ūüďĘ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ‚Ź© Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Memperbaiki Kompresor AC Mobil Berisik Secara Manual

Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Berisik

Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Berisik Secara Manual – Banyak bengkel yang menjanjikan dapat mengatasi masalah dengan memperbaiki kompresor AC mobil berisik secara cepat. Namun seringkali hal ini jusru menimbulkan masalah yang lebih besar. Hal ini sering terjadi pada bengkel AC mobil nakal dan tidak berkompeten.

Apa sebenarnya yang harus dilakukan dalam memperbaiki kompresor AC mobil berisik?

Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Berisik
Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Berisik

Mendeteksi Gejala Awal Memperbaiki Kompresor AC Mobil Berisik

  • Suara Kasar

    Terdengar suara agak kasar ketika tombol AC diubah ke posisi 1-2-3 yang mengindikasikan AC yang mulai bekerja. Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan. Tetapi jika tombol di-set kembali ke ‚Äėoff‚Äô, suaranya akan hilang.

  • Tekanan pada Kompresor AC Mobil Kurang

    Tekanan pada kompresor berkurang. Pada awalnya hembusan udara dari AC akan terasa kurang dingin ketika rpm mesin dalam keadaan rendah. Tetapi ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara akan mulai terasa dingin

  • Ada Kebocoran

    Semakin besar kebocorannya, freon akan semakin cepat habis dan semakin cepat AC terasa tidak dingin. Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Kalau terjadi kebocoran freon baiknya langsung bawa ke bengkel ya. Karena ada efek samping menghirup gas freon pada AC mobil yang bocor.

  • Masalah pada¬†magnetic clutch¬†atau kopling magnet

    Kasus yang banyak terjadi adalah bila mobil sedang berada di jalan yang macet atau sedang berjalan merayap. Udara di dalam kabin yang tadinya dingin tiba-tiba tidak dingin sama sekali. Tetap setelah dimatikan beberapa saat dan dihidupkan kembali, AC bekerja lagi dengan normal. Biasanya ini setelah diiringi rpm mobil yang tinggi, diatas angka 1 atau 1000 rpm.

Tindakan Pencegahan Awal

Jika kita menemukan indikasi seperti di atas tadi, sebaiknya segera menghubungi bengkel yang terpercaya terutama bengkel yang khusus memperbaiki masalah-masalah AC mobil. Karena apabila ditunda-tunda dan dibiarkan karena dianggap akan kembali ke semula dengan sendirinya, masalah bisa merembet ke komponen yang lain dan ujung-ujungnya kerusakan bisa lebih besar. Apalagi kompresor sama sekali bukan jenis spare part yang harganya murah.

Mencari Penyebab Kompresor AC Mobil Bermasalah

  1. Fan mati atau lemah

    Ketika fan ac maupun fan radiator mati / lemah akan membuat tekanan freon pada jalur high press meningkat atau overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan dan berpotensi membuat kompresor menjadi bermasalah seperti bunyi kasar ataupun bocor.

  1. Freon yang terlalu sedikit didalam sistem

    Jika pada selang freon AC mobil terdapat lubang atau retakan, AC akan mengalami kebocoran freon. Dan setelah beberapa saat, level freonnya jadi sangat rendah dan mengakibatkan kompresor harus bekerja lebih keras memompa freon yang cukup ke seluruh sistem untuk mendinginkan kabin. Ketegangan ini akhirnya akan menyebabkan kondisi kompresor memburuk.

  1. Terlalu banyak freon yang diisi

    Apabila AC mobil kita ditangani oleh teknisi yang kualifikasinya kurang memadai lalu teknisi tersebut menambahkan terlalu banyak freon, atau bahkan menggunakan tipe freon yang salah, hal tersebut dapat berefek mematikan pada kompresor.

  1. Kebuntuan / mampet

    Pada dasarnya Sistem kerja ac mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus didalam sistem, apabila aliran sirkulasi yang terhambat (buntu) membuat kompresor terus berkerja (memompa) akan tetapi aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

  1. Oli pelumas yang tidak cukup

    Anggaplah oli pelumas AC ini sebagai darah di tubuh manusia. Jika oli ini tidak cukup, sistem tidak dapat bekerja dengan benar dan segala jenis masalah dapat timbul, termasuk masalah kerusakan kompresor AC. Saat sistem terawat secara rutin oleh teknisi AC yang profesional, teknisi tersebut akan mengecek level oli dan kondisi pompa oli untuk mencegah masalah yang satu ini.

  1. Usia pemakaian

    Dengan mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan yang rutin tentunya dapat memperpanjang usia komponen komponen spare part ac mobil anda khusus nya pada kompresor.

Memperbaiki Kompresor AC Mobil Berisik

Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Berisik

Bagaimana memperbaiki kompresor AC yang rusak bergantung pada apa jenis kerusakannya dan bagian mana yang rusak karena tentu harga jual kompresor AC mobil tidak murah dan tidak ada yang jual kompresor AC per komponennya saja.

Baca Juga : Oli 9Circle – Tingkatkan Performa Mobil Anda

Untuk itu sebelum memperbaikinya, kenali dulu masalah kompresor AC kita sebelum mengeluarkan dana untuk harga kompresor AC mobil atau mengganti kompresor karena harga jual kompresor AC bekas yang lebih terjangkau.

  • Kompresor yang Macet

    Untuk kompresor yang macet dan rusak disebabkan karat yang terdapat pada shaft kompresor dengan bearing bambu dan tidak bisa berputar, sebetulnya tidak perlu menggantinya dengan yang baru karena karatnya bisa dihilangkan.

    Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar kompresor lalu membersihkannya dengan antikarat, mengamplasnya dengan amplas halus, kemudian mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

    Pastikan juga bahwa tidak terdapat cacat pada kompresor seperti piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Karena jika patah tentu saja kita harus mengganti keseluruhan kompresor dengan yang baru.

  • Kompresor yang Berbunyi dan Berisik

    Pada kompresor yang berbunyi dan berisik, pertama-tama kita harus memperhatikan oli kompresor yang bertugas sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas. Mungkin saja ada kesalahan pada pengisian oli pelumas atau kebocoran pada kompresor.

    Periksa juga apakah pistonnya telah aus. Ini bisa terjadi pada mobil tua atau mobil yang perawatan sistem AC-nya kurang. Piston yang aus adalah salah satu dari sebab-sebab AC mengeluarkan suara berisik.Jika ini terjadi, berarti saatnya kompresor diganti dengan yang baru.

    Selain itu cek pula thrust bearing. Jika trush bearing ini longgar karena pemasangan yang tidak benar sesudah dibongkar, maka masalah bunyi berisik tadi dapat terselesaikan dengan mengencangkan lagi thrust bearing yang longgar.

    Untuk masalah yang satu ini kita ada bahasan khusus yaitu penyebab kompresor AC mobil bising.

    Terakhir, periksa AS. Untuk AC bertipe denso, AS pada kompresor yang tidak presisi dapat menyebabkan pergerakan piston yang melampaui batas maksimal. Jika ini terjadi maka akan terjadi benturan pada katup kompresor dan menimbulkan bunyi ketika AC dinyalakan.

  • Kompresor AC Mengalami Macet

    Jika kompresor AC mengalami macet, hal ini biasanya disebabkan kompresor yang dipaksa bekerja ketika mengalami termal tanpa adanya perbaikan. Yang terjadi selanjutnya adalah kompresor yang macet lalu terbakar.

    Ketika kita Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Berisik kita dengan baik, tepat, dan rutin di bawah tangan yang ahli, kita sekaligus juga menjaga udara dingin dalam kabin tetap konsisten. Ini berarti, penting sekali untuk memberikan servis sistem AC mobil kita setidaknya 2 kali dalam 1 tahun oleh bengkel AC yang betul-betul mengerti dan memiliki pengalaman di bidangnya. tidak hanya mesin mobil secara keseluruhan saja yang perlu diservis, bagian-bagian yang paling sering kita gunakan dan umum mengalami masalah seperti sistem AC pun tidak boleh luput dari daftar perawat mobil yang utama.

Itulah penjelasan tentang Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Berisik dan semoga bermanfaat!

Dokter Mobil

Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah Memperbaiki Kompresor AC Mobil Berisik

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers ūüĎč, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ‚̧ԳŹ

Loading...
Cabang :
Service :

Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service Memperbaiki Kompresor AC Mobil Berisik silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
‚ėŹ (021) 2245 4429 ‚ėŹ 085817653292 ‚ėŹ 0813-1991-2289 ‚ėŹ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Jika anda memiliki pertanyaan yang mengganjal mengenai langkah memperbaiki kompresor AC mobil berisik sesuai dengan artikel ini, silahkan meninggalkan komentar pada kolom komentar di bawah artikel ini. Kami akan menjawab pertanyaan anda secepat dan seakurat mungkin.

Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5694

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers ūüĎč, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ‚̧ԳŹ

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

One Response

  1. Kompresor berisik ketika injak gas RPM di atas 2 rbu,dan setelah dipakai agak lama .kira” apanya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.