New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Kupas Tuntas 7 Permasalahan Mobil yang Sering Dialami

Sudah seyogyanya pemilik harus turut memberikan perawatan untuk mobil miliknya. Namun terkadang permasalahan mobil yang sering dialami membuat resah dan bingung. Apakah anda mengalami salah satu permasalahan dibawah ini?

1. Knalpot Keluar Oli

Permasalahan pertama yakni ketika pertama kali di star disertai indikasi keluar oli dari knalpot kepulan asap. Apakah anda mengalaminya? Jika hal ini terjadi maka penyebabnya pun beragam, bisa jadi adanya banjir oli dalam ruang pembakaran atau dibelakang part turbo. Ketika seal turbo mengalami kerusakan, maka oli dipastikan tembus ke belakang hingga tertiup. Imbasnya, kinerja knalpot mengepulkan asap.

Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu cairan hitam dari knalpot apakah memang oli atau air biasa. Jika hanya air biasa, hal ini merupakan wajar sebab ruang pembakaran mengalami kondensasi. Sebaliknya, jika memang benar oli maka solusinya harus melakukan pembongkaran ruang pembakaran. Sebab terdapat indikasi kebocoran hingga oli menetes ke knalpot.

Baca Juga : Masalah Umum Mobil Pajero Sport dan Solusi Mengatasinya

Segeralah untuk membawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

2. Kondisi Aki Dibawah 50%

Selanjutnya yakni apakah kondisi aki yang berada dibawah 50% turut mempengaruhi kinerja performa mesin? Jawabannya tentu sangat mempengaruhi, sebab sensor dan selenoid mobil butuh kelistrikan yang cukup dan stabil agar mesin tetap bekerja. Imbasnya, ketika aki sudah drop dibawha 50% maka tarikanmenjadi loyo atau lemot meskipun mesin tetap menyala.

Aki dengan kondisi tersebut dipastikan umur tidak mencapai lebih dari 3 hingga 6 bulan.

Solusinya jangan memaksa aki tetap bekerja, segera ganti atau isi ulang aki mobil anda untuk menjaga kenyamanan berkendara.

3. AC Tidak Dingin Ketika Macet

Tidak jarang beberapa pengguna pasti mengalami kondisi yang satu ini. Ketika sedang terjebak macet imbasnya AC menjadi tidak dingin, namun berbeda hal ketika mobil sedang melaju AC kembali dingin. Hal ini disebabkan freon yang bocor dan mesin yang sudah maksimum panas sehingga ketika kondesor terkena angin barulah dingin kembali.

Solusinya segera cek ke bengkel spesialis AC terdekat sebab untuk permasalahan ini tidak bisa dikira-kira.

4. Mengganti Knock ke Digital Panel AC

Untuk mobil Innova seri G kebawah dapat membeli keseluruhan set serta control modul. Sebaiknya bawalah mobil anda ke bengkel spesialis AC yang mengerti terkait kondisi ini. Jika tidak, maka imbasnya mobil dapat mengalami permasalahan merembet pada part lainnya.

5. Mobil Jarang Dipakai Namun Asap Ngebul 

Permasalahan lainnya yang kerap dialami yakni mobil Pajero jarang dipakai namun sudah mendapat service rutin tapi timbul asap? Apakah hal tersebut adalah wajar?

Tak dapat dipungkiri bahwa mobil diesel memang identik dengan ngebul pada knalpot. Perhatikan indikasi warna ngebul pada asap berikut ini.Jika ngebul hitam maka terdapat penyebab solar bahan bakar tidak terbakar secara sempurna karena ruang pembakaran yang sudah kotor hingga injektor bocor.

Jika sudah mendapat perawatan servis maka seharusnya ngebul tidaklah terjadi. Solusinya bawalah ke bengkel spesialis agar mendapatkan penanganan secara tuntas.

6. Understeering

Selanjutnya yakni timbul bunyi ban ketika sedang sedang berkendara. Hal ini dinamakan understeering. Karakter understeer sudah melekat pada tiap jenis mobil. Untuk permasalahan ini anda tidak perlu melakukan pengecekan.

Solusinya ialah ketika sedang turunan maka jangan kencang-kencang, rem sebelum mobil berbelok.

7. Ngebul Hitam dan Boros BBM

Ketahui hal ini, ngebul hitam pada knalpot disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak berjalan sempurna. Alhasil BBM menjadi boros.

Solusinya ialah lakukan pengecekan pada ruang bahan bakar meliputi karburator, busi, pengapian, piston, dll.

Simak video full version disinii !!

Itulah permasalahan mobil yang sering dialami. Anda salah satunya? Jangan tunda lagi untuk membawa ke bengkel terdekat.

Berikut sekelumit tips untuk mobil anda, simak dibawah ini;

Tips Mobil Awet di Daerah Rawan Banjir

Sebagus apapun penanganan servis yang diberikan tidak akan berarti bila mobil tetap terkena rendaman air banjir. Solusinya ketika air dipastikan tergenang maka bawalah mobil ke permukaan yang lebih tinggi.

Khususnya mobil Jazz manual memang memiliki body yang lebih rendah. Jika terkena banjir maka air dapat mengenai saluran ECU dan sensor-sensor lainnya hingga berimbas gejala konsletting. Hal ini tentu sangat rawan dan bahaya jika mobil terkena banjir.

Ketika kondisi anda memang terpaksa melewati genangan banjir, maka gas dengan pelan. Usahakan air jangan melewati setengah dari velg ban sebab dapat memicu water knocking ke ruang pembakaran.

Perawatan untuk mobil yakni tune up, ganti oli, dll.

Pakai Ravenol 10w40

Honda Brio apakah boleh memakai oli bermerk Ravenol 10w40? Sebaiknya perhatikan jenis kekentalan oli. Semakin kental maka suara mesin semakin halus. Namun sebaliknya jika semakin encer maka suara mesin semakin kasar.

Untuk pemakaian Ravenol 10w40 pada Honda Brio dibolehkan dan tidak akan bermasalah pada mobil anda.

Agar Turbo Bunyi Ngecuit Lebih ‘Galak’

Ini dinamakan turbo spool. Agar bisa menghasilkan bunyi yang diinginkan, maka dapat mengganti filter menjadi open filter khusus untuk mobil Fortuner. Carilah bengkel yang menjual part intech socket intech. part tersebut dipasangkan di MAF sensor. Dijamin pasti bunyi ‘galak’ tersebut akan terdengar.

Harga pun bervariasi, kisaran Rp 800 ribu hingga Rp 2 juta. Pastikan bengkel yang akan anda tuju mengerti hal tersebut. Jika tidak, maka sebaiknya jangan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda