🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Mobil Brebet Merupakan Masalah yang Fatal ini 7 Penyebabnya!

mobil brebet

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Apakah anda pernah mengalami kejadian mobil brebet atau tersendat-sendat saat anda melaju di jalanan? Tentunya pengalaman tersebut merupakan kejadian yang sangat mengesalkan sekaligus mengganggu. Tidak hanya bagi pengemudi, penumpang juga tentunya terganggu akan kejadian satu ini. Pasalnya bukan hanya membuat kita kehilangan waktu, namun juga dapat membahayakan diri pengisi mobil jika mobil berada di jalur yang padat lalu lintas.

Penyebab dan Solusi Mobil Brebet

mobil brebet

Tidak hanya menghambat arus lalu lintas, namun jika mobil brebet dan berhenti di tengah jalan dan mobil lainnya berada pada kecepatan tinggi akan sangat berbahaya bagi arus lalu lintas. Oleh karena itu, masalah satu ini sering kali menjadi salah satu fokus perbaikan di setiap bengkel yang ada di Indonesia. Tentunya terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil yang brebet sekaligus tentunya ada solusi untuk mengatasinya. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab sekaligus solusi dari mobil brebet, jadi pastikan anda menyimak artikel ini hingga akhir.

Penyebab mobil brebet ini bisa diakibatkan dari banyak faktor, antara lain:

  1. Filter Bahan Bakar Kotor atau Rusak

Mobil brebet dapat disebabkan oleh rusak atau kotornya filter bahan bakar yang berfungsi sebagai penyaring bahan bakar agar bebas dari kotoran atau debu atau partikel lainnya yang mengganggu proses pembakaran. Proses pembakaran bahan bakar yang tidak maksimal lah yang membuat mesin mobil akan brebet saat di gas.

Setelah mengetahui bahwa filter bahan bakar kotor, anda secepatnya membersihkannya. Untuk membersihkannya, anda perlu menguras seluruh isi bahan bakar dari tangki bahan bakar sebelum melakukan pembersihan filter bahan bakar. Anda sebaiknya membersihkan filter bahan bakar anda setiap dua kali dalam setahun agar tidak terjadi mesin mobil brebet lagi.

  1. Mesin overheat

Kondisi overheat sepertinya mengganggu seluruh kinerja dari mobil anda. Kondisi ini juga dapat menjadi pemicu mesin mobil brebet terjadi. Overheat atau suhu tinggi mobil ini dapat terjadi jika air radiator mobil menipis atau habis dimana air radiator memiliki fungsi sebagai agen pendingin mesin untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Jika terjadi hal demikian, dapat dipastikan bahwa mesin mobil anda akan brebet saat dijalankan.

Untuk mengatasi penyebab mobil brebet satu ini, anda hanya perlu mengisi ulang air radiator mobil anda. Pastikan air radiator yang anda gunakan sesuai dengan kebutuhan mesin mobil anda. Jika tidak, air radiator tidak dapat bekerja untuk mendinginkan mesin. Jika air radiator sesuai dengan mesin mobil ana maka suhu mesin mobil anda akan dapat didinginkan secara otomatis.

  1. Bahan Bakar yang Tidak Pas

Bahan bakar yang dijual pasaran tentunya memiliki variasi dan tidak semuanya sama. Setiap jenis kendaraan tentunya memiliki spesifikasi bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan tersebut. Hal yang sama juga terjadi dengan mobil yang memiliki spesifikasi tertentu untuk pemilihan bahan bakarnya. Bahan bakar yang baik untuk mobil anda ditentukan dari nilai oktan, jadi pastikan anda menanyakan kepada yang ahli seperti bengkel mobil terdekat atau tempat anda membeli mobil sehingga anda dapat menggunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan kondisi mobil anda agar tidak terjadi kondisi mobil brebet.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Selain jenisnya, jumlah bahan bakar yang terdapat di tangki bahan bakar juga harus dipastikan cukup. Hal yang paling sering terjadi adalah dimana mobil brebet terjadi karena habisnya bahan bakar mobil. Jadi, pastikan anda melakukan pengecekan dan pengisian bahan bakar sebelum bepergian keluar rumah menggunakan mobil. Hal ini untuk menghindari mobil yang brebet saat berlalu lalang di jalan.

Dibaca Juga: Penyebab dan Solusi Mobil Ngempos pada Mobil Anda

  1. Masalah pada injektor

Jika terdapat angin atau udara yang masuk ke sistem injeksi, maka udara tersebut akan tersalur ke bahan bakar. Hal ini akan menyebabkan pembakaran bahan bakar akan terganggu sehingga membuat mesin mobil brebet. Hal ini dapat terjadi karena kerusakan pada injektor atau bahkan hanya karena sekedar mobil kehabisan bahan bakar.

Untuk masalah ini, anda perlu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda masing-masing. Selain jenis, anda juga harus memastikan kebersihan dari bahan bakar yang akan anda gunakan. Dengan begitu, potensi mobil anda akan brebet semakin berkurang.

  1. Body Throttle Kotor

Mobil yang memiliki sistem ECU (Engine Control Unit) memiliki keakuratan elektris dalam prosesnya termasuk pada sistem katup gas atau yang disebut sebagai throttle. Jika sewaktu-waktu throttle atau katup gas ini rusak atau kotor, maka sistem otomatis akan berhenti bekerja. Keadaan ini membuat mesin menjadi brebet saat di gas.

Untuk masalah ini, anda membutuhkan bantuan montir karena dibutuhkan pengecekan terhadap body throttle mobil anda untuk memastikan kesehatannya, Setelah itu, katup penutup ini akan dibersihkan jika terdapat debu atau kotoran yang menempel. Hal ini juga mencegah mobil anda mengalami brebet.

6, Busi Rusak

Busi merupakan sebuah komponen mobil yang bekerja sebagai produsen percikan api dari listrik yang menjadi pemicu untuk terjadinya pembakaran bahan bakar mobil. Jika tidak busi rusak, maka proses pembakaran bahan bakar tidak akan dapat dimulai. Mesin mobil akan brebet saat terjadi kondisi demikian.

Anda perlu melakukan pengecekan jalannya busi secara berkala karena busi memang pada dasarnya hanya bekerja dalam jangka waktu tertentu dan memerlukan penggantian berkala. Gunakanlah busi yang sesuai dengan mobil anda. Untuk anda yang menggunakan mobil jenis injeksi, anda dapat menggunakan busi jenis resistor yang sudah sepatutnya dipergunakan untuk mobil dengan sistem injeksi.

  1. Koil Bermasalah

Koil berfungsi sebagai komponen yang membantu dalam proses pembakaran bahan bakar. Secara spesifik, koil berfungsi sebagai penyalur tegangan dari aki ke busi agar busi dapat menjalankan tugasnya yaitu untuk memproduksi percikan api. Jika koil bermasalah, maka busi tidak dapat menjalankan tugasnya dan mesin mobil anda tidak dapat menyala atau bekerja.

Untuk masalah ini, anda perlu mengganti koil mobil anda dengan koil baru dan tentunya yang sesuai dengan spesifikasi mobil anda. Jika koil yang digunakan bagus dan berkualitas, maka kinerja busi akan semakin maksimal. Kondisi ini akan membuat mobil anda tidak akan brebet saat dijalankan.

Dari sekian banyaknya jenis penyebab dan solusi yang dapat anda ambil untuk mengatasi mobil brebet, dan tentunya memerlukan kemampuan diagnosa kerusakan mobil anda. Dokter Mobil merupakan bengkel yang memiliki kemampuan diagnosa tinggi terhadap kesehatan mobil anda. Anda dapat melakukan pengecekan dan service berkala mobil anda di Dokter Mobil. Selain memberi promo besar, Dokter Mobil juga menyediakan layanan free general check up mobi sehingga anda dapat mengetahui kondisi mobil anda secara gratis.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai penyebab dan solusi mobil brebet. Mobil brebet merupakan kondisi mobil yang tentunya sangat mengganggu dan dapat menjadi indikasi bahwa mobil anda sedang mengalami gangguan atau masalah. Untuk itu, anda sebaiknya melakukan pengecekan dan perawatan berkala di Dokter Mobil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.