📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab dan Solusi Mobil Ngempos pada Mobil Anda

mobil ngempos

Pernah mendengar istilah mobil ngempos? Tentunya istilah ini akan sangat sering anda dengar jika anda merupakan seorang yang memiliki mobil atau merupakan seorang yang memiliki ketertarikan terhadap mobil dan segala spesifikasinya. Ngempos merupakan sebuah kata yang mewakili keadaan mobil dimana tenaga dan performanya sudah sangat berkurang atau menurun. Ngempos merupakan keadaan dimana mobil mengalami sebuah miss tenaga atau akselerasi yang tidak baik saat dikendarai.

Tentunya keadaan ini akan sangat menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan saat berkendara baik oleh pengendara maupun penumpang sekali pun. Bukan tanpa alasan fenomena ini akan sering ditemui oleh pengendara, pasalnya setiap mobil akan mengalami kejadian ini jika tidak dilakukan pemeriksaan dan perawatan rutin. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab dan solusi penanggulangan mobil ngempos. Jadi, simak artikel ini hingga akhir, ya.

Penyebab dan Solusi Mobil Ngempos

mobil ngempos

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan timbulnya gejala kerusakan mobil yaitu mobil ngempos. Berikut merupakan beberapa penyebab paling umum yang menyebabkan mobil yang ngempos

  1. Mesin Mobil Overheat

Penyebab mobil ngempos yang paling sering terjadi adalah mesin mobil yang mengalami overheat. Overheat dapat terjadi saat mesin pendinginan mesin tidak bekerja dengan baik dan maksimal sehingga mesin mobil anda dapat memuai secara drastis. Keadaan ini akan sangat mempengaruhi komponen mobil yaitu piston.

Jika piston mengalami pemuaian lebih, maka akan terjadi peningkatan gesekan piston dengan bagian dinding luar silinder. Hal ini akan menyebabkan gerakan mesin akan ngempos atau miss akselerasi berupa gas yang kekurangan tenaga. Anda akan kesulitan untuk mengendarai mobil anda apalagi untuk kecepatan yang tinggi.

  1. Filter Udara atau Busi yang Kotor

Filter udara mesin berperan penting dalam pembakaran bahan bakar di mesin mobil dimana fungsinya sebagai penyuplai oksigen yang merupakan bahan yang harus ada untuk dapat melangsungkan proses pembakaran bahan bakar. Filter udara bertanggung jawab untuk menyediakan oksigen yang bersih, jadi jika filter udara kotor maka akan menyebabkan proses pembakaran akan tidak maksimal yang akan berdampak besar pada akselerasi mobil. Hal ini akan menyebabkan mobil ngempos.

Selain filter udara, komponen yang sangat berfungsi dalam proses pembakaran bahan bakar mesin adalah busi. Busi dapat mengalami kerusakan seperti timbulnya kerak yang akan membuat proses pembakaran di mesin pembakaran bahan bakar tidak maksimal. Tentunya menjadi penyebab mobil ngempos.

  1. Sistem Pengapian Mesin Bermasalah

Pengapian sangat berhubungan erat dengan performa atau tenaga mesin mobil yakni bekerja untuk membantu proses pembakaran bahan bakar. Jika pengapian mengalami masalah maka dapat dipastikan proses pembakaran bahan bakar tidak berjalan secara maksimal sehingga tenaga mesin menurun drastis. Hal ini juga menjadi penyebab dominan dalam hal mobil ngempos.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Injektor Bermasalah

Injektor sebagai komponen mesin yang berfungsi sebagai penyalur pasokan bahan bakar dalam rangkaian mesin juga dapat mengalami masalah. Jika terdapat kerusakan atau masalah di injektor, dapat dipastikan bahwa proses penyaluran bahan bakar mesin tidak berjalan baik bahkan bahan bakar mungkin tidak dapat dialirkan ke dapur pacu mobil. Tentunya hal ini akan membuat mobil akan ngempos.

  1. Klep Mesin Bocor

Klep sebagai pengatur masuk keluarnya material baik udara maupun bahan bakar dari intake berfungsi layaknya pintu. Klep berfungsi sebagai pintu keluarnya gas buang mesin ke knalpot. Fungsi klep yang sangat vital ini menyebabkan kerusakannya akan mempengaruhi proses pergerakan mesin sehingga membuat mobil ngempos.

Solusi

Ulasan diatas merupakan beberapa penyebab mobil ngempos yang sering ditemui oleh para pemilik mobil. Nah, untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa cara berikut

  1. Banyak kasus mobil ngempos terjadi karena overheat jadi anda perlu memastikan sebelum anda menjalankan kendaraan mobil anda, pastikan AIR/Coolant pada mesin mobil anda tidak keruh atau kotor dan pada posisi yang tepat.
  2. Pastikan bahwa air radiator dalam keadaan kering dan bersih karena akan berdampak pada kebocoran dan rembesan yang akan merusak performa dan proses kerja kendaraan anda.
  3. Mobil anda khususnya mesin membutuhkan sirkulasi udara yang bersih dan baik. Jadi, anda harus memastikan proses sirkulasi udara di mobil anda dapat bekerja dengan baik dan maksimal.
  4. Perhatikan mobil anda, pastikan mobil anda memiliki oli yang optimum baik dari segi jenis maupun jumlahnya.
  5. Periksa knalpot mobil anda setiap anda ingin melakukan perjalanan dan pastikan tidak terdapat kebocoran atau penyumbatan pada knalpot anda dari packing exhaust.

Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi mobil yang ngempos anda dengan lebih efektif, anda perlu membawa mobil anda ke bengkel mobil terdekat yang terpercaya dan aman. karena ada beberapa komponen mobil yang mungkin tidak anda sadari juga mengalami kerusakan. DOkter Mobil merupakan bengkel yang anda gunakan sebagai referensi dan tujuan karena pada pasalnya bengkel ini sudah tersebar di seluruh Indonesia yang menandakan bahwa terdapat pelanggan dari seluruh Indonesia yang mempercayakan kesehatan mobil mereka ke Dokter Mobil.

Dibaca Juga: Alasan Mengapa Mobil Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi mobil ngempos, anda perlu melakukan pemeriksaan rutin serta tune up yang merupakan sebuah layanan untuk mengembalikan performa mobil anda menjadi seperti baru kembali. Prosesnya merupakan sebuah rangkaian sistematik dengan mengurangi beban tidak wajar yang ada pada mesin anda sehingga komponen mobil lainnya menjadi lebih tahan lama. Tune up juga akan membantu untuk mencegah kemungkinan mobil anda akan mengalami miss akselerasi atau ngempos.

Dokter Mobil menyediakan free general check up mobil untuk anda yang mempercayakan kesehatan mobil anda di DOkter Mobil. Tersedianya sangat banyak jenis layanan memungkinkan mobil anda dapat dideteksi mengenai kekurangannya sehingga dapat di upgrade menjadi lebih muda bahkan menjadi seperti baru kembali. Tidak perlu khawatir untuk menemukan lokasi dari bengkel terpercaya ini karena titik cabang sudah tersebar di banyak lokasi. Lokasinya mulai dari Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Lampung, Bekasi, Surabaya, Tangerang, Cibubur, dan Depok.

Pastikan membawa mobil anda melakukan perawatan rutin di bengkel terpercaya agar anda dapat memiliki pengalaman berkendara yang maksimal dengan mobil anda. Akan sangat banyak bengkel di luar sana yang belum memiliki kualifikasi cukup untuk dijadikan bengkel langganan. Namun, Dokter Mobil sudah diakui dan digemari oleh banyak pelanggan di Indonesia sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, DOkter Mobil juga menyediakan berbagai promo bagi anda pelanggan setianya. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati layanan servis mobil di Dokter Mobil, ya.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai mobil ngempos yang dapat merugikan anda baik dari segi keamanan dan kenyamanan berkendara mobil anda. Anda sebaiknya melakukan perawatan rutin dan berkala pada mobil anda di DOkter Mobil agar mencegah mobil anda mengamati miss akselerasi atau sering disebut mobil ngempos. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sehingga memiliki mobil dengan performa dan kekuatan sesuai dengan keinginan anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

intake manifold mobil bocor

Penyebab Intake Manifold Mobil Bocor

Berikut penyebab intake manifold mobil bocor. Apakah Anda pernah mengalami masalah bocornya intake manifold pada mobil Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Bocornya intake manifold

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!