New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Mesin Mobil Brebet di Rpm Tinggi? Periksa Komponen Ini

Berbagai kendala seperti mesin mobil brebet di RPM tinggi bisa kapan saja menimpa mobil Kamu, termasuk saat mesin melakukan akselerasi. Pemicunya bisa berasal dari berbagai macam kerusakan pada komponen. Namun pada dasarnya mobil brebet menandakan komposisi bahan bakar dan udara pada RPM tersebut tidak sesuai.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika masalah ini muncul? Bagaimana mengatasinya dan mencegah agar masalah ini tidak muncul kembali?

Penyebab Mesin Mobil Brebet di RPM Tinggi

Selain itu, sistem pengapian yang tidak berjalan normal juga bisa menjadi faktor penyebab mobil brebet. Tentu sangat tidak baik jika membiarkannya terlalu lama karena berpotensi merusak komponen lain. Oleh sebab itu, sesegera mungkin Kamu harus mengetahui letak permasalahan dan lekas memperbaikinya.

  • Kotornya throttle body

Biasanya, kotoran berupa debu halus sering menempel terutama pada bagian throttle body atau katup gas. Hal ini bisa Kamu periksa sendiri dengan membuka throttle body secara langsung. Kotoran yang terus menumpuk dari waktu ke waktu dapat menyebabkan akselerasi mesin terganggu. Alhasil, mobil pun terkadang tidak stabil dan tersendat baik saat akselerasi maupun RPM tinggi. Solusi terbaiknya adalah melakukan tune up termasuk penggunaan carb jet atau carbon cleaner untuk membersihkan throttle body.

  • Kerusakan pada aktuator injeksi atau salah satu sensor mesin

Kendala satu ini merupakan kendala yang sering muncul. Mobil dengan mesin injeksi memang diklaim lebih sederhana dan lebih mudah dalam mendiagnosa sekaligus memperbaiki permasalahan. Namun hal ini berbanding terbalik karena Kamu akan kesulitan memeriksa permasalahan tanpa peralatan khusus yang memadai.

Untuk kasus ini, mobil tersendat atau brebet saat RPM tinggi bisa disebabkan oleh adanya sensor yang tidak bekerja dengan normal atau error. Selain itu, berbagai kemungkinan lainnya bisa saja terjadi seperti ECU rusak, atau pun fuel pump bermasalah.

Untuk mendiagnosa komponen yang bermasalah secara akurat, dibutuhkan scanner khusus yang biasanya ada di bengkel-bengkel besar atau dealer resmi. Ini juga bisa ditandai dengan lampu indikator check engine berkedip saat mobil hendak digunakan. Jika itu terjadi, maka sebaiknya bawa segera mobil kesayangan ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan pengecekan.

  • Busi lemah

Karena fungsinya untuk menghasilkan percikan bunga api, busi memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembakaran. Pembakaran yang terjadi pada ruang bakar mesin dipengaruhi oleh besar kecilnya api dari busi. Mobil bisa saja brebet atau tersendat saat RPM tinggi karena pembakaran tidak berlangsung sempurna akibat dari kecilnya api yang dihasilkan busi.

Untuk mengatasinya, Kamu perlu mengganti busi yang bermasalah dengan yang baru. Tentu terdapat jenis busi yang beragam, sangat disarankan untuk memilih busi yang sesuai dengan kebutuhan jenis mobil atau ikuti rekomendasi pabrikan.

  • Kotornya ruang bakar

Selain menghasilkan daya panas dan ekspansi, proses pembakaran juga dapat menghasilkan gas residu yang terkadang residualnya cukup padat layaknya kerak. Seluruh gas residu tersebut akan dikeluarkan melalui knalpot, akan tetapi tidak dengan residual padat. Pada akhirnya, residual padat ini akan terus menumpuk dalam ruang bakar serta menyebabkan mobil brebet atau tersendat terutama di RPM tinggi.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil brebet di RPM tinggi yang harus Kamu ketahui. Segera atasi masalah ini sebelum kerusakan menjadi lebih parah. Memperbaiki mesin sedini mungkin tentu akan menghindarkan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat terutama bagi Kamu yang sedang mengalami kendala serupa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!