📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala? Ini Penyebab Utamanya!

Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala, Ini Penyebab Utamanya
Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala, Ini Penyebab Utamanya

Mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala? Itu bisa menjadi masalah besar. Mari kita bahas penyebab utamanya dan solusinya agar mobil Anda dapat kembali berjalan dengan normal.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala

1. Aki Lemah atau Habis:

Aki yang lemah atau habis daya bisa menjadi penyebab utama masalah ini. Pastikan untuk mengganti aki yang lemah dan lakukan perawatan rutin agar terhindar dari masalah ini.

2. Starter Rusak:

Starter yang rusak akan menghambat mesin mobil untuk distarter. Segera ganti starter yang rusak dengan yang baru untuk mengatasi masalah ini.

3. Kabel Busi Kotor atau Rusak:

Kotoran atau kerusakan pada kabel busi bisa mengganggu aliran listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin. Bersihkan kabel busi secara rutin dan ganti yang rusak untuk menghindari masalah ini.

4. Karburator Kotor atau Rusak:

Karburator yang kotor atau rusak dapat mengganggu campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin, sehingga menyulitkan proses starter. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti karburator yang bermasalah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

5. Fuel Pump Rusak:

Fuel pump yang rusak akan menghambat aliran bahan bakar ke mesin, menyebabkan mobil tidak dapat distarter dengan baik. Ganti fuel pump yang rusak agar mobil dapat kembali berjalan normal.

Solusi Mengatasi Masalah

Dengan melakukan perawatan rutin dan mengganti komponen yang rusak, Anda dapat mengatasi masalah mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Pastikan untuk memilih komponen yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

Jaga mobil Anda agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan perawatan yang teratur. Dengan demikian, Anda dapat menghindari masalah yang tidak diinginkan dan memastikan mobil Anda selalu siap untuk digunakan.

 

Detail Artikel

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala

Masalah mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab.

Agar Anda bisa memahami saat masalah seperti ini terjadi di mobil kesayangan Anda, berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter tapi lampu mobil menyala.

  1. Aki Lemah atau Habis

Aki lemah atau habis bisa menjadi salah satu penyebab utama mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala.

Aki berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin mobil. Jika aki lemah atau habis, maka mobil tidak akan dapat di-starter meskipun lampu masih menyala.

Hal ini terjadi karena aki tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang paling tepat adalah dengan mengganti aki mobil yang lemah atau habis dengan yang baru.

Selain itu, pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada aki mobil Anda, seperti membersihkan terminal aki dari kotoran dan karat.

  1. Starter Rusak

Starter adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menghidupkan mesin mobil. Jika starter rusak, maka mesin mobil tidak akan dapat distarter meskipun lampu masih menyala.

Hal ini terjadi karena starter tidak dapat menghasilkan putaran mesin yang diperlukan untuk menghidupkan mobil.

Biasanya, tanda-tanda starter mobil yang rusak adalah suara klik atau suara yang sangat lemah ketika tombol starter ditekan.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi terbaik adalah dengan mengganti starter mobil yang rusak dengan yang baru.

Selain itu, pastikan untuk memilih starter mobil yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

  1. Kabel Busi Kotor atau Rusak

Kabel busi adalah bagian penting dari sistem pengapian mobil yang berfungsi untuk mengirimkan listrik dari koil pengapian ke busi.

Jika kabel busi kotor atau rusak, maka aliran listrik tidak akan lancar dan dapat mengganggu kinerja mesin mobil.

Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter meskipun lampu masih menyala. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk membersihkan kabel busi secara rutin dari kotoran dan debu.

Jika kabel busi sudah rusak atau kendor, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Pilihlah kabel busi yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

  1. Karburator Kotor atau Rusak

Karburator adalah komponen yang berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara sebelum masuk ke dalam mesin mobil.

Jika karburator kotor atau rusak, maka campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin mobil akan tidak sesuai dan dapat mengganggu kinerja mesin.

Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter meskipun lampu masih menyala. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk membersihkan karburator secara rutin dari kotoran dan debu.

Jika karburator sudah rusak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Pilihlah karburator yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

  1. Fuel Pump Rusak

Fuel pump adalah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke mesin mobil. Jika fuel pump rusak, maka bahan bakar tidak akan dapat mencapai mesin dan mobil tidak akan dapat berjalandengan normal.

Hal ini juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter meskipun lampu masih menyala. Tanda-tanda fuel pump yang rusak adalah suara yang tidak wajar dari bagian belakang mobil ketika mesin dihidupkan atau mobil tiba-tiba mati saat sedang digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi terbaik adalah dengan mengganti fuel pump yang rusak dengan yang baru. Pastikan untuk memilih fuel pump yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

Baca Juga: Penyebab Pompa Bensin Bermasalah Serta Cara Perawatannya

Dalam menjaga mobil agar selalu prima, perawatan yang teratur sangatlah penting. Dengan melakukan perawatan rutin, mobil dapat berjalan dengan baik dan masalah yang timbul dapat diatasi dengan cepat.

Mobil tidak bisa distarter tapi lampu masih menyala bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu dan memakan waktu.

Beberapa penyebab utama dari masalah ini antara lain aki lemah atau habis, starter rusak, kabel busi kotor atau rusak, karburator kotor atau rusak, dan fuel pump rusak.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengganti komponen yang rusak atau membersihkan komponen yang kotor.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/