bengkel mobil terdekat

Panduan Beli Mobil Bekas dari Luar Negeri, Lebih Murah?

Beli Mobil Bekas dari Luar Negeri
Beli Mobil Bekas dari Luar Negeri

Pernahkah Anda berpikir untuk beli mobil bekas dari luar negeri sebagai alternatif dapat mobil mewah yang lebih murah?

Banyak yang beranggapan bahwa beli mobil bekas dari luar negeri bisa jadi pilihan yang lebih ekonomis. Namun, benarkah demikian?

Di balik gemerlapnya tawaran harga yang tampak menguntungkan, ada sejumlah pertimbangan yang harus diperhatikan.

Dari segi regulasi, biaya tambahan, hingga kualitas kendaraan itu sendiri, semuanya memerlukan analisis mendalam.

Sebelum Anda terjebak dalam dilema antara harga murah dan kualitas, mari kita telusuri bersama fakta-fakta di balik proses pembelian mobil bekas dari negeri orang.

Dengan demikian, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan memastikan investasi Anda bernilai setiap Rupiah yang Anda keluarkan.

Cara Beli Mobil Bekas dari Luar Negeri

Ada beberapa cara beli mobil bekas dari luar negeri yang bisa Anda lakukan dan Anda perhatikan agar tak salah langkah, diantaranya sebagai berikut:

  1. Cara Beli Mobil Bekas dari Luar Negeri dengan Prosedur Impor Mobil

Beli mobil bekas dari luar negeri mungkin terdengar menarik, namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melangkah lebih jauh.

Setiap langkah dalam proses impor mobil harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pertama, penting untuk memahami bahwa pemerintah Indonesia memiliki kebijakan ketat terkait impor mobil bekas untuk kepentingan pribadi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Namun, jangan cepat berkecil hati! Meskipun ada batasan, masih ada peluang untuk Anda yang bergerak di bidang niaga.

Menurut Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 tahun 2016, impor mobil bekas hanya diperbolehkan untuk kendaraan niaga dengan kapasitas angkut di atas 5 ton.

Ini bukan sembarang aturan, melainkan sebuah kebijakan yang dirancang untuk melindungi industri dalam negeri dan konsumen.

Peraturan ini juga menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan “barang modal”. Dalam konteks ini, barang modal adalah barang yang digunakan sebagai modal usaha atau untuk produksi.

Jadi, jika Anda berpikir untuk mengimpor mobil bekas untuk keperluan bisnis, pastikan itu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Terakhir, ingatlah bahwa impor barang bekas hanya diperuntukkan bagi perusahaan yang akan menggunakannya secara langsung, perusahaan manufaktur, atau yang melakukan rekondisi.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengimpor, pastikan Anda telah memahami seluruh prosedur dan persyaratan yang berlaku agar proses impor Anda berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

  1. Cara Beli Mobil Bekas Kedutaan Asing

Apakah Anda pernah bermimpi memiliki mobil mewah dari luar negeri tanpa harus mengeluarkan biaya impor yang mahal? Ada kabar baik untuk Anda!

Salah satu cara cerdas untuk mewujudkan mimpi tersebut adalah dengan beli mobil bekas dari luar negeri melalui kedutaan asing.

Kedutaan asing di Indonesia kebanyakan menggunakan kendaraan yang diimpor langsung dari negaranya sendiri. Keistimewaan dari mobil-mobil ini adalah status bebas bea masuknya saat pertama kali diimpor.

Namun, ada hal penting yang perlu Anda ketahui. Meskipun mobil tersebut awalnya bebas bea masuk, ketika mobil tersebut dijual kepada masyarakat sipil, statusnya berubah.

Jadi, jika Anda berencana untuk membeli mobil eks kedutaan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, Anda harus mempersiapkan diri untuk membayar bea masuk dan beberapa jenis pajak impor lainnya seperti PPN, PPh pasal 22, dan PPnBM.

Kedua, ada tarif penyesuaian sebesar 48,48% dari harga mobil yang harus Anda pertimbangkan.

Dan jangan lupa, tarif bea masuknya sendiri adalah 50% dari tarif penyesuaian tersebut.

Namun, jangan biarkan angka-angka tersebut menghalangi Anda.

Dengan perencanaan yang matang dan pemahaman yang mendalam tentang prosedurnya, Anda bisa mendapatkan mobil impian Anda dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Baca Juga: 15 Mobil Matic Irit BBM, Lebih Hemat Biaya!

  1. Cara Beli Mobil Bekas dari Batam, Sabang, dan Papua

Apakah Anda pernah mendengar bahwa ada tiga wilayah di Indonesia di mana Anda bisa beli mobil bekas dari luar negeri dengan mudah?

Batam, Sabang, dan Papua adalah tiga permata tersembunyi di Indonesia di mana Anda bisa memiliki mobil impian dari luar negeri dengan biaya yang jauh lebih ringan.

Namun, tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Meskipun mobil impor di ketiga zona tersebut bebas dari bea cukai, Anda harus memastikan bahwa mobil tersebut tidak keluar dari wilayah zona bebas.

Jadi, jika Anda berencana untuk berkendara keluar dari Batam, Sabang, atau Papua, pastikan Anda telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan.

Proses mutasi kendaraan dari zona bebas ini memang memerlukan sedikit usaha ekstra. Anda harus melunasi pajak PPN, mengurus surat jalan, dan tentu saja memastikan semua dokumen kendaraan seperti STNK dan BPKB lengkap dan valid.

Namun, dengan sedikit kesabaran dan ketelitian, Anda bisa menikmati sensasi berkendara dengan mobil impor di tanah air tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Jadi, jika Anda sedang mencari cara cerdas untuk memiliki mobil impian dari luar negeri, pertimbangkan untuk memulai petualangan Anda di Batam, Sabang, atau Papua.

Beli Mobil Bekas dari Luar Negeri, Cek Kondisinya dengan General Checkup di Dokter Mobil!

Beli mobil bekas dari luar negeri memang tampak menggiurkan. Tapi jika tak jeli dalam memilih, bisa jadi Anda akan dapatkan mobil dengan kondisi yang buruk, lho.

Agar bisa pastikan untuk dapatkan mobil bekas dengan kualitas yang terpercaya, bawa ke General Checkup di Dokter Mobil adalah pilihan paling terpercaya.

Dokter Mobil memiliki layanan General Checkup yang bisa Anda pilih untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan sehingga Anda bisa tanggulangi secara dini jika ternyata ada komponen yang alami kerusakan.

Yuk, reservasi General Checkup untuk mobil bekas Anda di Dokter Mobil sekarang dengan cara hubungi via WhatsApp di sini.

Atau kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terkait di:

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/