New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

4 Penyebab Mobil Avanza Kurang Tenaga & Solusinya

Pengguna mobil Avanza pasti kecewa saat tenaganya kurang maksimal sehingga kamu perlu mengetahui penyebab mobil Avanza kurang tenaga. Ternyata, ada banyak hal yang bisa mempengaruhi hal ini. Mulai dari aliran bensin yang tersumbat hingga piston mulai aus. Penanganan dari masing-masing alasan ini juga pastinya berbeda-beda. Nah, supaya kamu tidak salah, di bawah ini sudah tersedia ulasan lengkap tentang penyebab mobil Avanza kurang tenaga. Baca sampai selesai, ya!

4 Alasan dan penyebab mobil Avanza kurang tenaga

  1. Aliran bensin tersumbat

Saat tenaga mobil Avanza milik kamu tenaganya kurang maksimal, salah satu hal yang wajib kamu cek adalah aliran bensinnya. Kalau aliran bensin tersumbat, maka bahan bakar yang bisa masuk ke mesin juga terganggu. Misalnya jumlah bensin yang masuk ke mesin tidak maksimal. Pastinya, tenaganya juga akan berkurang, kan? Oleh sebab itu, pastikan kamu sering-sering mengecek aliran bensin mobilmu.

Sebenarnya, kenapa sih, aliran bensin tersumbat? Supaya kamu bisa menghindarinya, kamu wajib tahu. Alasannya bisa saja karena selang yang terjepit. Kalau selang terjepit, bisa dipastikan bahan bakar sulit mengalir dengan baik. Lalu, bisa juga karena saluran bahan bakar yang kotor, serta karena penggunaan bahan bakar yang oktannya tidak sesuai dengan standar pabrik. Hal-hal ini bisa memacu aliran bensin menjadi tersumbat.

  1. Piston, ring piston, dan ruang bahan bakar yang aus

Tahukah kamu? Ketiga komponen ini punya peran penting dalam keberlangsungan berjalannya mobil kamu dengan baik. Bayangkan kalau piston, ring piston, atau ruang bahan bakar menjadi aus. Pastinya mesin mobil tidak bisa bergerak dengan maksimal. Solusinya, saat membawa mobil ke bengkel untuk servis rutin, pastikan mekanik juga melakukan tune up carbon cleaner secara maksimal dan menyeluruh, ya!

  1. Pengaturan yang sudah berbeda dengan aslinya

Seiring berjalannya waktu, posisi, letak, dan pengaturan komponen-komponen yang ada di mesin mobil sering kali berubah dan menjadi salah. Mulai dari sistem ECU, listrik, hingga aki, bisa menjadi error dan berbeda dengan pengaturan pertama. Hal ini bisa terjadi karena kamu yang salah memasang aki, pengaturan ECU yang salah, komponen yang konslet, atau bisa juga karena salah mengganti spare part. Misalnya, saat ada sparepart yang mengalami kerusakan, kamu malah menggantinya dengan spare part yang tidak sesuai standar. Hasilnya, mesin mobil Avanza milik kamu tidak bisa bekerja dengan maksimal dan kurang bertenaga.

Untuk itu, supaya tidak salah lagi, kamu bisa membawa mobil kamu ke bengkel resmi dan menanyakan kepada para mekanik tentang bagian mana saja yang salah pada mesin mobil tersebut.

  1. Mesin mobil sudah berkerak

Sadar atau tidak, sisa-sisa oli bisa menjadi kerak yang menempel pada mesin mobil, lho. Namanya kerak karbon. Kalau mesin sampai berkerak, kamu wajib bawa ke bengkel supaya mekanik bisa bisa melakukan tune up carbon cleaning. Yakin, deh. Semua kerak-kerak yang menempel pada mesin akan segera hilang!

Baca Juga : Service di Dokter Mobil

Sebenarnya, hal ini bisa kamu hindari, lho. Caranya adalah mulai dari memilih oli yang sisa residunya 0% serta lakukan flushing setiap kali kamu mengganti oli. Nantinya, mesin mobilmu akan terhindar dari sisa-sisa oli yang bisa berkerak.

Itulah beberapa penyebab mobil Avanza kurang tenaga yang bisa kamu pahami. Lakukan hal-hal di atas, maka mobil Avanza kesayangan kamu akan bisa bekerja dengan normal lagi dengan tenaga yang lebih maksimal!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya