Artikel

Panduan Cara Tune Up Mobil yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

1. Bersihkanlah Karburator Atau Injektor

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan komponen karburator mobil atau injektor, sesuai dengan jenis mobil anda. Prinsipnya, kedua sistem ini memiliki kesamaan dalam fungsinya yaitu sama-sama menjadi pemasok bahan bakar yang menuju ke ruang bakar. Untuk meembersihkan komponen yang ada di dalamnya, anda bisa membuka semua sumur serta baut pada karburator. Setelah itu buang sisa-sisa bahan bakar yang terdapat di dalamnya. Bilas bagian di dalam peranti dengan solar atau bensin.

2. Bersihkan Saringan Udara

Selanjutnya hal yang mudah untuk dilakukan adalah dengan membersihkan saringan (filter) udara. Caranya pun sangat mudah, lepaskan peranti tersebut dari wadahnya kemudian gunakan kompresor atau alat lainnya yang memiliki tekanan angin yang tinggi. Gunakan kuas yang lembut dan bersihkan kotoran yang menempel pada filter udara. Setelah itu gunakan kompresor dan tekan pada hembusan angin yang tertinggi. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kotoran dan debu yang melekat dapat menghilang.

3.  Bersihkan Busi Dan Ganti Bila Sudah Aus

Cara tune up sendiri lainnya bisa dilakukan dengan membersihkan busi mobil. Busi menjadi bagian yang sangat vital di dalam proses pembakaran udara dan bahan bakar. Sehingga jika kondisi busi kotor atau sudah aus maka tentu saja percikan api di dalam ruang pembakaran tidak akan terjadi. Dan tentu saja hal ini akanmenyebabkan proses pembakaran tidak terjadi dan mobil menjadi mogok.

Bersihkan kepala dan sumbu busi dengan cara menyikatnya, namun jangan lupa pula agar tingkat kerenggangan dapat diatur kembali. Jangan terlalu longgar dan jangan terlalu rapat. Jika busi sudah mengalami keausan, maka akan lebih baik segera mengganti busi mobil. Umumnya penggantian busi mobil terjadi saat mencapai 20-25 ribu km. Selain itu ketahui tanda-tanda busi mobil harus ganti lainnya. Sebelum pemasangan busi kembali, semprot lubang busi dengan carbon cleaner untuk menghilangkan sisa-sisa pembakaran yang ada di dalam lubang tersebut.

Baca Juga : Fungsi dan Biaya Tune UP Mobil di Berbagai Bengkel Mobil

Nah itu tadi cara Tune Up mobil sendiri yang dapat anda lakukan dirumah. Meskipun anda dapat Tune Up sendiri, ada baiknya melakukan Tune Up di bengkel spesialis terdekat kota anda untuk mendapatkan pengecheckan menyeluruh mengenai mobil anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia