📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Ciri Mobil Makan Oli serta Solusinya

Mobil Makan Oli
Mobil Makan Oli
Sering Ganti Oli Karena Mobil Makan Oli maka Ini Sebab dan Solusinya

Dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab mobil makan oli maka solusi perbaikannya akan lebih mudah. Ini faktor penyebab dan solusinya. Dan pastikan untuk melakukan tindakan perbaikan sesegera mungkin.

Karena menunda perbaikan dapat beresiko menyebabkan kerusakan mobil semakin besar. Apalagi jika berkendara dalam kondisi mesin mobil kehabisan oli. Untuk solusi perbaikannyapun harus sesuai dengan penyebab masalah. Karena beda penyebab, beda pula solusinya.

Penyebab Mesin Mobil Makan Oli dan Boros

Ada banyak sekali penyebab mesin mobil boros konsumsi oli. Dan oli berkurang terus menerus. Adapun penyebab masalah ini adalah:

  1. Kerusakan Seal Packing

    Kebocoran ataupun kerusakan pada seal akan menyebabkan oli bisa masuk ke ruang bakar. Akibatnya, jumlah oli di mesin mobil cepat atau lambat akan habis.

    Tapi pada beberapa kasus, kebocoran oli tidak masuk ke ruang bakar. Namun menetes ke bawah. Oleh sebab itu, jika menemukan tetesan oli di bawah mobil, segeralah lakukan pengecheckan. Jangan memaksa membawa mobil yang kekurangan oli untuk bepergian jauh.

  2. Kebocoran di Ruang Bakar Mesin

    Masalah lain yang bisa muncul adalah adanya kebocoran di ruang bakar mesin yang menyebabkan oli yang bersirkulasi bocor ke ruang pembakaran. Tercampur dengan bahan bakar, dan menyebabkan asap knalpot ngebul serta bau oli.

  3. Kualitas Oli Mesin yang Kurang Baik dan Mudah Menguap

    Kasus mobil makan oli bisa terjadi karena oli menguap. Nah, oli mesin yang mudah menguap terjadi karena beberapa sebab. Sebab pertama adalah karena olinya jelek atau tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Akibatnya, oli mesin lebih cepat menguap.

    Sebab lain dari oli cepat menguap adalah karena mesin mobil terlalu panas. Bisa karena kipas mesin tidak berfungsi, atau karena radiator tidak bekerja dengan baik.

Dari beberapa penyebab mesin boros konsumsi oli tersebut, manakah yang jadi sumber masalah anda? Lantas apa solusinya?

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Namun yang paling pertama dilakukan adalah melakukan pengecheckan secara menyeluruh. Dengan demikian, penyebab masalah dapat ditemukan. Lalu melakukan service pada komponen yang bermasalah.

Baca Juga : 5 Penyebab Utama Mobil Matic Bunyi Saat Mundur

Mobil Makan Oli

Untuk menghindari dan mengatasi masalah mesin yang boros oli ini, tune UP wajib dilakukan. Terutama tune UP menyeluruh. Yang membersihkan seluruh komponen mobil. Juga lakukan perawatan dan service pada radiator untuk memastikan mesin mobil tidak cepat panas dan oli tidak mudah menguap.

Demikianlah beberapa penyebab masalah mobil makan oli dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7797

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️