📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

2 Cara Cek Freon AC Mobil, Jangan Tunggu Sampai Bocor!

2 Cara Cek Freon AC Mobil, Jangan Tunggu Sampai Bocor!

Kebanyakan orang akan merasa terselamatkan ketika mereka duduk di dalam mobil di saat cuaca panas, terutama di musim panas. Karena dengan adanya AC mobil, suhu panas di luar jadi tak terasa.

Namun, untuk memastikan AC mobil bekerja dengan baik, Anda harus melakukan cara cek freon AC mobil secara rutin.

Meskipun ada banyak perawatan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga AC mobil Anda tetap bekerja dengan baik, cek freon AC mobil adalah yang paling penting.

Ini adalah salah satu langkah pencegahan terbaik untuk memastikan AC Anda bekerja dengan maksimal.

Jika AC mobil Anda tidak berfungsi dengan benar, cek freon AC mobil adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memecahkan masalah.

Cara Cek Freon AC Mobil

Ketika Anda mengetahui cara melakukannya, cek freon AC mobil akan menjadi prosedur rutin yang mudah untuk memastikan AC mobil Anda berfungsi dengan baik. Inilah dua cara bagaimana Anda dapat melakukan cek freon AC mobil.

  1. Cek Freon AC Mobil dengan Sight Glass

Cara cek freon AC mobil melalui sight glass adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa sistem AC Anda berfungsi dengan baik.

Ini bisa menjadi proses yang memakan waktu, tapi jika dilakukan dengan benar, Anda akan dapat memastikan bahwa sistem AC Anda berfungsi dengan baik dan menghindari masalah di kemudian hari.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa freon AC mobil melalui sight glass:

  • Pastikan bahwa kompresor AC Anda benar-benar mati. Jangan lupa untuk melakukan reset pada sistem AC setelah Anda selesai memeriksa.
  • Cari sight glass di sekitar kompresor AC Anda. Sight glass adalah jendela kaca yang letaknya di sekitar kompresor AC untuk membantu Anda memeriksa kondisi freon AC.
  • Bersihkan kaca dengan bahan pelarut, terutama jika Anda melihat banyak kotoran di dalamnya.
  • Perhatikan warna cairan di dalam sight glass. Warna hijau menunjukkan bahwa freon AC dalam kondisi baik, sedangkan warna merah menunjukkan bahwa ada masalah dengan freon.
  • Jika Anda melihat banyak udara bergerak di dalam sight glass, itu menandakan bahwa ada masalah dengan sistem AC Anda.
  • Setelah Anda selesai memeriksa, jangan lupa untuk melakukan reset pada sistem AC.
  1. Cek Freon AC Mobil dengan Alat Pengukur Tekanan Freon

Untuk melakukan cek kondisi freon AC mobil, Anda bisa menggunakan alat pengukur tekanan freon yang lebih akurat dalam memberikan pengukurannya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pertama, pastikan bahwa AC mobil telah dinyalakan dan beroperasi dengan normal. Kemudian, buka tutup katup AC dan temukan katup freon.

Setelah itu, gunakan alat pengukur tekanan freon untuk memeriksa tekanan freon di dalam sistem AC.

Kemudian, periksa suhu udara di dalam AC. Jika suhu udara terlalu tinggi atau tekanan freon terlalu rendah, maka ini merupakan indikasi bahwa ada masalah dengan freon di dalam AC.

Selanjutnya, jika Anda ingin menambahkan freon, pastikan untuk menggunakan freon yang direkomendasikan.

Setelah menambahkan freon, periksa tekanan dan suhu udara di dalam AC untuk memastikan bahwa sistem AC berfungsi dengan baik.

Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa kondisi freon di dalam AC mobil dengan benar dan efektif.

Adapaun alat pengukur freon ini biasanya bisa Anda dapatkan hanya di bengkel-bengkel spesialis AC mobil saja.

Meski AC mobil dirasa masih baik-baik saja namun Anda ingin cek freon AC mobil Anda, tentu ada perasaan sungkan untuk datang ke bengkel karena menganggap bahwa AC mobil Anda masih baik-baik saja, bukan?

Pentingnya Cek Freon AC Mobil secara Berkala

Melakukan cara cek freon AC mobil secara rutin sangatlah penting karena freon adalah bahan yang penting untuk menjaga AC mobil berfungsi dengan baik.

Freon adalah gas yang berfungsi untuk menghilangkan panas dari udara yang keluar dari AC mobil.

Jika freon berada di bawah tingkat normal, maka AC mobil tidak akan bekerja dengan efisien. Jika freon di bawah tingkat normal terlalu lama, maka komponen AC mobil berisiko mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, cek freon AC mobil harus dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa AC mobil berfungsi dengan baik dan menjaga komponen AC mobil tetap aman dari kerusakan.

Di samping itu, dilakukannya cara cek freon AC mobil secara rutin berguna untuk memastikan bahwa AC mobil dapat beroperasi dengan efisien.

Dengan begitu, Anda dapat tetap menikmati suhu yang nyaman di dalam mobil Anda sepanjang waktu.

Dengan menjaga freon dalam tingkat normal, Anda dapat memastikan bahwa AC mobil akan berfungsi dengan baik sehingga Anda dapat merasakan kenyamanan di dalam mobil Anda.

Jadi, cek freon AC mobil harus dilakukan secara rutin agar AC mobil tetap berfungsi dengan baik dan Anda bisa tetap nyaman di dalam mobil Anda.

Baca Juga: Inilah Efek dan Bahaya Freon AC Mobil Kurang

Penutup

Jadi, melakukan cara cek freon AC mobil secara rutin diperlukan untuk memastikan bahwa AC mobil berfungsi dengan baik dan komponen AC mobil aman dari kerusakan.

Ini juga penting untuk memastikan bahwa AC mobil dapat beroperasi dengan efisien, sehingga Anda dapat merasakan kenyamanan di dalam mobil Anda.

Dengan begitu, Anda dapat tetap menikmati suhu nyaman di dalam mobil Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Estimasi Biaya Servis Toyota Vios

Estimasi Biaya Servis Toyota Vios

Toyota Vios merupakan salah satu mobil sedan yang populer di Indonesia. Namun, seperti mobil-mobil lainnya, Toyota Vios juga memerlukan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!