa juga turut diimbangi oleh perawatan secara berkala agar tidak terjadi kerusakan merembet lainnya. Mobil yang rusak turut berimbas pada penurunan kualitas berkendara. Jangan panik, apakah masalah mobil anda juga terdapat pada uraian dibawah ini?

1. Kabin Bau Apek

Seiring dengan berjalannya umur pemakain mobil, kabin mobil sudah tidak fresh seperti sedia kala. Alhasil timbul bau apek. Umumnya, diluar negeri disematkan parfum khusus yang terdapat pada jok serta plafon, bertujuan agar bau kulit lebih terasa.

Parfum sejenis ini bisa didapatkan di tukang detailing.

2. Steam Hidrolik Dapat Merusak Kaki-Kaki

Semakin berkembangnya teknologi, imbasnya pun juga terasa pada steam motor maupun mobil. Hampir seluruh steam mobil dilengkapi oleh mesin hidrolik. Berbagai kemudahan yang ditawarkan pun dapat meningkatkan manfaat serta hasil kerja yang berkualitas. Namun benarkan steam hidrolik dapat merusak kaki-kaki mobil?

Jawabannya tidak, namun beberapa kasus ketika di dongkrak keseluruhan kaki mobil maka terdapat suspensi yang menjadi keras sehingga butuh direset ulang, salah satunya jenis mobil Ford Fiesta yang butuh dijalankan 3 jam baru dapat normal kembali.

Jadi jangan panik, tidak akan rusak namun butuh reset dan proses lainnya agar mobil dapat kembali normal seperti sedia kala.

3. Posisi Idle Naik Turun 

Umumnya, penyebab RPM naik turun yakni disebabkan oleh udara. Solusinya ialah dengan membersihkan throttle body dan MAF sensor. Jika sudah dibersihkan namun masih nihil, maka anda dapat mengganti throttle body atau MAF sensor, namun dominan untuk lebih memilih mengganti throttle body saja.

Mengapa disarankan untuk mengganti baru? Sebab jika hanya dibenarkan saja, part tersebut dapat rusak kembali dalam waktu dekat.

4. Terasa Mental dan RPM Naik Mendadak

Ketika berkendara menanjak saat kemacetan melanda, otomatis harus menggunakan rem tangan. Namun apakah anda merasakan setelah rem dilepas terasa seperti mental dan RPM menjadi naik mendadak?

Hal ini disebabkan karena transmisi tidak berjalan lancar sehingga terlambat dan mengalami jeda ketika berhenti dan saat dijalankan kembali. Otomatis pengguna merasakan indikasi nyendal.

Solusinya, yakni sebaiknya jangan gunakan rem tangan jika memang berhentinya tidak terlalu lama. Gunakan rem kaki. Lalu transmisi diubah menjadi Netral.

5. Bau Bensin

Seringkali bau bensin kerap dialami oleh pengguna diesel solar Pertamina Dek. Hal ini masih terbilang wajar karena mobil butuh waktu pembakaran agar mesin menjadi panas. Seharusnya ketika mesin sudah panas, bau sudah hilang.

Jika bau solar tersebut berasal dari dalam kabin, maka dipastikan terdapat kebocoran bahan bakar.

6. Check Engine Menyala Hingga Mesin Brebet dan Ngelitik 

Jangan diamkan lebih lama, alangkah baiknya segera bawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan scanner secara menyeluruh sebab kondisi ini sudah terbilang parah dan harus mendapatkan penanganan secepat mungkin.

Pastikan bengel tersebut memang mengerti dan spesialis dibidangnya.

7. Asap Ngebul 

Gejala asap ngebul hampir dirasakan oleh semua sejuta umat pengguna mobil. Mobil Capptiva Diesel 2013 memang dapat mengalami asap ngebul karena;

-Oli yang dipakai harus terdapat deksos 2

-Bahan bakar harus solar Dek, selain solar Dek dapat memicu ngebul lebih pekat.

8. AC Panas Saat Mobil Berhenti

Pernahkah anda mengalami AC panas saat mobil berhenti namun kembali dingin ketika mobil melaju normal?

Umumnya gejala ini disebabkan oleh suhu mesin yang sudah terlampau panas. Bisa jadi freon yang sudah berkurang, air radiator yang aus, mampet, kotor, dan lain sebagainya.

Segeralah untuk melakukan pengecekan pada spesialis bengkel sebab jika dibiarkan lebih lama dapat memicu terjadinya kerusakan merembet hingga overheat.

Itulah ulasan mengenai masalah pada mobil yang sering terjadi. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda.

Senang dapat berbagi informasi dengan Anda..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya