📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Injeksi Kehabisan Bensin Sampai Susah Hidup, Ini Solusi Jitunya!

Mobil Injeksi Kehabisan Bensin Sampai Susah Hidup

Mobil injeksi menjadi pilihan populer bagi banyak pemilik mobil karena efisiensi bahan bakarnya yang lebih baik dan performa mesin yang lebih baik.

Namun, kadang-kadang masalah bisa terjadi, seperti mobil injeksi kehabisan bensin dan kesulitan dalam menghidupkan mobil. Jika Anda mengalami masalah semacam ini, jangan khawatir.

Artikel ini akan memberikan Anda solusi praktis untuk mengatasi mobil injeksi kehabisan bensin sampai susah hidup.

Cara Mengatasi Mobil Injeksi Kehabisan Bensin Sampai Susah Hidup

Saat mobil injeksi kehabisan bensin, memang biasanya mobil jadi susah untuk dihidupkan. Agar masalah ini tak buat Anda repot, pastikan untuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Persiapkan Bensin Cadangan yang Cukup

Mengalami kehabisan bensin adalah masalah umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Untuk mengatasi masalah susah dihidupkan karena mobil injeksi kehabisan bensin ini, pastikan Anda selalu memiliki persediaan bensin cadangan yang cukup di dalam mobil Anda.

Hal ini akan membantu Anda menghindari kejadian darurat saat bensin di tangki mobil Anda hampir habis.

Selalu perhatikan level bensin dan isi tangki saat sudah mendekati setengah penuh. Dengan begitu, Anda akan memiliki cukup waktu untuk mencari pompa bensin terdekat tanpa khawatir mobil tidak bisa hidup.

  1. Gunakan Pompa Bensin Portabel

Jika mobil injeksi kehabisan bensin di jalan dan tidak ada pompa bensin di sekitar, Anda bisa menggunakan pompa bensin portabel sebagai solusi sementara. Pompa bensin portabel adalah alat kecil yang dapat digunakan untuk mengisi bensin langsung ke tangki mobil.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyambungkan ujung pompa ke tangki bensin dan memompa bensin secara manual.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Namun, perlu diingat bahwa pompa bensin portabel hanya dapat digunakan untuk keadaan darurat. Setelah menggunakan pompa bensin portabel, segera pergi ke pompa bensin terdekat untuk mengisi tangki secara penuh.

  1. Periksa Sistem Injeksi Bahan Bakar

Jika mobil injeksi kehabisan bensin dan sulit dihidupkan ini sering terjadi di mobil Anda, ada kemungkinan ada masalah pada sistem injeksi bahan bakar. Salah satu penyebab umum masalah ini adalah penyumbatan atau kerusakan pada komponen sistem injeksi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel resmi atau ahli di bidang perbaikan mobil untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada sistem injeksi bahan bakar.

Mereka akan melakukan diagnosis dan mengganti komponen yang rusak atau membersihkan bagian yang tersumbat agar mobil Anda bisa kembali berjalan dengan lancar.

  1. Periksa Fuel Pump dan Fuel Filter

Fuel pump dan fuel filter merupakan komponen penting dalam sistem injeksi bahan bakar mobil Anda. Jika mobil Anda sering kesulitan hidup karena mobil injeksi kehabisan bensin, kemungkinan masalah terletak pada fuel pump atau fuel filter yang tidak berfungsi dengan baik.

Fuel pump bertugas memompa bensin dari tangki ke injektor, sedangkan fuel filter berfungsi menyaring kotoran dan partikel yang ada di dalam bensin.

Jika salah satu atau kedua komponen ini bermasalah, aliran bensin ke mesin akan terganggu. Pastikan fuel pump dan fuel filter dalam kondisi baik dan bersih. Jika perlu, ganti komponen yang rusak atau tersumbat untuk memastikan kelancaran aliran bensin.

  1. Pelajari Teknik “Priming” untuk Menghidupkan Mobil

Jika mobil injeksi kehabisan bensin dan sulit dihidupkan, ada teknik yang bisa Anda coba untuk mempermudah proses penghidupan. Teknik ini disebut “priming”. Caranya adalah dengan memompa gas pedal beberapa kali sebelum menghidupkan mesin.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk mengisi saluran bahan bakar dan mengatur campuran udara dan bahan bakar agar lebih optimal. Setelah memompa gas pedal beberapa kali, coba hidupkan mesin.

Jika mobil masih kesulitan dihidupkan, ulangi proses ini beberapa kali. Namun, perlu diingat bahwa teknik ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena bisa menyebabkan kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar.

  1. Periksa Sistem Elektrikal Mobil Anda

Selain masalah bahan bakar, kegagalan mobil injeksi untuk hidup juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem elektrikal. Pastikan aki mobil Anda dalam kondisi baik dan memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan mesin.

Periksa kabel-kabel penghubung, terminal aki, dan koneksi lainnya untuk memastikan tidak ada konsleting atau kerusakan.

Jika Anda mencurigai ada masalah dengan sistem elektrikal mobil Anda, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Baca Juga: Pengertian dan Macam-Macam Sistem Kelistrikan pada Mobil

  1. Jaga Kebiasaan Perawatan Berkala

Preventif selalu lebih baik daripada mengatasi masalah. Untuk menghindari mobil injeksi kehabisan bensin sampai susah hidup, jaga kebiasaan perawatan berkala yang teratur.

Rutin mengganti filter bahan bakar dan menjaga kebersihan sistem injeksi bahan bakar akan membantu mencegah masalah yang terkait dengan aliran bahan bakar.

Selain itu, pastikan Anda selalu mengisi tangki mobil Anda dengan bensin yang berkualitas baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Mengikuti jadwal perawatan yang disarankan oleh produsen mobil juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan performa mobil injeksi Anda.

Pastikan agar injektor juga bersih dari kotoran kerak karbon yang menumpuk hasil sisa pembakaran. Karena kerak karbon yang menumpuk akan menghabat kinerja pembakaran di ruang mesin, sehingga ketikan mobil injeksi kehabisan besin pun mobilnya akan semakin sulit dihidupkan.

Mendiagnosis Masalah Fuel Pump dan Fuel Filter pada Mobil Injeksi

Menentukan Masalah Fuel Pump:

  • Mesin Sulit Dihidupkan: Jika mesin mobil injeksi sulit dihidupkan, terutama saat kondisi dingin, atau membutuhkan waktu lama untuk cranking, ini bisa menjadi indikasi fuel pump yang lemah atau bermasalah.
  • Tenaga Mesin Berkurang: Fuel pump yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan tenaga mesin berkurang, terutama saat akselerasi atau menanjak.
  • Mesin Brebet: Fuel pump yang tersumbat atau tidak dapat memberikan aliran bensin yang cukup dapat menyebabkan mesin brebet atau tersendat saat berkendara.
  • Bunyi Berisik dari Fuel Pump: Dengarkan suara dengungan dari fuel pump saat kunci kontak diputar ke posisi “ON”. Jika terdengar suara dengungan yang kasar atau tidak biasa, ini bisa menandakan fuel pump yang bermasalah.

Menentukan Masalah Fuel Filter:

  • Mesin Brebet atau Tersendat: Fuel filter yang tersumbat dapat menyebabkan aliran bensin terhambat, resulting in mesin brebet atau tersendat saat berkendara.
  • Penurunan Performa Mesin: Fuel filter yang kotor dapat menghambat performa mesin, resulting in penurunan tenaga dan akselerasi yang lambat.
  • Kesulitan Menyalakan Mesin: Dalam beberapa kasus, fuel filter yang sangat kotor dapat menyebabkan kesulitan menyalakan mesin.

Tanda Sistem Injeksi Bahan Bakar Bermasalah:

  • Mesin Sulit Dihidupkan:
  • Tenaga Mesin Berkurang:
  • Mesin Brebet atau Tersendat:
  • Konsumsi BBM Berlebih:
  • Lampu Check Engine Menyala:
  • Bau Bensin yang Menyengat:
  • Emisi Gas Buang Berlebih:

Melakukan Priming pada Mobil Injeksi Kehabisan Bensin:

Priming pada mobil injeksi yang kehabisan bensin mungkin diperlukan untuk membantu proses penyalaan mesin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Matikan Mesin: Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati.
  2. Lepaskan Selang Bensin: Cari selang bensin yang menuju ke fuel rail (injektor). Biasanya terletak di dekat mesin. Lepaskan selang bensin tersebut.
  3. Siapkan Wadah: Siapkan wadah kecil untuk menampung bensin yang akan keluar dari selang.
  4. Alirkan Bensin: Letakkan ujung selang bensin ke dalam wadah dan nyalakan kunci kontak ke posisi “ON” selama beberapa detik. Bensin akan mengalir keluar dari selang. Lakukan ini beberapa kali sampai bensin mengalir dengan lancar.
  5. Pasang Kembali Selang Bensin: Pasang kembali selang bensin dengan erat ke fuel rail.
  6. Hidupkan Mesin: Coba nyalakan mesin mobil. Jika mesin masih sulit dihidupkan, ulangi langkah 3 hingga 5 beberapa kali.

Catatan:

  • Priming mungkin tidak selalu berhasil, terutama jika fuel pump atau fuel filter bermasalah.
  • Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk melakukan priming, sebaiknya hubungi bengkel yang qualified untuk mendapatkan bantuan.

Tips Mencegah Masalah Fuel Pump dan Fuel Filter

  • Gunakan Bensin Berkualitas: Gunakan bensin berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.
  • Periksa Fuel Filter Secara Rutin: Periksa fuel filter secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Biasanya, fuel filter perlu diganti setiap 20.000 – 40.000 km.
  • Bersihkan Fuel Tank Secara Berkala: Membersihkan fuel tank secara berkala dapat membantu prevent kotoran dan kerak yang dapat menyumbat fuel pump dan fuel filter.
  • Pasang Fuel Pump Relay: Memasang fuel pump relay dapat membantu meningkatkan aliran listrik ke fuel pump dan membuatnya lebih awet.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu mencegah masalah fuel pump dan fuel filter pada mobil injeksi dan menjaga sistem injeksi bahan bakar tetap dalam kondisi optimal.

Mengatasi mobil injeksi kehabisan bensin dan susah hidup memang bisa menjadi tugas yang menantang. Namun, dengan mengikuti solusi praktis di atas, Anda akan dapat mengatasi masalah ini dengan lebih mudah.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

damper

Fungsi Pasang Damper di Suspensi Mobil

Pelajari segala yang perlu Anda ketahui tentang damper mobil, termasuk fungsinya, tanda-tanda kerusakan, dan cara melakukan perawatan. Dapatkan panduan lengkap kami untuk menjaga kinerja optimal

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form