New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Hal Kecil Wajib Dihindari Karena Menjadi Penyebab Oli Mobil Bocor

Awas! Hindari 5 Faktor Penyebab Oli Mobil Bocor Berikut Ini!

Pecahnya mesin memang jadi salah satu penyebab oli mobil bocor. Namun masih ada beberapa hal lagi yang kerap jadi sumber masalah. Apa saja, dan bagaimana cara mengatasinya?

Kebocoran oli ini terlihat sepele, namun biasanya harus berakhir dengan turun mesin. Oleh sebab itu, sangat penting tahu apa saja penyebab masalah ini. Selain membantu anda menemukan solusi terbaik, juga menjadi info hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar masalah ini tidak sampai muncul kembali.

Ternyata Ini Penyebab Oli Mobil Bocor

5 Faktor Penyebab Oli Mobil Bocor

Cukup banyak faktor penyebab kebocoran oli mesin mobil. Beberapa di antaranya bisa diselesaikan dengan penggantian part-part kecil. Namun beberapa lagi memerlukan perbaikan dengan tingkat lebih rumit seperti turun mesin.

Adapun hal yang kerap menjadi penyebab oli mobil bocor di antaranya adalah:

  1. Kerusakan Komponen Sambungan

    Mesin mobil memiliki beberapa komponen yang kemudian menyambungkan antara mesin dengan komponen lainnya. Namun sambungan tersebut bisa rusak ataupun pecah. Bisa rusak karena masalah waktu, ataupun pecah karena kesalahan penggunaan.
    Kebocoran Biasa Terjadi Karena Sambungan yang Membawa Oli Ada Celah dan Kerusakan Lainnya

    Solusi
    Komponen yang kerap bermasalah di antaranya adalah seal penyambung dengan selang-selang. Untuk itu, penggantian seal perlu dilakukan.

  2. Retaknya Dinding Mesin

    Kebocoran lainnya terjadi karena dinding mesin sudah keropos dan retak. Jadi oli bisa rembes melewati retakan-retakan tersebut.
    Keretakan di Mesin Akan Menyebabkan Banyak Masalah dan Jika Dibiarkan Mesin Bisa Jebol

    Solusi
    Kalau sudahh retak, rasanya tidak ada jalan lain selain ganti mesin mobil. Namun jika biaya dianggap terlalu besar, anda bisa mencoba melakukan perbaikan. Misalnya dengan cara bubut mesin.

  3. Beban di Mesin Karena Oli Jelek Jadi Penyebab Oli Mobil Bocor

    Kebocoran oli mobil juga bisa terjadi karena masalah di oli mobil itu sendiri. Misalnya karena memasukkan oli terlalu banyak. Hal ini menyebabkan oli meluap ke atas. Dan karena tekanan terlalu besar, maka tutup oli menjadi longgar sehingga oli bisa rembes.
    Oli Mobil yang Kurang Bagus Justru Menyebabkan Beban Bagi Mesin
    Solusi
    Untuk itu, sangat penting untuk menjaga oli tetap dalam kondisi ideal. Baik dari sisi kualitas maupun volumenya. Pengecheckan kondisi oli wajib dilakukan secara berkala.

Sebenarnya masih banyak sekali hal yang kerap menjadi sumber masalah kebocoran oli. Mulai dari karena masalah serius, hingga masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan tindakan sederhana. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk datang ke bengkel mobil agar bisa dilakukan pengecheckan lebih menyeluruh. Dengan demikian, tidak ada sumber masalah yang terlewat.

Lihat Juga: Cara Merawat Radiator Mobil

Itulah beberapa hal yang kerap penyebab oli mobil bocor dan sering dijumpai. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Senang rasanya jika mesin mobil yang bocor bisa segera diperbaiki.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya